Bahasa Korea, Universitas Gadjah Mada

Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM (Jodie)

Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM (Jodie)

Halo sobat intipers! Aku Jodie Anisya Kusumasari dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM itu seperti apa?

Di UGM nanti kita gak hanya belajar bahasa Korea nya aja tapi juga kebudayaannya. Jadi masuk ke Fakultas Ilmu Budaya. Kita ada 2 konsentrasi, linguistik dan kesastraan terus nanti akan ada konsentrasi kebudayaan. Jadi banyak pilihan untuk temen-temen, mau fokus mempelajari Korea dari sisi mana. Kita ini bidangnya humaniora, jadi nanti kalau lulus gelarnya sarjana humaniora.

Mungkin ada pandangan ya kalau mahasiswa jurusan ini semuanya Kpopers atau fanboy, fangirls semua, memang mayoritas iya, tapi ada juga yang masuk karena lihat peluang kerja dan ada juga yang karena pilihan kedua gitu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM?

Alasannya karena ayahku mendukung aku kuliah di bidang yang aku suka, jadi bukan mikirin peluang pekerjaan, nanti gelarnya apa, dsb. Ayahku mendukung untuk kuliah di bidang yang buat aku tertarik, karena selama punya passion dan suka dengan hal yang dipelajari, seberat apapun tugas dan tanggung jawabnya nanti pasti bisa dilewati. Jadi pertama karena suka, dan aku pilih UGM karena dukungan orang tua juga dan di UGM sendiri itu masuk ke FIB UGM yang peminatnya gak terlalu sebanyak peminat fakultas lain di UGM, terus karena faktor hoki juga sih.

Dulu waktu SMA aku mulai serius cari-cari tahu soal jurusan itu kelas 11 akhir. Kebetulan aku dapat guru BK yang sangat kritis untuk mendukung kita mulai berpikiran sebagai calon mahasiswa. Awalnya aku mau masuk Komunikasi atau Psikologi tapi kayanya kalau di UGM sendiri itu kayanya berat dengan prestasiku yang biasa-biasa aja. Jadi akhirnya cobalah FIB yang gak terlalu ketat persaingannya.

schooters

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM?

Mata kuliah itu kita belajar dari awal. Bisa dibilang kaya anak-anak lagi belajar membaca, menulis, bicara, tata bahasa. Setelah itu di semester selanjutnya mulai masuk belajar linguistik. Mata kuliah yang berkesan buat saya itu Fonologi di semester 3, itu tuh bener-bener eye-opening. Mata kuliah ini jadi gerbang ke ilmu selanjutnya, ada morfologi, sintaksis, dll.

Kita juga belajarnya luas banget, kita belajar tentang feminisme Korea, patriarki dan maskulinitas Korea dan masih banyak lagi. Praktiknya itu lebih kepada praktik lisan dan tulisan untuk essay. Lingkungan belajarnya efektif-efektif aja karena satu angkatan itu 34-45 orang mahasiswa.

Kalau untuk exposure internasional itu gak wajib, tapi bakal banyak banget kesempatan buntu exchange, program summer school atau Inter school. Nanti ada exchange program dari prodi, fakultas dan universitas. Jadi banyak kesempatan buat temen-temen yang mau belajar di Korea.

Buku catatan kuliahku

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kita mulai dikonnsentrasikan ketika mulai mau menyusun skripsi, mau linguistik atau sastra. Jadi dari awal itu belajarnya bareng-bareng ngeraasain linguistik, sastra atau kebudayaan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Aku sendiri masuk melalui jalur UTUL UGM jalur 1. Jalur masuk UGM ini ada jalur umum kaya SNMPTN, SBMPTN. Ketiga ada jalur mandiri, namanya UTUL UGM, PBU untuk mahasiswa berprestasi akademik, prestasi nun akademik dan kedaerahan. Bedanya UTUL jalur 1 dan 2, kalau jalur 2 itu fokusnya untuk prodi-prodi vokasi.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau untuk survive aku ngandelin lingkungan pertemanan sih, karena temen yang tepat bisa bantu banget untuk saling support karena gimana pun kita gak sendirian ya. Di Bahasa Korea itu banyak mahasiswa jurusan ini  yang pinter, jadi harus saling menyemangati antara orang-orang yang biasa aja itu.

Kedua, banyak banget temen-temen yang masuk jurusan ini karena suka Kpop atau Kdrama, tapi karena setelah masuk bahasanya Korea itu semester 1 masih asik, semester 2 masih oke. Semester 3 itu udah mulai enek gitu, ini aku belajar apa sih gitu kan orang Korea aja gak belajar ini. Jadi, kalau alasannya itu bisa jadi penyemangat tapi bisa juga jadi boomerang. Maka dari itu harus dikelola dengan bijaksana niatnya.

Kalau tips untuk para camaba, pertama mantepin dulu pilihan jurusannya. Kalau udah mantap di jurusan A ya udah pede aja untuk berjuang. Meskipun aku juga masih buat plan ABC, tapi plan B ini gak akan aku pak kalau plan A belum selesai. Gak cuma belajar, doa dan restu orang tua juga memengaruhi.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebenernya kampus itu gak mendidik kita untuk menjadi A atau B setelah lulus, tapi memfasilitasi dan mengeksplorasi potensi kita dan mengejar profesi sesuai potensi. Misalnya kalau kamu sebenernya pengen masuk Psikologi tapi keterimanya di Bahasa Korea, temen-temen bisa manfaatkan UKM atau organisasi. Di organisasi tersebut temen-temen bisa masuk ke bagian HR, jadi nanti ketika ada lowongan pekerjaan bagian HR di perusahaan Korea.

Kalau lihat dari kakak tingkat, banyak yang terjun di pendidikan dengan meneruskan S2, jadi tutor di lembaga pelatihan bahasa, jadi dosen dan jadi wiraswasta. Banyak juga yang jadi translator dan interpreter di berbagai perusahaan internasional.

Harapan dan rencana ke depannya?

Rencana jangka pendek itu kemarin udah dapat dosen pembimbing dan lanjutan penulisan skripsi. Aku juga ada rencana untuk internship di start up. Kalau jangka panjang setelah lulus pengen langsung kerja, setelah itu aku mau lanjut S2 di Korea karena banyak banget beasiswa untuk lanjut studi di Korea.

Kode konten: C205

Komen dibawah! 7

  1. yuri

    assalamualaikum kak,
    perkenalkan saya yuri siswa aliyah tingkat akhir.
    ingin bertanya,
    terkait jurusan ini, kakany masuk lwt jalur apa ya?
    dan untuk rata2 dikisaran brp ka?

    bisa sharing lebih jelas nda ka? mngkin bisa chat lewat dm

    oia ka, sebelumnya saya memang berencana masukin ke jurusan bakor ini.hanya masih bimbang.
    karena kalau nda salah sekolah vkasi ugm juga ada jurusan yang sejenis bakor.
    perbedaan dengan jurusan yg di vokasi sndr apa ya ka

    terima kasih

    • Jodie A.K

      silahkan dm sosial media instagram kalo selo pasti saya balas mengenai pertanyaan2 seputar jurusan bahasa korea

  2. 따랑해

    Halo kak, mau tanya kalau lulusan smk teknik apakah bisa daftar jurusan bakor UGM? Terimakasih sebelumnyaa..

  3. Jodie A.K

    bisa kok.. asal bisa lolos sbm/utbk atau utul

  4. Salsabillah Ainun Mawaddah

    Halo kak… permisi saya mau tanya kalau untuk soal utbk atau yg lainnya apa tetap sama dengan soal utbk jurusan lainnya?
    Terus untuk persiapan, yg hrus kita pelajari apa saja kak? Terimakasihh kak

    • Jodie A.K

      untuk jalur masuk UTBK ya jelas sama dongs… masa beda^^
      soal dari kemeristekdikti..
      kecuali untuk yang UTUL mungkin bisa agak berbeda (jika iya ada soal terpisah, karna tahun kemarin UTUL hanya menggunakan skor UTBK)

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *