Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri

Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya (Muammar)

Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya (Muammar)

Halo sobat intipers! Aku Muammar Qadhafi dari Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya seperti apa?

Bahasa dan sastra arab mempelajari sastra arab umum dan spesifiknya ke karya sastra yang ada di zaman klasik maupun modern, jadi secara garis besar mempelajari gramatikal, novel-novel, fiksi yang berbahasa arab. Sastra arab terbagi 5 periode, ada periode pra islam atau masa jahiliyah, periode Bani Umayyah, Bani Abbasiyah, masa islam, dan terakhir. Ada paradigma dari sebagian masyarakat yang berpendapat lulusan sastra arab mau kerja apa, mereka masih belum mengenal sastra arab secara mendalam, sehingga timbul sikap skeptis atau underestimate.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya?

Pertama karena bingung mau milih jurusan apa, kebetulan alumni dari MA mau masuk kampus pasionnya di bidang apa, kebetulan karena galau akhirnya memutuskan memilih jurusan yang ada kaitannya dengan agama, dan kebetulan pada saat di Aliyah belajar sedikit tentang bahasa arab.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kurikulum selama menempuh pendidikan, kurang lebih mempelajari kaidah-kaidah bahasa arab secara umum lebih dikenal nahwu, kalo di bahasa inggris grammer. Kedua mempelajari morfologi kalimat, dalam bahsa arab familiar shorof, nahwu dan shorof merupakan basic dari bahasa dan saatra arab. Namun tidak hanya itu, kurikulumnya juga terkait kesusastraan, seperti novel, puisi, prosa, pantun dan karya-karya fiksi lainnya. Setelah semakin semester atas, contohnya semester 5 ada praktikum ke lapangan, kita meneliti di beberapa pondok atau kampus tentang bagaimana metode pembelajaran bahasa arab. Kitab-kitab khusus ada tetapi lebih spesifik ke sastra, bukan kitab-kitab pondok pesantren, lebih pada kitab klasik sastra contohnya sejarah sastra di Arab, sejarah sastra modern di berbagai benua, eropa dan asia.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi diimplementasikan atau diaplikasikan dunia kerja ada, seprti interpreter atau penerjemah, traslator, kemudian ada juga prospek kerjanya ke dunia pariwisata jadi nanti pendalamannya di penerjemahan atau interpreter untuk tour guide, atau memang khusus di bidang penelitian khusus di kesusastraan contohnya translator di pedalam saat semester atas 5, 6, dan 7. Khusus ke tugas akhir tidak ada tapi general sesuai prospek kerja nanti.

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ketika saya masuk melalui jalur UM PTKIN yang setara dengan SBMPTN, kalo SBMPTN kan khusus PTN yang non agama, sedangkan yang agama jalurnaya UM PTKIN. Sedangkan untuk masuk jurusan ini ada 3 jalur, yaitu melalui SPAN PTKIN setara dengan SNMPTN atau raport undangan, lalu ada seleksi di bidang UM PTKIN, ketiga jalur mandiri langsung daftar ke kampus. Informasi lebih lanjut bisa akses di uinsby.ac.id untuk instagram @uinsby.

Ada tips buat mahasiswa baru Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya?

Untuk mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru yang mau masuk bahasa dan sastra arab, awal mungkin kita pesimis dengan asumsi orang bahwa jurusan sastra arab tidak dibutuhkan di dunia kerja atau diremehkan. Nah jangan putus asa karena jurusan itu tidak menentukan nasib kita ke depannya. Niatkan untuk menuntut ilmu untuk menghilangkan kebodohan dan memperbaiki diri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja dari lulusan sastra arab banyak sekali dan luas. Kalo pendidikan lebih spesifik ke dosen atau guru. Untuk sastra arab cakupannya luas contohnya kita bisa menjadi diplomat, duta besar di Kemenlu. Ada juga sebagian alumni sastra arab yang bekerja menjadi duta besar. Lalu bisa jadi Atase di Kemenlu, bisa jadi peneliti atau pengembangan sastra atau di lembaga timur tengah. Ada juga sebagian alumni jadi dosen dan guru di beberapa kampus. Lalu ada yang menjadi translator atau interpreter, ada yang bisnis atau kewirausahaan yang berkaitan dengan bahasa arab. Contohnya travel umroh, haji. Ada juga yang menajdi Da’i, yang paling banyak itu.

Kode konten: C613

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *