Bahasa Mandarin, Universitas Padjadjaran

Bahasa Mandarin Unpad (Iqbal)

Bahasa Mandarin Unpad (Iqbal)

Halo! Aku Iqbal dari Jurusan Bahasa Mandarin Unpad. Simak ya intipers pengalaman aku.

Gambaran jurusan Bahasa Mandarin Unpad

Jurusan ini termasuk baru di Unpad, ada sejak tahun 2013 dengan jenjang D3 dan di tahun 2016 menjadi D4.. Jurusan ini lebih pada pariwisata dan bisnis, jadi gak hanya belajar tentang kebahasaan Mandarin itu sendiri

Banyak yang bilang atau skeptis ya sama lulusan jurusan bahasa nanti, banyak orang yang menilai kalau jurusan bahasa itu gak terjamin atau kurang menjanjikan masa depannya.. Padahal itu salah besar ya! Kesuksesan orang itu tergantung orangnya itu sendiri.

Slide5

Nah di jurusan ini gak ada konsentrasi, Cuma kalau aku sendiri lebih tertarik ke bisnis jadi lebih banyak mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan Bisnis, tapi tergantung orangnya juga ya.

Pengalaman berkesan selama kuliah

Kebetulan aku penerima beasiswa untuk Student Exchange 1 tahun di Cina. Pengalaman selama student exchange di sana itu kita bisa memandang dunia dan pendidikan dengan lebih luas dan banyak banget manfaat yang didapatkan. Kemampuan Mandarin ku juga lebih improve.. dan sebenernya dengan dapat beasiswa itu aku sedikit demi sedikit bisa membuka pandangan orang-orang buat ga skeptis sama jurusan bahasa

Pas student exchange itu juga ada tantangannya, jadi kaya aku itu harus akselerasi kemampuan Mandarin ku yang waktu itu masih di tingkat 2 yang mana aku harus bisa mengejar ke tingkat 2, meskipun ada pressure tapi ada juga dampak positif yang aku rasain.

Prospek kerja jurusan Bahasa Mandarin Unpad

Prospek kerjanya itu nanti kita bisa kerja sebagai translator, guider di Pariwisata, di Kementrian Luar Negeri yang juga butuh dari jurusan ini, di perusahaan bisnis Tiongkok-Indonesia juga bisa ya.. \

Rencana dan harapanku pengen banget magang di perusahaan logistik Indonesia-Cina karena aku juga lebih passion di bidang bisnis, jadi bisa sambil bisa ngambil ilmunya.

Tips kuliah

Tips buat maba ya jangan khawatir ya kalau mau masuk jurusan Bahasa karena itu tuh balik lagi ke kaliannya kalau kalian ada niat dan usahanya sendiri, tetep semangat, ikuti passion, ambil peluang dan jangan takut buat ambil pilihan berbeda sama orang lain.

Kode Konten: Y119

 

Komen dibawah! 4

  1. Anggi Chandra

    Halo Kak
    Klo mw masuk jurusan bahasa mandarin tapi sama sekali gak punya dasar bhs mandarin kira2 bisa survive gak ya di awal2 kuliah dan seterusnya?
    Terus apakah setelah lulus akan langsung mendapatkan sertifikat hsk ?
    Terima kasih

  2. orva tarente

    waaa menarik kak,saya baru akan lulus SMA tahun depat,lagi sibuk sibuknya cari kampus” jurusan dan beasiswaa soalx agak kendala di biaya kak ,eehh pas googling'” liat ini kayaknya menarik cuman takut kak”spalx ngg bisa bhs inggris apalagi mndarin,gimana dong kak,spa tau kk ada solusi

  3. WINDY You

    Ka kalo kita ambil nya cuma 3 tahun di UNPAD terus lanjut ngejar beasiswa di China dengan HSK yg di tentukan apakah bisa?

  4. Iklima Dede Aprillya

    Halo kak aku mau bertanya !!!!
    Kalo sudah lulus dri jurusan bahasa Mandarin trus lanjut kerja harus punya sertifikat hak??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *