Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

Bahasa dan Sastra Indonesia UPI (Anggi)

Bahasa dan Sastra Indonesia UPI (Anggi)

Hai! Nama aku Anggi dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI angkatan 2017. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI?

Orang-orang sering banget menggeneralkan mahasiswa jurusan ini itu pasti mahir buat puisi dan menguasai banyak kosa kata di kamus, padahal gak selalu begitu juga.

Ilmu yang mempelajari bahasa itu disebut linguistik, secara garis besar kita mempelajari linguistik itu sendiri. Linguistik itu ada linguistik mikro dan makro. Linguistik mikro terbagi menjadi morfologi, fonologi, semantik dan sintaksis. Kalau linguistik makro ini jadi ada gabungan ilmu lain dengan linguistik seperti sosiolinguistik dan antropolinguistik, tapi dominannya tetep di ranah linguistik.

Slide5

Ada 2 penjurusan, yaitu linguistik dan sastra. Bedanya kalau linguistik itu fokus tentang kebahasaan dan sastra itu ya ke dunia sastra Indonesia ya. Mungkin temen-temen juga banyak yang bingung bedanya jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia murni dan jurusan yang pendidikan, kalau di jurusan pendidikan itu dicetak menjadi seorang pendidik, kalau kita secara umum diarahkan menjadi peneliti jadi gak mendapatkan mata kuliah kependidikan.

Tugas kuliahnya di Bahasa dan Sastra Indonesia UPI kaya gimana?

Tugasnya biasanya berupa artikel ilmiah atau artikel populer, makalah, laporan penelitian. Pokoknya berkenaan dengan karya tulis ilmiah terus.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit aku di awal semester tentang Morfologi yang merupakan ilmu tentang pembentukan kata, jadi di kupas tuntas lah tentang seluk beluk pembentukan kata.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Ketika deadline itu banyak, karena tugas kita dominannya membuat artikel atau KTI dan ketika itu berbarengan dan deadlinenya bareng itu kita bingung, karena perlu proses berpikir kan dan tugasny itu bera-beda jadi fokusnya bingung juga nih mau yang mana dulu.

Prospek kerja Bahasa dan Sastra Indonesia UPI / alumni kerja dimana aja?

Biasanya menjadi editor, di bidang jurnalistik dan pertelevisian juga bisa, di kementrian juga bisa.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Jangan masuk jurusan ini karena menganggap jurusan ini mudah dijalani, karena tetep akan ada kesulitan yang mungkin gak terbayangkan sebelumnya. Kadang kalau kita pas SNMPTN/SBMPTN kita punya keinginan untuk masuk jurusan dan universitas yang bagus, tapi disamping itu kita juga harus mengenali kemampuan kita untuk kemungkinan lulusnya.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Ya pengen lulus tepat waktu, inginnya langsung kerja ke Kemendikbud di Badan Pengembangan Bahasa.

Kode Konten: Y197

Komen dibawah! 4

  1. Mila Junia Amelia Putri

    Motivasi Kaka sendiri kenapa bisa ambil jurusan ini apa sih? Dan tadi diatas Kaka bilang pengen kerja dikencingi dihadang pengembangan bahasa. Nah itu kerja sebagai itu maksdunya apa? Dalam artian tugasnya apa kaya misal kalo jadi bendahara itu berkaitan dengan keuangan. Nah kalo pengembangan bahasa ini menjurus kemana ya secara detailnya? Terima kasih sebelumnya

    • Mila Junia Amelia Putri

      Motivasi Kaka sendiri kenapa bisa ambil jurusan ini apa sih? Dan tadi diatas Kaka bilang pengen kerja dikemendikbud dibidang pengembangan bahasa. Nah itu kerja sebagai itu maksdunya apa? Dalam artian tugasnya apa kaya misal kalo jadi bendahara itu berkaitan dengan keuangan. Nah kalo pengembangan bahasa ini menjurus kemana ya secara detailnya? Maaf aku ulang karna yang pertama tadi ada kesalahan. Terima kasih sebelumnya

  2. Rose permata

    Emng susah bgt belajar bahasa sastra Indonesia ka?

  3. Nurlaela Sari

    Kalo masuk jurusan ini harus orang yang suka puitis atau menulis gitu gk ka?
    Biasanya kalo di jurusan ini tugas matkul suka disuruh bikin sebuah karya gitu gak tentang seputar bahasa dan sastra misalnya puisi atau cerpen dll?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *