Arsitektur

Arsitektur Lanskap IPB / Institut Pertanian Bogor (Yasmin)

Arsitektur Lanskap IPB / Institut Pertanian Bogor (Yasmin)

Halo teman-teman intipers! Perkenalkan aku Yasmin Mumtaz, mahasiswi angkatan 2017 jurusan Arsitektur Lanskap IPB atau Institut Pertanian Bogor. Aku ingin memperkenalkan dan sharing pengalamanku selama berkuliah di jurusan Arsitektur Lanskap IPB ini. Simak terus, ya!

Secara umum, jurusan Arsitektur Lanskap IPB itu seperti apa?

Aku yakin teman-teman pasti sudah akrab dengan jurusan Arsitektur namun jarang atau baru mendengar nama Arsitektur Lanskap. Acap kali jurusan ini diterjemahkan sebagai jurusan “tukang taman”. Akan tetapi apa yang kami hasilkan mempunyai cakupan lebih luas dari itu.  Kami memastikan segala produk desain kami indah, fungsional bagi penggunanya, dan mendukung keberlanjutan secara ekologis. Mudahnya, aku selalu menjelaskan bahwa arsitektur berbasis struktur bangunan sedangkan arsitektur lanskap berbasis alam. Setiap kaki kalian berpijak di luar bangunan, di situ lah area belajar kami.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kenapa memilih jurusan Arsitektur Lanskap IPB?

Dari kecil aku memang sudah tertarik dengan segala hal berbau keruangan. Awalnya aku berniat masuk jurusan arsitektur. Tapi, faktanya aku tidak suka hal-hal berbau fisika dan nilai mata pelajaran biologi saat SMA cukup tinggi. Setelah mengeksplorasi lebih jauh aku menemukan jurusan ini, lalu aku pilih dan diterima. Sembari belajar, aku menemukan bahwa ilmu ini unik dan masih akan terus bertransformasi. Jadinya aku semakin betah.

Apa saja yang dipelajari dan kekhasan jurusan Arsitektur Lanskap IPB?

Apabila dapat dirumuskan dengan satu kata, jurusan ini tentunya berkaitan dengan desain. Pertanyaan yang sering aku dan teman-temanku dapatkan yakni “Apakah untuk masuk jurusan Arsitektur Lanskap kita harus bisa ataupun jago menggambar?”. Jawabannya: tidak. Jujur, aku sendiri baru mulai rutin menggambar semenjak masuk jurusan ini. Kalian tidak perlu khawatir, akan ada mata kuliah Menggambar Sketsa di semester 2 yang mengajarkan kita menggambar mulai dari tahap se-simpel bagaimana memegang pensil yang benar untuk menggambar. Kenapa di semester 2? Itu karena pada tahun pertama di IPB kita akan melewati fase PPKU atau bisa disebut menjalani SMA tahun ke-4.

Arsitektur Lanskap merupakan ilmu interdisiplin, kita mempelajari kombinasi dari ilmu ekologi, arsitektur, teknik lingkungan, teknik sipil, geografi, dan planologi. Saat tahun kedua, perkuliahan di mulai dengan ilmu-ilmu dasar seperti teori desain lanskap, survei tapak, sejarah arsitektur lanskap, dan ekologi lanskap. Lalu pada tahun ketiga kita akan mulai mengenal lebih jauh bidang lanskap baik dari skala (mikro, meso, makro) hingga fokus area studi (lanskap pedesaan, lanskap pesisir, lanskap budaya, dan lain-lain).

schooters

Nah, pada semester 5 dan 6 ini lah kita mulai bisa memilih minat kita. Bukan hanya sekadar minat pada divisi studi namun pada dua bidang yang telah kupaparkan. Aku pribadi memiliki minat pada lanskap kebudayaan karena sejak kecil aku senang berkunjung ke museum. Nah, saat semester 5, ada satu mata kuliah bernama Pelestarian Lanskap Budaya dan melalui mata kuliah tersebut aku semakin menyadari bahwa Indonesia memiliki banyak potensi cagar budaya berbentuk kawasan namun tindakan pelestariannya belum maksimal. Padahal, budaya adalah sesuatu yang membuat kita sebagai bangsa memiliki identitas. Selain itu, ada juga minat lainnya yang ku amati dari teman-temanku, sebagai contoh yakni konservasi taman nasional untuk konservasi satwa, pengembangan nursery, konsep green building pada urban area, perencanaan lanskap untuk mendukung pariwisata berkelanjutan, bahkan hingga segala rupa teknologi yang berkaitan dengan arsitektur lanskap.

Pengalaman praktikum di jurusan Arsitektur Lanskap IPB

Walaupun basis S1 adalah teori, hampir semua mata kuliah di Arsitektur Lanskap memiliki praktikum. Dari semester 2 hingga 6 hari-hari sebagai anak Arsitektur Lanskap akan diisi dengan kerja kelompok. Selain praktikum menggambar di studio, kita juga sering jalan-jalan (terutama pada semester 5!). Ada mata kuliah bernama Tanaman Dalam Lanskap dimana kita akan praktikum tiap minggu ke kawasan yang berbeda untuk mendata jenis tanaman disana. Walau melelahkan tapi sangat seru! Pada semester 7 pun biasanya akan ada kuliah lapang ke luar negeri! Terakhir pada 2019 destinasi tujuan adalah Thailand.

Sebagai tambahan, karena jurusan ini ada dibawah Fakultas Pertanian, pada tingkat ke-2 kalian juga akan mendapatkan beberapa mata kuliah jurusan lain yang ada di bawah naungan Fakultas Pertanian. Selain itu, ada beberapa mata kuliah penunjang lainnya. Selengkapnya dapat di cek di sini.

Ada kah konsentrasi atau kelompok keahlian pada jurusan ini?

Arsitektur Lanskap IPB memiliki tiga divisi yakni 1) Perencanaan dan Desain Lanskap, 2) Manajemen Lanskap, 3) Tanaman dan Tata Hijau. Nah, Divisi Perencanaan dan Desain Lanskap sendiri menaungi dua studio yakni Studio Perencanaan dan Studio Desain. Sejauh ini, ketiga divisi tersebut akan dipilih pada semester 6 untuk menentukan minat dan topik skripsi. Namun, pada semester 2-5 mahasiswa mempelajari semua ilmu tersebut tanpa ada konsentrasi tertentu.

Apa saja jalur masuk jurusan ini?

Aku membaginya ke dalam 4 jalur utama: SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri IPB, dan jalur-jalur lainnya (Beasiswa, Ketua OSIS, dll). Untuk info lengkapnya dapat di cek di https://admisi.ipb.ac.id/. Kuota penerimaan terakhir pada 2019 secara total ada 90 orang. Sejauh ini jurusan Arsitektur Lanskap tidak membutuhkan portofolio, ya!

Praktikum mata kuliah Rekayasa Tapak: pengerjaan peta kontur di milimeter blok ukuran A0

Tips untuk para maba!

Kenalan dengan kating, puas-puasin ikut organisasi sejak semester 1 awal karena ketika sudah mulai tahun ke-2 kalian masuk di dunia arsitek yang terkenal hectic. Buat portofolio desain sejak dini untuk self-branding, sering-sering latihan gambar, dan cari tim untuk ikut sayembara desain. Itu akan melatih skill kalian banget!

Every minutes matter. Jika kalian tetap mau mengembangkan minat di luar bidang arsitektur (musik, olahraga, literasi, dsbnya), kalian harus terus melatih manajemen waktu dan stres. Tugas-tugas di jurusan terkait arsitektur akan memakan waktu yang lama walaupun sudah di cicil dari jauh hari dan itu melelahkan. Selain itu, jangan lupa sering olah raga, ya! Soalnya kalau sudah dekat deadline bisa mantengin laptop lebih dari 10 jam.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja

Luas sekali. Walau mostly banyak yang jadi desainer lanskap, kalian bisa mencoba di: 1) perusahaan konsultan dan kontraktor, 2) wirausaha bidang arsitektur lanskap, 3) pengembangan area wisata, pemukiman, apartemen, hotel, olahraga, dan lapangan golf, 4) BAPPEDA, 5) Dinas PU/LH/Pertamanan, pun 6) ahli praktisi dan dosen. Kalian juga bisa memilih antara bekerja di perusahaan, membuat perusahaan sendiri, maupun freelance!

Rencana dan harapan setelah lulus

Yang jelas aku akan kerja dulu either pakem banget dengan jurusan ataupun belok sedikit, baru setelahnya lanjut S2. Aku pribadi punya aiming buat memperkenalkan disiplin ilmu ini ke banyak orang dan juga fokus di bidang pelestarian lanskap budaya. Inginnya sih menjadi ahli atau praktisi supaya bisa terus mengembangkan bidang arsitektur lanskap di Indonesia.

Kode konten: X255

Komen dibawah! 24

  1. Miskina

    Kak mata pelajaran apa aja yang harus tinggi di SMA kalo mau ambil jurusan arsitektur lanskap ?

  2. Adin

    Bisa dari SMK Multimedia utk masuk arsitektur Lanskap?

  3. Pasha

    Kak untung gelar yang didapatkan setelah lulus apa kak?

  4. Nur Intan

    Ka kalo dari SMK jurusan gambar bangunan bisa masuk ga?

    • iynmt

      bisa lewat sbm yaa, kalo snm coba cek website admisi.ipb.ac.id
      tapi yg jelas materinya bakal beda ya karena fokusnya ke lingkungan, bukan teknik 😉

  5. Fadil

    Kak kalau buta warna parsial bisa masuk jurusanini ?

    • iynmt

      di persyaratan sih ngga ada ketentuan terkait buta warna tapi mungkin kamu bisa cari-cari referensi poster hasil desain arsitektur lanskap di google untuk tau apa dengan kondisi tersebut memungkinkan atau ngga. semoga membantu ya jawabannya!

  6. Kiyoko

    Ka yang mendaftar tahun ini sampai berapa ka?

  7. milana

    mau tanya kalau mau S2 Arl. dari S1 S.P. agroteknologi bisa ngga ya?

  8. Aljadus

    Maaf kak, untuk nilai minimal berapa ya agar bisa masuk jurusan ini?

  9. Sayyid safiq

    Halo kak saya anak SMK jurusan Landscape Pertamanan, Saya masih kelas X dan saya mempunyai waktu 3 tahun untuk belajar bahasa inggris dan ilmu ilmu yang berkaitan dengan pelajaran ARL ,nah Saya ingin masuk Jalur SNM، apakah bisa;?? Sedangkan saya bingung kalau SMK itu mata pelajaran nya apa aja yang akan di akumulasikan dan menjadii nilai rata rata
    ,kan kalau jurusan ipa mapel nya kaya math,fisika,dll
    Nah ips blablabla
    Sedangkan kalau smk itu gimana ya mata pelajaran apa aja yang di rata ratakan untuk di jalur SNM ya!! ??

    • iynmt

      kalo untuk persyaratan apakah smk bisa atau ngga coba di cek di admisi.ipb.ac.id yaa.. smk berbasis ipa setauku bisa namun untuk landscape di kampus belum pernah ada. jadi coba cek syarat formal di website yang aku cantumin tadi. tapi kalo sbm bisa kok 😉

  10. Reyhan bayu saputra

    Kak untuk jalur Sbmptn ada portofolionya ga kak?
    Dan untuk jalur Sbmptn dibukanya bulan apa untuk tahun ini?

  11. jaehyungpwark

    seberapa similar jurusan arsitek lanskap ini dengan jurusan arsitek pada umumnya kak? saya buta bgt sih sm arsitek gini, tapi saya inget anak arsi suka ngmg tugas maket, itu nanti di arsitek lanskap juga ada kah?

    • iynmt

      pertanyaan menarik
      arsitektur secara umum kan fokusnya pada bangunan ya, aku pribadi sih senangnya nyebut kalau arsitektur murni fokus sama struktur (bangunan rumah, high rise, kantor, dsbnya)
      nah, di arsitektur lanskap tuh “laboratorium”nya ada ketika kamu buka pintu rumah, bisa taman rumah, bisa taman di pedestrian jalan raya, bisa ruang terbuka hijau di bantaran sungai, hutan kota, taman atap. pokoknya luaaaaaaas banget..
      bisa dibilang saat belajar lanskap, kamu bakal ngerti sedikit tentang arsitektur, tata kota, ekologi, teknik lingkungan, sipil juga. jadi ilmu gado2 lah istilahnya.

      anyway makasih ya pertanyaannya! menarik bgt!

  12. yub

    ka saya kan tertarik ya dan saya tidak terlalu mahir dalam berhitung apakah di jurusan ini harus jago berhitung?. terimaksih

  13. Erlita

    Kak pengeluaran kuliah di
    jurusan arsitektur Lanskap itu besar gak sih kak? Saya pernah baca kalau kuliah arsitektur itu terkenal mahal

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *