Tips

Belajar Tips Public Speaking Supaya Lancar Bicara Depan Umum!

Belajar Tips Public Speaking Supaya Lancar Bicara Depan Umum!

Bisa bicara lancar tanpa patah-patah depan umum adalah salah satu impian banyak orang. Bisa mengutarakan pendapat dengan bahasa yang mudah dipahami, tidak berbelit, dan bisa diterima oleh pendengarnya. Apa Intipers juga ingin bicara lancar depan umum? Nah, supaya gak patah-patah lagi bicara di depan umum, ini tips belajar public speaking yang harus kamu coba dari sekarang!

belajar public speaking

Deskripsi Singkat Public Speaking

Sebelum menyelam tips public speaking, Intipkuliah akan kasih sedikit deskripsi mengenai public speaking. Public speaking dalam bahasa indonesia adalah berbicara di depan umum. Contohnya seperti ketika melakukan presentasi di depan kelas, menyampaikan pendapat di hadapan orang-orang, berpidato, memandu sebuah acara (menjadi mc atau moderator).

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Untuk berbicara depan umum, tidak banyak orang yang dapat melakukan secara rileks dan normal seperti berbincang biasa. Maka skill public speaking diburu oleh orang banyak untuk bisa berbicara di hadapan orang-orang dengan natural, jelas, dan sampai tujuan dari pembicaraan tersebut.

Tips Belajar Public Speaking

1. Menguasai Materi

Tips yang pertama adalah kamu harus menguasai materi yang akan dibawakan. Misal, saat akan melakukan presentasi di depan kelas, kamu sudah membaca seluruh isi materi dan memahami apa yang akan dibawakan ketika nanti presentasi.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Bacalah materi beberapa kali sebelum kamu melakukan bicara di depan umum, pahami dan ambil poin-poin penting dalam materi sebagai catatan jika lupa. Sehingga kamu akan merasa percaya diri telah menguasai apa yang akan dibawakan.

2. Meminimalisir Jeda

Seringkali ketika kita berbicara dan lupa yang keluar dari mulut adalah “hmmm, nggg, eee,” dan lain sebagainya. Dan itu terjadi berkali-kali dalam satu kali pembicaraan yang sebetulnya bisa kita minimalisir. Cara untuk menghindari keluarnya “hmm, ngg, eee,” dengan berhenti sejenak dan tarik nafas.

Intipers bisa mencoba menghilangkannya dengan berhenti sejenak dari pembicaraan, kemudian tersenyum. Sehingga bisa menenangkan diri juga yang mulai panik karena lupa dengan materi yang disampaikan.

Tentunya tidak bisa dilakukan sekali saja, namun perlu dilatih berkali-kali sehingga refleks yang keluar ketika sedang lupa adalah berhenti sejenak bukan mengeluarkan “hmm, nggg, eee.”

3. Latihan Terus Menerus

Pernah dengar “Practice make it perfect”? Ya betul banget, materi tanpa latihan tidak akan membuahkan apa-apa. Jadi mulailah dengan terus berlatih.

Bisa dimulai dengan menentukan satu kata seperti contohnya “Jendela”. Intipers bisa mulai belajar menjabarkan satu kata tersebut menjadi satu kalimat, menjadi satu paragraf, kemudian menjadi satu pembahasan yang menarik. Lakukan terus menerus, untuk memperlancar pembicaraan.

Kemudian berlatih bisa di depan kaca terlebih dahulu, memperhatikan bagaimana diri kita berbicara dan gerakan saat kita berbicara. Setelah itu cobalah untuk berbicara di depan dua atau tiga orang, minta pendapat orang tersebut tentang bagaimana pembawaan kamu saat berbicara di depan mereka.

Ketika kita sudah banyak latihan, maka perlahan rasa kaku, gugup, takut itu bisa hilang. Dan membuat public speaking kita semakin baik.

4. Atur Intonasi Suara

Saat untuk melakukan public speaking, intonasi suara juga salah satu hal yang perlu diperhatikan. Ketika kita berbicara terlalu terburu-buru maka audiens seringkali tidak menangkap apa yang sedang kita bicarakan, sehingga maksud dari pembicaraan kita tidak sampai dengan baik. Begitu pula dengan bicara datar atau tidak menggunakan intonasi, tentu akan membuat bosan pendengar sehingga mereka memilih untuk sibuk dengan lain hal seperti bermain handphone atau mengobrol, tidak mendengarkan tuntas pembicaraan kita.

Nah, maka dari itu penting untuk memperhatikan intonasi bicara saat melakukan public speaking. Semakin baik pelafalan dan intonasi menyampaikan pesannya, maka semakin baik pula audiens akan memahami materi yang kita bawakan.

Manfaat Public Speaking

Setelah memberikan tips, Intipkuliah juga akan menjabarkan beberapa manfaat dari public speaking. Sehingga Intipers menentukan apakah akan melakukan tips di atas atau meninggalkannya karena tidak faham manfaat dari public speaking.

– Menyampaikan ide tanpa berbelit

Dengan mempelajari teknik public speaking, Intipers dapat belajar bagaimana cara untuk menyampaikan ide atau materi kepada para audiens tanpa berbelit dan efisien. Sehingga audiens dapat menyimak ide yang disampaikan hingga selesai. Tentu sangat bermanfaat bagi Intipers yang menyampaikan ide, senang karena idenya bisa dipahami baik oleh audiens.

– Meningkatkan kepercayaan diri

Melatih public speaking membuat Intipers menjadi lebih percaya diri untuk tampil di publik, memberikan pendapat, menyampaikan materi, dan lainnya.

– Mendapat profesi yang oke

Menjadi seorang yang bagus public speaking-nya akan membuka jalan untuk mendapatkan profesi yang oke. Salah satunya jika Intipers senang memotivasi orang Intipers bisa menjadi motivator yang banyak jam terbangnya, berbicara tentang motivasi di depan banyak orang. Dan motivator itu bayarannya per acara, bahkan ada yang terhitung perjam loh! Salah satu contoh motivator di Indonesia yang berhasil adalah Dr. Ary Ginanjar Agustian seorang founder ESQ training.

Rekomendasi Channel YouTube Untuk Belajar Public Speaking

  1. Salam InspirasiSalah satu channel youtube yang membahas tentang Public Speaking adalah Salam Inspirasi. Intipers bisa mulai dari dasar mengikuti setiap postingan videonya. Berikut salah satu contoh dari Salam Inspirasi Kelas Public Speaking Online Part #1 : Pengenalan Dasar Public Speaking
  2.  Presenta Edu

Dalam video Presenta Edu, mereka juga memberikan tips seperti video dia atas yaitu cara mengatasi gugup. Tidak hanya itu, masih banyak video-video edukasi tentang public speaking yang bisa Intipers tonton ke channel YouTube-nya sekarang juga.

Bagaimana? Apakah sekarang Intipers mulai tertarik untuk belajar public speaking? Jika tertarik dan bingung mulai dari mana untuk latihannya, Intipkuliah ingin memberikan rekomendasi wadah yang bagus untuk melatihnya. Yaitu IntipDiri.

Di IntipDiri teman-teman setiap hari jumat malam akan melakukan zoom meeting dengan sekelompok orang, mempresentasikan hasil bacaan buku mingguan, menceritakan isi buku yang Intipers baca. Yuk bergabung sekarang, silakan kepoin instagramnya di link ini.

Baca Juga: 7 Tips Presentasi Agar Tampil Percaya Diri

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.