Tips

Berprestasi Di Bangku Kuliah? Siapa Takut!

Berprestasi Di Bangku Kuliah? Siapa Takut!

Nadia Salvira, atau yang lebih akrab dengan sapaan Nadia. Merupakan salah satu mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Riau angkatan 2019.

Nadia atau  Nad, begitu orang memanggilnya. Selain aktif di bidang akademik, Nadia juga aktif di bidang non akademik. Hal tersebut nadia buktikan dengan menjadi salah satu Pemuda Berprestasi Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021. Selain itu, Nadia juga aktif menggeluti passion-nya di dunia kepenulisan. Selama pandemi COVID-19, Nadia aktif mengikuti wevinar kepenuliusan dan Nadia telah berhasil menerbitkan dua buah novel yang dapat kalian beli di e-commerce dan toko-toko buku di kota kalian.

Nadia tak menyangka dirinya terpilih menjadi salah satu pemuda berprestasi Sumatera Selatan diantara banyak pemuda-pemudi berprestasi yang mendaftar. Tentunya ada rasa tidak percaya diri dan takut, melihat pesaingnya berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan memiliki berbagai prestasi yang mengagumkan. Namun Nadia tetap optimis dan tetap menunjukkan yang terbaik.

Selama satu tahun menjabat, Nadia ingin memberikan yang terbaik, memberikan motivasi, serta menebarkan manfaat untuk sesama. Salah satu yang Nadiia kembangkan yaitu sebuah platform pendidikan yang bernama “Young Inspire Indonesia”. Platform tersebut memberikan tips and trick kepada generasi muda khususnya siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Segala pencapaian Nadia tak terlepas dari doa dan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat. Nadia sangat bersyukur dikelilingi oleh orang-orang yang membantu dan mendukung penuh kegiatan yang Nadia ikuti.

intipkuliah-web1

Selain itu, Nadia juga memberikan tips and trick khususnya kepada mahasiswa baru agar tetap produktif dan berprestasi di bangku kuliah, Berikut adalah tips-tips dari Kak Nadia yang bisa kita terapkan:

  1. Kuliah dengan sungguh-sungguh

Saat ingin menjadi mahasiswa berprestasi, tentunya kita tidak boleh lupa dengan tujuan utama kuliah. Usahakan hadir tepat waktu, mendengarkan kuliah dengan seksama, dan meresume materi dengan baik. Jangan lupa untuk mengulang materi kuliah yang sudah diberikan oleh dosen, jika perlu dicatat agar bisa dibaca berulang kali. Hal ini sangat penting diterapkan, karena IPK merupakan salah satu kriteria penilaian dalam menjadi mahasiswa berprestasi.

  1. Aktif berorganisasi

Organisasi akan menjadi salah satu wadah temen-temen untuk mengasah dan mengembangkan softskill, nih! Bukan hanya persoalan prestasi akademik, seorang mahasiswa berprestasi juga perlu untuk aktif berorganisasi, lho. Pilih klub atau organisasi yang sesuai dengan hobi dan passion. Bukan hanya itu saja, dengan bergabung dalam organisasi temen-temen dapat belajar bagaimana cara bekerja bersama tim, komunikasi, kesempatan networking untuk membangun hubungan yang berguna dalam jalan karir kedepannya, dan juga mengembangkan skill kepemimpinan. Terlebih, dengan banyak koneksi, temen-temen bisa membuka jalan untuk eksplorasi diri seperti perlombaan, turnamen, ataupun proyek lainnya.

  1. Bersosialisasi dan membangun relasi

Dalam kehidupan sehari-hari di kampus pun, kalian wajib untuk bersosialisasi, baik dengan teman sejurusan, satu organisasi, dosen bahkan karyawan dan satpam di kampus kalian. Jalinlah pertemanan dengan banyak teman-teman dari latar belakang yang berbeda. Dengan pertemanan tersebut, kalian bisa membentuk kelompok belajar, mendiskusikan ide-ide untuk proyek, berbagi dan saling membantu saat ada kesulitan studi, dan juga melakukan aktivitas seru lainnya. Dengan membangun jaringan yang memperluas pergaulan, kalian akan menemukan banyak peluang yang bisa membuatmu meraih banyak prestasi dan menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Open-minded

Terbuka atas saran dan kritikan. Tidak semua orang suka akan kritikan. Nah, rasa egois ini harus kamu hilangkan. Mengapa ? karena ciri-ciri orang maju adalah orang yang mampu menerima segala kritik dan saran yang ada pada dirinya. Mahasiswa yang mempunyai pola pikir maju, tentu akan aware terhadap masukan-masukan yang datang kepadanya. Ia akan bersedia menerima segala kritik yang ada pada dirinya. Tentu tak lain adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan dirinya.

  1. Cari mentor yang tepat dan terbaik

Sistem pembelajaran di bangku kuliah dan bangku sekolah tentulah sangat berbeda, sehingga tak sedikit temen-temen mahasiswa baru yang merasa kesulitan dalam mengejar pelajaran. Namun jangan khawatir, ya! Temen-temen bisa meminta bantuan dengan mencari mentor. Mentor terbaik, alias berpengalaman, bisa membantu dan menuntunmu ke jalan yang tepat. Mereka akan mendukung dengan membantumu untuk terus berjalan dan semangat ketika keadaan menjadi sulit. Mentor terbaik akan mampu memberimu saran dan tips tentang cara menangani situasi tertentu, kemana kamu harus memfokuskan energi mu, dan apa yang harus diprioritaskan.

  1. Sikap tidak merasa unggul atau lebih baik dari yang lain

Salah satu sikap yang perlu untuk dimiliki dalam diri ialah rendah hati dan tidak merasa unggul. Bersaing dengan ribuan mahasiswa lainnya tentu bukan hal yang mudah. Masing-masing kandidat memiliki prestasi yang dapat dibanggakan, termasuk diri kamu sendiri. Namun, merasa tinggi hati atas pencapaian sendiri bukanlah sesuatu yang harus pelihara, ya. Teruslah belajar, berkompromi, toleransi, dan terbuka dengan berbagai perbedaan pendapat.

  1. Jangan takut gagal

Dalam suatu perlombaan, menang dan kalah merupakan suatu hal yang wajar. Meraih juara terkadang tak semudah kelihatannya, kadang perlu jatuh dan kalah berkali-kali untuk memperoleh suatu kemenangan. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan jangan takut menerima kegagalan dalam mencoba sesuatu.

Di ujung, Nadia berharap semoga generasi muda Indonesia semakin kreatif dan inovatif. Di era millenial seperti saat ini, sudah saatnya generasi muda yang maju dan mengembangkan gagasan-gagasan luar biasa yang dapat mengubah negeri ini menjadi lebih baik. Nadia berpesan, agar seluruh generasi muda untuk tidak menyerah dan pantang mundur. Jadilah generasi muda yang kreatif dan tangguh serta berdaya cipta.

Kode Konten: Q128

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.