Bahasa Mandarin, Universitas Padjadjaran

Bahasa dan Budaya Tiongkok UNPAD (Suneo)

Bahasa dan Budaya Tiongkok UNPAD (Suneo)

Halo sobat intipers! Aku Rayhan Dhiffan Lusaid Suneo dari D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok UNPAD / Universitas Padjadjara angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok UNPAD seperti apa?

Belajar huruf, menerjamahkan, bahasa, dan pariwisata Tiongkok. Jadi bisa dianggap sambil kuliah di jurusan pariwisata juga. Prodi ini enak banget karena menerima mahasiswa dari Tiongkok langsung jadi kita sebagai mahasiswa baru bisa belajar bareng sama mereka. Dosen di jurusan ini juga lulusan S2 di China tepatnya di Wuhan.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok UNPAD?

Dari SMA aku sudah belajar bahasa Tiongkok, tapi gak kaya sekarang aku cuma belajar latinnya aja kaya UTS sama UAS nya juga. Aku awalnya ga minat dengan prodi yang sekarang, pengennya di FISIP atau di FIKOM karena pasionnya di FIKOM. Aku ikut SBMPTN ga ambil Tiongkok, untuk sastra aku ngambil bahasa indonesia, tapi aku gagal di SBMPTN. Jadi prodi ini merupakan prodi pilihan terakhir ku. AKhirnya Alhamdulillah masuk di jurusan D4 bahasa dan budaya tiongkok, sampai sekarang aku merasa nyaman.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Awal-awal belajar menulis hurufnya pake gurat-gurat, urutannya, menulis, mendengarkan sama latihan percakapan. Lama-lama levelnya semakin susah. Kita juga belajar HSK, KBTT, kompetensi bisnis dan kompetensi pariwisata. HSK seperti TOEFL seperti belajar aturan dan tata caranya, di soalnya memakai full Tiongkok tidak ada latinnya. Sedangkan KBTT ngajarin kosa katanya, kompetensi bisnis sama kaya KBTT belajar kosa kata tapi tentang bisnis, cara jual beli, perusahaan seperti apa dan strateginya seperti apa. Terus Kompetensi pariwisata belajar seperti KBTT belajar kosakata tentang pariwisata.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada tiga yaitu diplomasi budaya, kewirausahaan, dan kepariwisataan. Aku sendiri milih pariwisata. Jadi, kita belajar praktek pariwisata, tentang perhotelan di salah satu Hotel di Bandung, dikasih tau hotel itu apa dan manajemen hotel bagaimana. Aku juga belajar tentang dekorasi ruangan, pernikahan, ulang tahun dan lamaran. Selain itu, prodi aku juga sering berkunjung ke Cibadak di bandung, China Town, yayasan dana sosial priangan dan aku juga suka berkunjung ke Universitas Kristen Maranatha, disana ada prodi Tiongkok jadi udah buka relasi kerjasama. Konsentrasi ini bisa diambil di semester 5, saat ini aku udah di semester 6.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Berhubung ini D4 bisa lewat SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjajaran) tapi tetap harus ikut SBMPTN, karena yang didata hasil nilai SBMPTN. Aku dulu alhamdulillah udah masukin nilai, ditunggu dan akhirnya aku keterima di prodi ini. Kalo 2019 harus ada tes wawancara dan tes tulis. Tapi kalo sekarang udah kaya dulu kaya tahun aku masuk. Tapi ga tau untuk tahun depan.

Ada tips buat mahasiswa baru D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok UNPAD?

Buat kalian yang udah masuk, nikmati dulu prodinya kaya gimana. Kalo masalah kurang nyaman, diikuti dulu semester 1 dan 2. Nanti semster 3 kalo masih merasa kurang nyaman juga kalian bisa pindah prodi atau pindah kampus. Jadi dinikmatin aja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sering banget ditanya temen kuliah dimana, terus pada bilang mau jadi orang China. Mungkin kalo dari lulusan iilmu budaya banyak mitos jadi budayawan, sejarahwan bahkan jadi guru. salah besar, karena kerjaan lain juga banyak, bisa jadi selebgram, publik figur, dan semua bisa asal ada kemauan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalo lulus, aku pengen kerja di China di KBRI tepatnya Shanghai atau dimanapun. Sebelum itu aku bisa kerja di Kementrian Luar Negeri. Selain itu aku juga bisa kerja jadi tour guide atau di pembagunan yang ada orang tiongkoknya. Lebih simplenya aku juga bisa bikin YouTube untuk ngajar bahasa tiongkok.

Kode konten: C296

Komen dibawah! 2

  1. Yuliana

    Thanks infonya Gege, Puji Tuhan aku lolos D4 Bahasa & Budaya Tiongkok. Tp sbnrnya passion aku lebih ke English sih, soalnya dr kecil udh diajarin. Tdnya sbm ambil HI Sasing tp ga lolos, untung lolos di UNPAD. Mohon bimbingannya Gege soalnya aku baru bljr bhs Tiongkok meski udh sering nntn dramanya $_$

    • Rayhan Suneo

      Senangnya kamu keterima di prodi D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok Unpad. 欢迎光临
      Yok aku bimbing, urgent aku ke 082211883753

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *