Bahasa Inggris, Universitas Negeri Semarang

Bahasa dan Sastra Inggris Unnes (Futwi)

Bahasa dan Sastra Inggris Unnes (Futwi)

Hallo, Intipers. Kenalin aku Futwi Larasati, mahasiswi jurusan Bahasa dan Sastra Inggris angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Dalam artikel ini, aku bakal mengulas jurusan Bahasa dan Sastra Inggris berdasarkan pengalaman kuliah aku selama 4 semester di Unnes. Selamat menyimak!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes terdiri dari program studi apa saja?

Kamu tidak perlu bingung. Just for your info bahwa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes terdiri dari 2 program studi. Yaitu: Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris. Ini karena dulu, Unnes merupakan universitas pendidikan dan masih bernama IKIP Semarang. Sejak mendeklarasikan diri menjadi kampus umum dan berganti nama menjadi Unnes, kampus inipun membuka berbagai prodi non-kependidikan seperti halnya Sastra Inggris. Jadi tak ayal, jika prodi ini  berada pada jurusan yang sama dengan Pendidikan Bahasa Inggris seperti yang aku ambil saat ini. Berarti, sekarang sedah jelas ya.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes?

Perkuliahan pada jurusan ini mencakup semua skills dan komponen dalam bahasa inggris. Pada program studi Pendidikan, pembelajaran akan disertai materi pedagogis dan materi umum secara proporsional. Sedangkan pada program studi sastra, mahasiswa akan dibekali materi perihal sastra secara komprehensif. Jika kita mendengar stigma masyarakat perihal tidak perlu belajar bahasa inggris karena yang penting bisa praktik ngomonya, kita nggak perlu risau. Karena dengan mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, kita tak hanya akan lancar berbicara bahasa inggris, namun juga memiliki nilai plus karena bisa menguasai terori-teori kebahasaan yang keren di dunia bahasa inggris. Jadi, tetep semangat ya intipers.

Apa saja mata kuliah khas yang diajarkan?

Mata kuliah yang diajarkan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris diantaranya adalah Listening, Speaking, Rading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktik Kerja Lapangan, dan lain-lain. Sedangkan pada program studi Sastra Inggris, mata kuliah yang diajarkan antara lain Public Speaking, Creative Writing, Theatre, Journalism, Debate,Translation, Interpreting, Indonesian Studies, Australian Studies, American Studies, British Studies, Literary Criticism, Drama, Drama Analysis, Poetry Analysis, dan Public Relation. Gimana menurut kalian, keren-keren kan?

Mata kuliah dan Dosen Favorit di Bahasa dan Sastra Inggris Unnes?

Karena aku berada di prodi pendidikan, mata kuliah favorit saya adalah Writing dan Cross-Cultural Understanding. Di dalam mata kuliah writing mahasiswa akan diajarakan materi kepenulisan secara bertingkat. Mulai dari word and phrase, clause, sentence, paragraph, dan seterusnya. Hal itu sangat menyenangkan karena sebelumnya, banyak materi kepenulisan dalam bahasa inggris yaang belum saya ketahui. Perihal punctuation (tanda baca), paralelisme, kohesi dan koherensi, identifikasi berbagai kesalahan penulisan kalimat seperti sentence fragments, choppy sentences, stringy sentences, run-on sentences and comma splices, dan lain-lain. Sedangkan pada mata kuliah cross-cultural understanding, mahasiswa akan diajarkan bagaimana mengenal dan menyikapi berbagai budaya asing serta perilaku orang-orang di dalamnya yang berasal dari berbagai negara. Dari situ, kita dapat memahami sekaligus memfilter budaya-budaya luar yang memengaruhi diri kita.

Mengenai dosen favorit, sebenarnya aku menyukai semua  dosen yang mengajar di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini karena mereka telah berpredikat master dan doktor lulusan dalam dan luar negeri. Namun, berdasarkan pengalaman aku selama 4 semester ini, dosen terfavorit menurut saya adalah Ms. Yusnita dan Mr. Ikhwan. Itu karena keduanya sangat jelas dalam menyampaikan detail materi. Di samping itu, konsep-konsep yang diajarkan selalu menarik. Terlebih, beliau-beliau ini juga rajin untuk memberi kesempatan bagi mahasiswanya dalam bertanya ataupun melakukan evaluasi.

Apa saja tips-tips untuk maba di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes?

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini banyak kaitannya dengan skill serta teori kebahasaan. Sebagai mahasiswa baru, hendaknya menyesuaikan diri dengan lingkungan yang serba bahasa inggris mencakup segala tugas, presentasi, dan lainnya. Alangkah lebih baik jika maba juga belajar secara mandiri untuk meningkatkan skill bahasa inggris mereka dengan mendengarkan lagu dan menonton film berbahasa inggris, membaca novel, serta rajin berkunjung ke perpustakaan jurusan untuk menambah literasi baru. Selain itu, maba juga tak boleh sungkan dan malu bertanya kepada kakak tingkat terutama jika mengalami kesulitan mengenai penugasan. Tak jarang mereka akan memberikan solusi terbaik ataupun saran-saran tertentu berdasarkan pengalaman yang pernah mereka alami.

Bagaimana mengenai organisasi dan pertukaran pelajar?

Mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat kita adalah hal yang menarik. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan oleh universitas. Diantaranya adalah English Student Association (Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris), BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, dll. Ikutilah kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Isi waktu luang di luar kuliah dengan kegiatan yang bermanfaat dari organisasi-organisasi tersebut. Namun perlu diingat bahwa kamu juga harus menyeleksi mana yang baik dan sesuai dengan pengembangan diri kamu. Selain itu, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris juga difasilitasi program pertukaran pelajar bagi yang berminat. Biasanya, program ini dilakukan selama satu semester dengan mitra program di salah satu universitas di Malaysia. Jika kamu tertarik, sebagai maba kamu bisa mempersiapkannya sejak awal karena biasanya exchange ini diperuntukan untuk mahasiswa semester 6.

Bagaimana prospek Kerja Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris?

Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes banyak diserap oleh para stakeholder dan bekerja sesuai dengan bidangnya baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupu luar negeri. Pada program studi pendidikan, lulusannya dapat menjadi pengajar yang kompeten di berbagai sekolah. Sedangkan lulusan prodi sastra dapat menjadi translator, interpreter, diplomat, jurnalis, editor, birokrat, penulis, maupun sastrawan.

Mau tahu cerita alumni?

Yang spesial tentang prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes ini adalah bagaimana program studi ini mendukung kegiatan yang mampu memperkaya life skill saya. Saya didukung untuk menghidupkan kembali Teater “Mirror” yang kemudian sangat berperan dalam rangkaian hidup saya baik sebagai guru maupun sekarang sebagai diplomat. Secara akademis, mata kuliah seperti ESP, CCU, Listening, Speaking, Reading, dan Writing juga memberi bekal sangat penting bagi seorang diplomat.” (Hanung Nugraha, S.Pd.- Alumni Angkatan 1994)

“Di sini saya memiliki ruang aktualisasi diri dalam konteks akademis di lingkungan yang suportif dan kompetitif.  Prodi ini  telah meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir kritis dan analitis, sehingga saya berhasil mendapatkan grant penelitian bagi mahasiswa di bidang sosial dan humaniora, mengikuti Pimnas  XIV hingga berpartisipasi dalam event HNMUN di Boston, Amerika Serikat.”— (Thohiriyah, S.S.alumnus angkatan 2008)

Kode konten: X278

Futwi
Hello, I'm Futwi from English Department'18. I like reading some books and analyze these sometimes. Hope that we could be a good friend. Nice to see you. Have a great day!

Komen dibawah! 7

    • adeliayunitasari

      saya ingin bertanya apakah jika kita mengambil sastra inggris harus bisa berbahasa inggris atau tidak? Terimakasih

      • Futwi Larasati

        Tidak harus karena kita akan mulai belajar dan berproses. Namun jika memiliki kemampuan bahasa Inggris dari awal, hal tersebut akan lebih memudahkan dalam pembelajaran.

  1. Vatya

    Mau tanya2 soal exchange disemster 6 kan ,jadi yang perlu disiapkan itu apa aja ya kak? ,dan CCU tuh kan bahas cross culture,ada praktik discussion sama people from LN gasih kak? Thank you

    • Futwi Larasati

      Syarat pemberkasan pertukaran pelajar akan diinfokan tersendiri oleh pihak jurusan. Dan untuk program CCU, kita akan belajar budaya LN. Biasanya, ada mahasiswa LN di bahasa Inggris utamanya di kelas Internasional. Disitulah, kita dapat belajar bersama mereka.

  2. Arum Dwi Lestari

    Kak misal SMK bisa tidak masuk sastra?? Ikutnya saintek/soshum?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *