Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia

Bimbingan dan Konseling UPI (Ayu)

Bimbingan dan Konseling UPI (Ayu)

Hallo tukang ngintip! Oops! hihihi. Perkenalkan, saya Ayu Puji Lestari. Seorang Sarjana Bimbingan dan Konseling UPI. Saya mahasiswa angkatan 2015 dan lulus dengan penuh perjuangan tahun 2019. Selama kuliah 4 tahun, saya punya banyak cerita yang ingin saya bagi untuk banyak orang, khususnya adik-adik yang sedang bingung mencari jurusan pilihannya, semoga tulisan saya sedikit membantu ya! xixi

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bimbingan dan Konseling UPI

Hoho, apa yang terbayangkan? Polisi Sekolah? Tukang marah-marah? Surat Perjanjian? Yang manggil orang tua ke sekolah? Tempat siswa nakal? Ruangannya di pojok sekolah? Ruang yang super duper horror? Haduuuh.. Kejam sekalii jurusan ini, atut deh. Eits! Tapi itu semua salah besaaaar, guys. Kalau guru BK yang ada di sekolah semenyeramkan itu, coba di ajak ke kantin bareng, ajak ngopi deh, terus tanyain, beliau lulusan dari mana? Apakah betul dari Jurusan Bimbingan dan Konseling? Atau, Jurusan Pendidikan Matematika? Seorang Guru yang memiliki background pendidikan Bimbingan dan Konseling pasti memiliki basic skill Psikologi yang kuat banget! Ndak mungkin pemarah xixixi.

promo-web

Guru BK punya cara tersendiri dalam membantu siswa menyelesaikan hambatannya secara mandiri. Did you know? Kalau seorang Guru BK itu tidak memberikan nasihat ketika siswanya memiliki hambatan, lho. Guru BK itu akan menggiring siswanya agar berpikir secara rasional dan solutif agar siswa mampu menyelesaikan hambatannya secara mandiri. Wih, mantap gak? Seorang Sarjana Bimbingan dan Konseling disuapi mata kuliah yang nggak ecek-ecek agar dapat menjadi seorang Guru BK yg Professional tentunya.

Mau tau Mata Kuliah yg paling menyenangkan versi bu Ayu? Oke, ini dia:

  1. Psikologi Anak & Usia Dini (usia 0-12 thn)
  2. Selanjutnya, ada Psikologi Remaja (usia 12-20 thn)
  3. Psikologi Orang Dewasa (>20 thn)
  4. Lalu, Psikologi Umum
  5. Teori Kepribadian (ini bahas tokoh tokoh Psikologi berdasarkan alirannya) Karna mata kuliah ini, biasanya orang BK sering ditanyai “wah, bisa tau kepribadian saya nih, mbaknya?” Hello, Paranormal kali ah!
  6. Bimbingan dan Konseling Keluarga (ini bahas nikah, pesiapan nikah, cara berumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah) Pinangable banget!
  7. Mental Hygiene/Kesehatan Mental
  8. Konseling Individu (teori & praktikum)
  9. Konseling Kelompok (teori & praktikum)
  10. Assessment Psikologis (ini ngukur IQ, Potensi, Minat, Bakat, Kepribadian) Mantep gak?

Gimana nih? Baru 10 mata kuliah yang disebutin, udah mupeng sama jurusan Bimbingan dan Konseling, belum? xixixi

Mata Kuliah dan Tugas Favorit di Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI

Kalau diatas udah disebutin 10 Mata Kuliah, kali ini saya mau bahas 2 favorit saya nih.

  1. Yang pertama, Mata Kuliah Psikologi Anak dan Usia Dini. Seriuuus, ini tuh rame banget! Buat kamu yg berjiwa keibuan, seneng sama anak-anak yang gumush Mata Kuliah ini cocok banget. Mata Kuliah ini diampu selama 6 Semester, dengan uraian sebagai berikut; 1) Psikologi Anak & Remaja; 2) Karakteristik & Kompetensi Usia Dini & Anak; 3) Bimbingan & Konseling Usia Dini & Anak; 4) Studi Kasus Usia Dini &n Anak; 5) Praktik & Supervisi BK Usia Dini & Anak; 6) Seminar BK Usia Dini & Anak. Selama 3 Tahun, kamu akan disuapi mata kuliah yang menyenangkan ini. Lulus dari Mata Kuliah ini, Fix, istri dan suami idaman banget! haha. Dan yang lebih serunya, kita bakal sering ke lapangan, karna praktikum, dan ketemu sama anak-anak kecil yang lucu, sebagai ajang pengaplikasian ilmu kita udah sampai mana nih. Kalau kemarin, saya concern dibagian anak yang mengalami ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), dan belajar banyak mengenai itu. Ramenya di cuekin sama anak ADHD, lari-lari sampai keringetan, cara belajar yang harus bener-bener super duper kreatif dan menyenangkan, karna anak ADHD yang sesuai kebutuhannya susah diem, huft!
  2. Yang Kedua, Mata Kuliah Psikologi Umum. Kenapa Psikologi Umum? Karna basic skills atau nyawanya seorang Konselor/Guru BK itu ada disini. Mau dibawa kemana konseling dan tujuan konseling sangat bergantung dari mata kuliah ini. Cuma 1x di kontrak, alias cuma ada di 1 semester aja. Tapi dipakai disemua mata kuliah selanjutnya, lho! Rame banget, karna di mata kuliah ini, kita jadi tau kita cocok dan akan mengandalkan gaya konseling dengan teori apa saat nantinya. Serius, worth it banget! Ssstt, ini bonusnya ya, jangan bilang siapa-siapa ya? Karna mata kuliah ini, kita bisa kenali kekasih hati kita 87% lebih baik dari orang lain, lho.

Duh, jadi ingin kuliah lagi haha.

4 Konsentrasi Keren di Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI

Konsentrasi apa, nih? Konsentrasi adalah peminatan jurusan yang terbagi menjadi lebih spesifik untuk dipahami dan dipelajari. Di Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI, ada 4 kelompok peminatan/konsentrasi, lho;

  1. Psikologi Anak dan Usia Dini

    Ini konsentrasi yang saya ambil. Konsentrasi ini biasanya terfokus pada jenjang Pendidikan PAUD, Taman Kanak-kanak, dan Sekolah Dasar. Kalian bebas pilih mau main dan praktek dimana. Saya kemarin pilih SD jenjang kelas bawah (kelas 1-3). Terbayang media konselingnya apa? Boneka tangan, kertas lipat yang warna-warni, mobil-mobilan, balon, crayon pensil warna, bola tangan, dll. Cara konselingnya gimana? Ya saya ikuti cara mereka, kalau mereka sambil rebahan, ya saya ikutan rebahan. Mereka duduk selonjoran, saya juga ikut duduk selonjoran. Tentu dengan nada bicara yang harus mereka sukai, lengkap dengan bahasa yang ringan agar mereka lebih paham. Mana ada anak SD lari nangis ke BK karna suatu hambatan? Yang ada kitalah yang harus terlebih dahulu maju mendekati, yaa namanya juga anak-anak wkwk.

  2. Psikologi Remaja

    ini konsentrasi yang kebanyakan mahasiswa ambil, karna cakupannya lebih luas, yaitu jenjang Pendidikan SMP dan SMA/SMK. Kebayang yang dibahas apa kan? Ada tentang emosi, kepribadian, minat dan bakat, karir, sex education, dan hambatan yang biasanya berkenaan mengenai keluarga, sosial, dan akademiknya. Anak dengan rentang usia remaja, sudah dapat memahami makna psikologi lebih kompleks, beda dengan anak-anak yang hanya mengerti bermain, padahal sedang kita konseling, hihi.

  3. Psikologi Orang Dewasa

    ini sih konsentrasi yang sering dicari oleh perusahaan, yang biasanya jadi HRD di sebuah kantor/lembaga nih. Praktiknya kemana? Ke Panti Jompo? Lucu ya? Jangan salah, lulusan dengan konsentrasi ini bener-bener jadi buronan mertua banget! Pandai mengurusi dan memahami mertua gitu deh hahaha. “Saya konsentrasinya Psikologi Orang Dewasa, pak/bu“. “Oke, besok akad sama anak saya ya!”. “…..”

  4. Psikologi Khusus/Populasi Khusus

    hah? Gimana maksudnya bu Ayu? Konsentrasi ini tempatnya anak-anak khusus nan berbakat. Pernah berjumpa dengan anak Slow Learner?. Atau anak yang memiliki hasil IQ diatas rata-rata alias Superior, tapi hasil belajarnya nggak sesuai dengan kapasitas IQnya. Atau anak yang memiliki kebutuhan khusus dan spesial melebihi martabak, menjadi tantangan yang kecil untuk konselor/Guru BK dengan konsentrasi popsus ini.

Observasi ke SD

Tips untuk Calon dan Mahasiswa Baru BK

Pernah nggak sih, ngerasa salah ambil jurusan? “kok gue bisa masuk BK yak?” wkwk. Wajar, penyakit otak mahasiswa baru BK biasanya ya ini haha. Dulu, saya juga begitu, kok. Terlebih, dulu saya lulusan dari SMK Negeri 2 Bandung dengan Jurusan Animasi. Nyambung banget gak sih? Sangking nyambungnya jurusan SMK dan Kuliah, sampai ada yang bilang saya mualaf jurusan hahaha. Tapi, nyasarnya saya pada Jurusan BK, adalah sebuah jalan nyasar yang sangat indah, guys. Dari Jurusan BK, saya jadi bisa mengenal dan selalu berupaya untuk dapat memanusiakan manusia. Tipsnya apa bu Ayu? Cari apa yang kamu sukai di BK, dan tekuni! Ingat, kalau ada ratusan orang yang bermimpi dan mengidamkan posisimu yaitu menjadi Mahasiswa BK yang sedang kamu jalani sekarang, lho!

Prospek kerjanya?

Kerjanya pasti jadi Guru BK. Kamu idola banget buat siswa-siswamu, kalau kamu benar mengaplikasikan ilmu BKmu! Ada yg murtad? Banyak. Banyak yg jadi HRD, Pegawai Bank/kantor. But, it’s up to you!

Kode konten: X405

Komen dibawah! 2

  1. Shofi

    Hello kak 🙂 ! Kak boleh kasih tips nya buat anak ipa yang pengen masuk jurusan ini mungkin rencana yang harus dilakuin dan pengaturan waktu secara garis besar biar bisa manfaatin waktu sebisa mungkin

  2. Dila

    Halo kak, saya ingin bertanya apa bisa anak smk masuk ke Prodi pendidikan bimbingan dan konseling ini, kalau bisa kasih tau dong alasannya xixi

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *