Tips

Ingin belajar bahasa asing? Yuk mulai lakukan hal berikut!

Ingin belajar bahasa asing? Yuk mulai lakukan hal berikut!

Di era modern ini, kemampuan berbahasa asing menjadi nilai plus yang dapat membantu kehidupan sehari-hari kita. Belajar bahasa asing, terutama Bahasa internasional jadi hal yang penting untuk dilakukan. Namun sering kali motivasi kita yang meghilang ditengah jalan saat belajar Bahasa asing. Yuk simak bahasan berikut untuk mengetahui tips belajar Bahasa asing!

Motivasi awal belajar Bahasa asing

Temui kebutuhanmu

Latar belakang paling umum seseorang mempelajari Bahasa asing adalah karena kebutuhan dan keadaan. Cobalah untuk melihat keadaan kita dan jadikan hal itu sebagai motivasi awal untuk mempelajari Bahasa asing. Sehingga belajar Bahasa asing menjadi sebuah keharusan yang tidak akan anda hentikan sampai target terpenuhi.

Hubungkan belajar dengan emosi

Latar belakang paling umum lainnya seseorang mempelajari Bahasa asing adalah karena perasaan cinta yang sederhana kepada Bahasa dan budaya dari suatu negara. Ketika kita mulai mencintai suatu hal kita akan mulai mempelajari segala yang berhubungan dengan hal itu, termasuk negara. Anda dapat menghubungkan rasa cinta tersebut sebagai motivasi dasar anda untuk mempelajari Bahasa asing.

Tips belajar Bahasa asing

Mulai dari membaca.

Yang sulit dari belajar Bahasa asing adalah memulai belajar itu sendiri. Berbeda dengan pelajaran lain, Bahasa merupakan pelajaran yang sulit dimulai.

Jika Bahasa tersebut memiliki huruf yang berbeda, anda dapat memulai dengan menghapal bentuk huruf dan bagaimana cara membaca huruf tersebut. Setelah dapat membaca, cobalah untuk mencari lagu yang menggunakan Bahasa tersebut dan cari liriknya. Anda dapat mendengarkan lagu sambal membaca liriknya secara perlahan. Anda juga bisa sambal mencocokan lirik tersebut dengan terjemahannya.

Kumpulkan kosakata

Cara paling umum untuk mengumpulkan kosakata adalah dengan memiliki buku khusus untuk menghapalnya. Di buku tersebut anda dapat menulis apapun yang berkaitan dengan Bahasa yang sedang anda pelajari. Atau dapat dibilang anda membuat kamus anda sendiri.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Namun tidak hanya dikumpulkan, anda juga harus menghapalnya agar semua kosakata yang sudah di tulis tidak hanya sekedar terkumpul.

Mencari referensi

Di jaman yang serba digital ini, anda tidak perlu sulit mencari buku tips dan trik pandai berbahasa. daripada membaca buku yang berisi hanya tulisan, anda bisa mendapatkan tips dan trik pandai berbahasa dari mendengarkan podcast atau menonton video youtube. Sebagai contoh, anda dapat menonton video seperti berikut.

Gunakan di percakapan sehari-hari

Dengan menggunakan Bahasa yang sedang anda pelajari di percakapan, kosakata yang sudah anda hapalkan akan terpakai dan kemudian akan ingat diluar kepala.

Untuk melakukan ini, anda tidak perlu sudah 100% menguasai Bahasa tersebut. Layaknya penduduk jaksel yang mencampur Bahasa Indonesia dengan Bahasa inggris di percakapan sehari-hari mereka, anda dapat melakukan hal yang sama.

Cari teman mengobrol

Anda bisa manfaatkan website untuk video call dengan orang asing dari negara yang bahasanya sedang anda pelajari. Cara ini biasanya diterapkan setelah anda mulai mahir membuat percakapan.

Confidence

Kepercayaan diri adalah hal yang paling utama saat anda belajar Bahasa asing. Ketika anda mulai menggunakan Bahasa lain yang berbeda dengan teman-teman anda, biasanya akan ada yang meledek. Namun jika anda percaya diri, ini dapat anda atasi dengan mudah. Ketika belajar, wajar terdapat kesalahan, yang harus dilakukan adalah memperbaiki kesalahan tersebut.

Mencari tau anda tidak tau apapun

Dengan mindset ini dapat diterapkan agar anda selalu ingin mencari tau lebih dalam lagi. Walaupun begitu, mindset ini bukanlah patokan yang harus anda jadikan pegangan. Anda tetap harus percaya bahwa apa yang anda ketahui saat ini sudah membuat anda pintar agar anda tetap peraca diri. Cari tau tips belajar lainnya disini.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.