Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia

Bimbingan dan Konseling UPI (Fahmi)

Bimbingan dan Konseling UPI (Fahmi)

Halo intipers. Perkanalkan saya Fahmi Aujar Shidiq, mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling UPI angkatan 2016. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 7 semester di jurusan Bimbingan dan Konseling. Yuk, simak pengalaman saya.

Apa yang diperlajari di Bimbingan dan Konseling UPI?

Sesuai namanya, kita diajarkan untuk melakukan bimbingan dan konseling. Namun di BK UPI di khususkun untuk melakukan bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah karena BK di UPI termasuk ke jurusan pendidikan. Tapi kita juga nantinya akan diajarkan untuk melakukan bimbingan dan konseling kepada orang dewasa (lansia, mahasiswa, populasi khusus) jika mengambil konsentrasi dewasa dan populasi khusus. Apa bedanya konseling dengan bimbingan? bimbingan lebih bersifat pencegahan atau preventif dalam menangani masalah konseli/siswa (biasanya dilakukan oleh satu orang ke banyak orang). Contoh gampangnya, jika kalian melihat motivator di TV sedang menjelaskan sesuatu, kamu juga sebenarnya sedang melihat proses bimbingan. Sedangkan konseling lebih bersifat kuratif. Biasanya dilakukan oleh satu konselor kepada satu orang (konseling individual) atau dilakukan oleh satu konselor ke 2 atau lebih (konseling kelompok). Permasalahan-permasalahan yang biasanya ditangani oleh konselor ketika melakukan konseling adalah mengubah kebiasaan buruk, mengurangi kecemasan, menghilangkan pikiran negatif, dll.

Apa bedanya dengan psikologi?

Jujur, saya kurang tau mata kuliah di jurusan Psikologi. Namun, perbedaan yang mencolok secara sekilas, yaitu di jurusan BK lebih difokuskan belajar bimbingan dan konseling. Kami banyak dijejali mata kuliah berbau konseling dan bimbingan. Contohnya, kami akan mengontrak mata kuliah dasar-dasar konseling, teori konseling, teknik konseling, teori bimbingan kelompok, praktek bimbingan kelompok. Serta di jurusan BK UPI lebih banyak menangani masalah-masalah Pendidikan dan membantu membimbing siswa di sekolah. Selain itu, di BK diberikan mata kuliah- mata kuliah berbau pendidikan seperti mata kuliah landasan pendidikan, evaluasi pendidikan, administrasi pendidikan, dll. (Menurut yang saya dengar dari dosen) ranah Bimbingan dan Konseling juga lebih diarahkan untuk menangani permasalahan yang gejalanya tidak terlalu rumit (setingkat di bawah psikolog).

promo-web

 

Mata kuliah Bimbingan dan Konseling UPI dan Dosen favorit?

Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali, seperti BK Keluarga, Teori Konseling, Teknik Konseling, Dasar-dasar konseling, Teori Bimbingan Kelompok, Praktik Bimbingan Kelompok, Psikologi Umum, Psikologi Pendidikan, dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah bimbingan dan konseling karier dan mata kuliah teori konseling serta teknik konseling. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah Teori Konseling ini adalah karena ketika belajar saya mendapatkan berbagai insight berbagai pandangan teori terhadap permasalahan-permasalah manusia dan bagaimana cara mengatasinya. Contohnya jika menurut teori Kognitif, seseorang merasa stres karena pikiran kita yang tidak irasional. Nah, dengan menggunakan teori tersebut kita harus mengubah pikiran konseli agar kembali rasional menggunakan teknik-teknik yang telah disediakan baik diajarkan langsung oleh dosen maupun melalui teksbook.

Mata kuliah kedua yang bermakna, yaitu Bimbingan dan Konseling Karier. Di mata kuliah ini diajarkan proses bagaimana seseorang bisa memilih suatu bidang pendidikan atau pekerjaan dari berbagai teori. Kita juga diajarkan untuk mengetahui berbagai teori kepribadian dan kaitannya dengan bidang pendidikan dan pekerjaan yang seseorang ambil. Insight dari mata kuliah ini banyak berguna bagi saya dalam mengembangkan media yang sedang saya rintis ini, intipkuliah.com. Sementara, dosen favorit saya Pak Eka dan Pak Ilfi. Menurut saya, mereka bisa menyampaikan hal rumit menjadi hal yang sederhana sehingga mudah dicerna oleh mahasiswa-mahasiswanya.

Konsentrasi di Bimbingan dan Konseling UPI?

Konsentrasi di jurusan BK disebut ontop. Terdapat empat ontop di jurusan BK, yaitu Anak, Remaja, Dewasa, serta Populasi khusus. Jadi setiap ontop per semester memiliki satu mata kuliah yang telah disediakan untuk dipilih sesuai ontopnya masing-masing. Mata kuliah ini bertingkat. Ontop ini menentukkan sasaran kita dalam melakukan bimbingan dan konseling. Misalkan kita mengambil ontop dewasa, kita akan sering melakukan studi kasus dengan mahasiswa, bapak-bapak, ibu-ibu, lansia. Sedangkan di ontop populasi khusus kita akan sering melakukan studi kasus di SLB, anak jalanan, siswa berkubutuhan khusus, dll. Selain ontop di BK juga terdapat bidang-bidang yang akan dipelajari oleh semua mahasiswa, yaitu bidang pribadi, sosial, karier, dan belajar. Jadi pada intinya di jurusan ini akan mengatasi permasalahan konseli berkaitan dengan keempat bidang tersebut.

  • Bidang Pribadi: interaksi konseli dengan diri sendiri, mengatasi masalah pribadi.
  • Bidang Sosial: hal yang berkaitan dengan interaksi siswa dengan orang lain.
  • Bidang Karier: Berkaitan dengan pemilihan pekerjaan, jurusan, mengenali potensi diri, dll.
  • Bidang Belajar: Berkaitan dengan optimalisasi kegiatan belajar sesuai dengan kemampuannya.

Tips-tips untuk Maba di Jurusan BK UPI

Mata kuliah di jurusan Bimbingan dan Konseling ini banyak berkaitan dengan kehidupan. Maka, jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk mengatasi permasalahan yang kita miliki. Banyak dosen yang memberikan saran ketika saya mahasiswa baru. Ilmu yang akan lebih kita mengerti jika di kaitkan dengan pengalaman yang kita miliki dan untuk mengatasi permasalah kita sendiri. Tips lainnya adalah kita harus banyak berlatih kepekaan sosial, bagaimana cara merespon karena jujur itu yang menjadi tantangan saya karena di jurusan BK ini kita banyak observasi ke sekolah terutama semester 4 ke atas, yang di sekolah tersebut kita harus banyak berinteraksi dengan guru dan juga siswa yang perlu konseling untuk studi kasus menggunakan teori-teori yang telah kita miliki dari perkuliahan.

Ikuti organisasi/magang yang kita banget!

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/magang yang kita banget. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di universitas. Diantaranya mengikuti kegiatan himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, magang, dll. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dengan menjadi ketua bidang, ketua acara, dsb. yang  mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang akan kita kenang setelah lulus. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan, jangan ambil terlalu banyak kesempatan/kegiatan! Mungkin pada awalnya, kamu bingung untuk mengambil kegiatan apa yang akan diikuti, pada keadaan tersebut boleh saja kamu ambil banyak kegiatan untuk menyeleksi mana yang paling sesuai dengan diri kamu. Biasanya hal ini terjadi ketika masih semester awal.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan BK UPI kebanyakan menjadi guru BK di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK/sederajat). Namun, ada juga yang kerja sebagai HRD di perusahaan, salah satu contohnya di BPJS Ketenagakerjaan, di BNN (Badan Narkotika Nasional), bekerja sebagai konselor, hipnoterapis, tester di lembaga biro konseling, dosen di universitas, di Bank sebagai kepala cabang, Dinas pendidikan provinsi menjadi widiaiswara bidang pendidikan kejuruan, ada yang pernah jadi Ketua KPAI Jawa Barat. Oh iya, bagi kamu yang berminat membuka praktek sendiri atau mendirikan lembaga konseling kalian harus kuliah lagi di Profesi Konseling 1 tahun atau 2 tahun (lupa lagi). Nanti dapat gelar S. Kons.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Jujur, setelah lulus saya belum mempunyai keinginan untuk menjadi guru BK di sekolah. Rencana saya 1-2 tahun setelah lulus, yaitu ingin fokus mengembangkan terlebih dahulu media informasi karier Intip Kuliah yang saya bangun ini agar jauh lebih berkembang lagi sambil mengeksplorasi peluang-peluang yang ada dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti magang-magang di berbagai pekerjaan. Setelah itu, saya ingin mengasah kemampuan di bidang konseling karier dengan mengikuti berbagai pelatihan/pendidikan karena ingin menjadi ahli di bidang tersebut karena saya liat masih sedikit orang yang mempunyai keahlian tersebut,sedangkan permintaan dari profesi tersebut lumayan tinggi.

Kode Konten: Y193

 

Komen dibawah! 16

  1. maharani733

    hallo, kak!
    aku mau tanya, tadi dijelaskan kalau kakak mau mengasah kemampuan dibidang konseling karier dengan cara mengikuti pelaihan atau pendidikan, nah itu tuh maksudnya kakak kuliah lagi atau bagaimana? masih kuran ngerti aku kak hehe, kepo juga maaf
    satu lagi, setelah kita dapat gelar S.kons itu kita bisa buka praktek, sama kaya psikolog gitu maksudnya kak?
    terimakasih sebelumnya kak

    • admin

      Halo kak terima kasih sudah bertanya. Maksud saya, saya ingin ikut pendidikan formal atau non formal. Saya blm tau pasti pendidikan mana yang mau saya ambil karena memang sedang eksplorasi apa aja yang tersedia. Tp yang pasti, pendidikan formal yang tersedia untuk mengasah kemampuan konseling karier salah satunya adalah pendidikan profesi.

      Setau saya, kewenangannya di bawah psikolog. Tapi banyak juga dari bk yang buka praktek selain ikut pendidikan profrsi mereka juga ikut pendidikan lainnya sehingga bisa jadi hipnoterapi, life coach, dsb.

      Kakaknya udh masuk bk atau baru mau kuliah?

  2. Fahmi Aujar Shidiq

    tes email

  3. zzzk

    permisi kak mau bertanya
    aku masi bingung mau pilih ontop apa? bisa minta tolong jelasin dikit tentang macam2 ontop nya ga kak ? terimakasih sebelumnya

    • admin

      Halo. makasih udah bertanya. masing2 ontop punya konsentrasinya masing2. Tp bidang yg dipelajari sama kok. Semuanya belajar tentang bidang belajar, pribadi, sosial, dan karier. bidang ini penjelasannya ada di artikel saya di atas.

      Misal kamu suka berinteraksi dan menyelesaikan masalah remaja, maka sebaiknya ambil ontop remaja aja karena setiap semester kamu bakalan milih 1 matkul berdasarkan ontop ini. tp mata kuliah lain engga ditentuin sama ontop dan ontop ini engga nentuin km kerjanya di bidang apa dan penelitiannya di bidang apa. Semua tetap bisa ambil penelitian bersasarkan minat mahasiswa nantinya.

      klo tetap bingung, ambil aja berdasarkan kata hati. gakan ngaruh banyak juga kok klo menurut saya kedepannya.

  4. Aniska marcella

    Ka izin bertanya, kalau mau masuk jurusan BK di UPI, mapel yang harus di kuasainya apa? Kaya inti ipa atau apa gitu?

    • Muty Utami

      Sebenernya gaharus bisa matkul apa2 karena belajar dari 0 pas kuliahnya. tp kalau kamu punya minat di mapel sosiologi bakalan terbantu meskipun engga seberapa karena yg penting pas kamu kuliah yg bakalan nentuin.

      Tp menurut saya skill yg sangat berguna di jurusan bk, yaitu kamu bisa liat masalah org lain dr berbagai sudut pandang, tidak judge langsung perilaku org lain, punya minat membimbing, latih trs publik speaking, ngobrol dengan org lain, dan juga menulis makalah dr berbagai jurnal atau buku karena banyak tugasnya bikin makalah

  5. Yusi Fauziah

    Kak maaf izin bertanya, emangnya kalo kuliah di BK UPI harus fasih bahasa Inggris ya kak?

    • Muty Utami

      engga harus bisa kak. tp bahasa inggris itu bantu pas kita ngerjain makalah karena sumbernya yg kebanyakan dari buku dan jurnal yg dari bhs inggris.
      kaya jurusan psikologi hampir mirip sumber2nya.

      klo di persentasikan, sekitar 75% sumber bacaannya berbahasa inggris. tp itu wajar kok bukan hanya di jurusan bk saja. di jurusan lain juga banyak yg sumber2nya sebagian besar bahasa inggris.

      dlu pas saya awal2 kuliah, pake google translate, tp 2 tahun kemudian mulai terbiasa

  6. Melani

    Kak di jurusan BK UPI bisa linjur ga? Soalnya aku di SMA jurusan ipa pengen banget masuk BK UPI

  7. sahrul

    lulusan bk bisa lanjut s2 profesi psikolog kak?

  8. Setia Nurani

    Hallo kak kebetulan saya minat dan ingin ngambil jurusan bk di upi. Saya mau tanya2 kak kalo ngambil jurusan bk di UPI itu bisa lewat snmptn ga ya kak?

  9. maulana yusuf

    kak emang iya kalo mau masuk bk tu mapel b inggris sama sosiologi harus dikuasai?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *