Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri

Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Irfan)

Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Irfan)

Halo intipers. Perkenalkan saya Ahmad Irfan Fauzi, mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di jurusan Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, angkatan 2016. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya di jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang diperlajari di Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang?

Sesuai namanya, kita diajarkan seluk beluk kebahasaan dan kesusastraan Arab. Namun di BSA UIN Malang ini dikhususkan untuk melakukan pengajaran, penerjemahan, dan pemandu. Tapi kita juga nantinya akan diajarkan sesuai profesi yang kita pilih seperti siyahah (pariwisata), tarjamah (penerjemahan), dan tadris (pengajaran).

Jika kita mengambil konsentrasi siyahah maka yang diajarkan adalah menjadi tour guide, menejemen perkantoran, Bahasa Amiyah & Fushah, dan menjadi pemandu haji/umroh. Jika kita mengambil konsentrasi tarjamah maka yang akan diajarkan adalah mengenai dunia penerjemahan, bagaimana menjadi penerjemah professional, penerjemah tersumpah, dan diajarkan juga terkait jurnalistik. Bila kita mengambil konsentrasi tadris maka kita diajarkan untuk mengajar baik siswa maupun mahasiswa, cara menyiapkan RPP sebagaimana yang dilakukan mahasiswa pendidikan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa bedanya dengan Pendidikan Bahasa Arab?

Jujur, saya kurang tau mata kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Namun, perbedaan yang mencolok secara sekilas, yaitu di jurusan BSA lebih difokuskan belajar linguistik dan sastra serta konsentrasi yang dipilih seperti siyahah, tarjamah, tadris, dan perfilman karena BSA lebih bersifat luas dalam pembahasannya global. Selain itu juga di BSA mempelajari tentang sejarah baik itu peradaban islam, kesusastraan, dan asal-usul Bahasa.

Sedangkan di jurusan Pendidikan Bahasa Arab lebih bersifat khusus yaitu dikhususkan dalam dunia Pendidikan. Jadi yang dipelajari di jurusan PBA yaitu pengembangan kurikulum, studi islam, media pembelajaran, dan strategi pembelajaran. Begitu yang teman saya katakan.

schooters

Mata kuliah Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Dosen favorit?

Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali. Ada ilmu Nahwu-Sharaf, kemampuan membaca-menulis-mendengar, seni berbicara, drama, pengantar teori Bahasa/Sastra, sejarah/teori sastra, fonologi, balagoh, ilmu kamus, teori terjemah, asal-usul Bahasa/Nahwu, semantic, kritik sastra, menulis kreatif, kajian timur tengah, filologi, ilmu symbol, pragmatic, metpen Bahasa/Sastra, ilmu lahjat, dan masih banyak lagi.

Matkul favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah teori tarjamah dan mata kuliah menulis kreatif. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah teori tarjamah adalah karena ketika belajar saya mampu memahami terkait penerjemahan, bagaimana kita bisa menjadi penerjemah tersumpah dan professional sehingga saya bisa membuka jasa penerjemahan. Mata kuliah favorit kedua, yaitu menulis kreatif. Di mata kuliah ini diajarkan proses bagaimana seseorang bisa menulis secara kreatif dengan bermodalkan wawancara dan mengambil data berdasarkan library research. Kita juga diajarkan untuk menjadi penulis artikel atau jurnal yang bisa tembus scopus yang tingkat internasional. Hasil belajar dari mata kuliah ini banyak berguna bagi saya dalam mengembangkan tulisan saya, sehingga jurnal saya bisa tembus scopus.

Sementara, dosen favorit saya Ustadz Faishol, Ustadz Muntaqim, dan Ustadz Halimi. Karena menurut saya, mereka orangnya fleksibel dan bisa menyampaikan materi yang mudah dipahami.

Konsentrasi di Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang?

Terdapat tiga konsentrasi di jurusan Bahasa dan Sastra Arab, yaitu siyahah, tarjamah, dan tadris. Jadi setiap konsentrasi persemester memiliki matakuliah yang telah disediakan untuk dipilih sesuai konsentrasinya masing-masing. Konsentrasi ini menentukkan sasaran kita dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan. Misalkan kita mengambil konsentrasi siyahah, sering belajar berbicara Bahasa Amiyah & fushah untuk terjun ke lapangan berbicara dengan native aslinya. Sedangkan konsentrasi tadris, sering belajar strategi pembelajaran, RPP, media pembelajaran, dan praktek mengajar. Selain itu, konsentrasi tarjamah, sering praktek melakukan penerjemahan dari arab ke indo atau sebaliknya, dan belajar tentang jurnalistik.

Tips-tips untuk Maba di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang

Matakuliah di Bahasa dan Sastra Arab banyak berkaitan dengan kehidupan, karena di BSA selain belajar Bahasa dan Sastra juga belajar psikologi, sosiologi, pragmatic, dan lain-lain. Oleh karenanya, jadikanlah ilmu yang didapatkan di BSA sebagai senjata untuk mengatasi permasalahan di universitas kehidupan, sebab Bahasa arab merupakan Bahasa al-Quran yang bisajadi sebagai kunci segala ilmu.

luruskan niat dan bulatkan tekad

Tips pertama, luruskan niat dan bulatkan tekad. Ketika kamu sudah masuk di BSA maka kamu harus menyeriusinya dengan belajar sungguh-sungguh, meski kamu bukan dari background Bahasa Arab. Niat aja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan usaha.

kenali tipe belajar kamu sejak awal

Tips kedua, kenali tipe belajar kamu sejak awal. Ini bisa jadi penentu kamu bisa mencerna dan memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Dalam tipe ini ada tiga, seperti visual yaitu orang yang suka mendengarkan penjelasan dari dosen dengan serius, auditory yaitu orang yang bisa menyerap materi dengan mendengarkan musik, dan kinestatik yaitu orang yang gabisa diem contohnya seperti nyolek temen pas lagi pembelajaran.

sediakan buku kecil

Tips ketiga, sediakan buku kecil untuk nyatat kosakata, jika kalian dari latar belakang SMA atau SMK kalian jangan berkecil hati untuk bisa, kamu bisa mencatat apapun kosakata yang keluar dari dosen, catat saja dan praktekkan.

tanamkan mindset positif

Tips keempat, tanamkan mindset positif, karena ini sangat berpengaruh pada sejauh mana kamu bisa mengikuti kuliah di jurusan BSA ini, selalu tanamkan “saya bisa, dan pasti bisa”.

ikuti komunitas Bahas

Tips kelima, ikuti komunitas Bahasa yang bisa membantu kamu memahami Bahasa Arab, karena di BSA UIN Malang ada komunitas Bahasa yang bisa mengasah kemampuan diri kamu.

ikuti organisasi

Tips keenam, ikuti organisasi ekstra dan intra kampus yang sesuai. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di kampus, diantaranya mengikuti kegiatan himpunan Jurusan, DEMA & SEMA Fakultas/Universitas, UKM, UPKM, dll. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk berproses. Bahkan bila perlu kalian menjadi ketua yang bisa mengasah soft skill dan menambah pengalaman berkesan yang akan kita torehkan dalam sejarah semasa kuliah. “habiskanlah masa mudamu dengan banyak mencari pengalaman”, ingat “jangan banyak protes, tapi harus banyak proses”.

Tips ketujuh, ikuti organisasi/komunitas social yang bisa meningkatkan kemampuan kamu. Mungkin di awal-awal karena masih mahasiswa baru, tentunya kamu bingung untuk mengikuti organisasi social mana. Di malang sangat banyak, seperti LEO Club Malang Arrow, Relawan Nusantara, dan masih banyak lagi. Pada situasi tersebut, ikuti saja beberapa sembari kamu seleksi organisasi social mana yang sesuai dengan diri kamu.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Alumni jurusan Bahasa dan Sastra Arab memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja menjadi apa saja yang diinginkan karena tidak terbatas pada bidang pengajaran saja. Apalgi hubungan Indonesia dengan negara-negara Arab sangat baik dan Bahasa arab menjadi Bahasa resmi PBB. Buat kamu yang menguasai Bahasa dan sastra Arab, akan mempunyai peluang kerja yang bagus. Lulusan BSA dapat bekerja sebagai penerjemah, guru, dosen, ahli budaya dan bahasa Arab, peneliti, jurnalis (reporter), diplomat kemenlu, konsultan Pendidikan, pramugari/a, staf maskapai penerbangan, pemandu wisata, content creator, content writer, editor, dan sastrawan.

Sepengetahuan saya, alumni lulusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang menjadi guru Bahasa Arab di sekolah maupun private, dosen, penerjemah, pemandu haji & umroh, editor percetakan, membuka bimbel, sekretaris DUBES, bahkan ada juga yang menjadi TNI. Oh iya, bagi kamu yang berminat menjadi dosen kalian harus kuliah S2 Bahasa dan Sastra Arab lagi, karena sekarang harus linier, tidak seperti dulu lagi. Dan jika kamu ingin membuka lembaga penerjemahan, kamu juga harus menjadi penerjemah tersumpah dulu.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Jujur, saya belum kepikiran untuk menjadi Dosen Bahasa dan Sastra Arab, meski sudah diarahkan dan ditawari sama dosen saya. Tapi setelah lulus saya berencana untuk focus mengembangkan jasa terjemah saya yaitu SA Translation, juga sebagai freelancer di fastwork.id sebegai penerjemah. Selain itu, saya juga mencari banyak pengalaman dan mengasah kemampuan di bidang siyahah dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti magang di berbagai pekerjaan. Setelah itu, berencana untuk membuka lembaga bimbingan belajar dan motivasi, juga kuliner makanan khas Bandung Jawa Barat.

Kode konten: X463

Komen dibawah! 8

  1. Nazila

    Assalamualaikum
    Izin bertanya, apakah ada mata kuliah yang mengharuskan kita menguasai bidang seni tertentu, misal seperti kaligrafi atau sejenisnya? Terimakasih

    • Ahmad Irfan Fauzi

      waalaikumussalaam. mata kuliah kaligrafi memang ada, tapi tidak diwajibkan harus menguasai kaligraf. nama mata kuliahnya itu Khat Araby. Selain itu ada juga seni berbicara untuk kita bisa public speaking. dan juga ada Seni Peran atau Drama. itu di dalam ranah jurusan yah. Jika ingin belajar lebih jauh lagi, bisa di luar jurusan atau kampus. banyak sekali komunitas yang bisa membantu mengasah skill kita.

  2. Masita Dea Lutfiana

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh kak, apa bisa lulusan smk daftar sastra arab, terus cara daftarnya bagaimana?? Trimakasih kak

    • fauzi

      waalaikumussalaam. Sangat bisa, mau dari lulusan mana pun sangat bisa daftar sastra Arab. Soalnya hal ini terjadi, berdasarkan pengalaman selama kuliah, banyak teman-teman yang lulusan SMK, tapi mereka mengambil sastra arab.
      untuk cara daftar itu tergantung pihak lembaga atau kampusnya. Misalnya kalo di PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) itu ada 5 jalur yaitu SPAN-PTKIN, SNMPTN, UM-PTKIN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (bisa prestasi, bisa non-prestasi). kalo di Perguruan Tinggi Negeri yang umum itu hanya SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri atau Ujian Mandiri.

      Jadi, untuk pendaftaran tergantung kampus masing-masing. Mungkin bisa mencari tau di google atau instagram kampus yang mau kita tuju. Misal kita mencari tahu UIN Malang, yasudah kita searching terkait itu. Namun, dalam 5 jalur tersebut, tidak semua ada pilihan jurusan sastra arab di kelima jalur tersebut.

  3. Sri Muliawati Bolamba

    Assalamu’alaikum
    Izin bertanya kak.. Apakah di BSA bahasa pengajar nya semua nya bahasa arab atau sebagian pakai bhs indonesia?
    Jazakallahu Khair?

    • fauzi

      waalaikumussalaam.
      untuk bahasa pengantar itu tergantung dosen dan mata kuliahnya, karena di sastra arab ada mata kuliah khusus untuk sastra arab, dan juga ada mata kuliah umum. Yang dinamakan mata kuliah umum disini yaitu di semua jurusan yang ada di UIN Malang itu ada matakuliah umum tersebut.

      nah, selama kuliah di BSA (Bisa Segala Aspek) UIN Malang itu bahasa pengantarnya campuran yaitu Arab dan Indonesia. tapi, ada beberapa dosen yang full dengan bahasa arab. tapi itu semua jangan khawatir, kita pasti bisa mengikutinya, dan dosen-dosen yang ada di BSA itu sangat baik-baik sekali.

  4. Dede Su'eb

    Assalamu’alaikum kak. Gimana caranya kita bertahan dengan kuliah yang daring ini yang bagi saya sendiri metode er kuliahan seperti tidak nyaman atau tidak faham sama sekali meskipun tugas banyak tapi di memori tidak masuk sedikitpun.
    Syukron

  5. Aini

    Assalamualaikum kak…Apakah dari BSA bisa langsung jadi guru seperti halnya PBA?
    Dan jika tidak apakah ada cara buat menjadi guru?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *