Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia

Bimbingan dan Konseling UPI (Hadifah)

Bimbingan dan Konseling UPI (Hadifah)

Halo sobat intipers! Aku Hadifah Nurul Fikriyah jurusan Bimbingan dan Konseling UPI angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI itu seperti apa?

BK itu adalah jurusan yang sebenernya sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang suka bersosialisasi, atau mungkin sering menjadi tempat curhat, menjadi pendengar yang baik, tapi BK juga ini mempelajari ilmu pendidikan juga, jadi memang kita mempelajari perkembangan peserta didik dan salah satu cabang dari ilmu psikologi. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jadi memang di mata kuliah kita pun ada beberapa yang mempelajari ilmu psikologi, salah satunya psikologi anak remaja, teori konseling, tipe kepribadian, secara singkatnya seperti itu BK di UPI, tapi mungkin masih ada temen yang bingung bedanya BK dengan psikologi, kalau BK gelarnya S.Pd kalau di UPI seperti itu jadi memang lebih ke perkembangan peserta didik itu sendiri.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI?

Dulu alasannya karena aku mungkin dulu kan hidup di asrama enam tahun melihat berbagai tipe kepribadian teman-teman, dan aku alasan sebenarnya dasar sih karena pengen jadi ibu yang baik, dan anak aku berkepribadian yang baik. Karena saat itu aku tidak psikologi, aku lebih ke BK karena tertarik juga dengan dunia kependidikan, dan awalnya memang tidak ingin masuk ke BK, dan liat secara realita karena lingkungan aku hidup berasrama sering bersosialisasi dengan banyak orang, dan sering jadi tempat curhat juga dan akhirnya membuat aku mikir asik sih denger cerita orang kita tuh selalu mendapat perspektif baru ketika mendengarkan cerita orang. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas ada di kita praktikum konseling individual, teori konseling, praktikum bimbingan kelompok, literasi ICT dan media BK, itu mata kuliah yang khas. Kalau secara lapangan atau praktiknya mungkin yang khas tuh praktikum konselig individual, adi kita nyari konseli, lalu kita seolah-olah menjadi konselornya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di UPI itu sendiri ada empat konsentrasi, dan kita mulai mengambil konsentrasi itu di semester tiga. Ada konsentrasi anak, remaja, dewasa, dan populasi khusus tapi mungkin BK di universitas lain beda-beda lagi tapi di BK UPI ada empat. Aku sendiri ngambil konsentrasinya dewasa.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di UPI sendiri, sebenernya semua jurusan masuknya itu ada lima. Jalur masukny itu ada SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri atau SM UPI, prestasi mahasiswa, ada D3. Jadi kalau di BK UPI sendiri kan S1 jadi jalur masuknya ada tiga. Untuk lebih lanjutnya bisa dilihat di website upi official, disana ada tangaal-tanggal jalur masuk UPI dibuka. 

Ada tips buat mahasiswa baru Bimbingan dan Konseling UPI?

Untuk adik-adiku dan teman-teman yang mau masuk jurusna BK. BK tuh kalau menurut aku harus dinikmati gitu dan kita pun mempelajari ilmu kehidupan, sekalipun ada diantara temen-temen masuk ke BK itu terjerumus, yang penting menjalaninya ikhlas dan dinikmati bakal banyak pelajaran-pelajaran yang bakal langsung kita aplikasikan ke diri sendiri. 

Untuk temen-temen, adik-adik yang lagi mengeluh dengan tugas yang masya allah yang banyak yang penting nikmatin nanti insyaa allah bakal kerasa untuk kita sendiri dan prospek kerja pun insyaa allah banyak.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Gelarnya pun S.Pd, prospek kerjanya pun jadi guru BK S1. Mungkin teman-teman yang ingin menjai konselor, bisa ngambil PPK atau Pendidikan Profesi Konselor, nanti gelarnya Kons. Tapi untuk PPK ini mungkin belum terlalu banyak. Kita bisa jadi konselor pernikahan, keluarga, industri, jadi bukan hanya di bidang pendidikan aja. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Semoga bisa 3,5 tahun, setelah lulus pengennya PPK dan lebih fokus mengambil konseling pernikahan dan keluarga seperti itu. Kalau ada rezekinya tentunya pengen jadi guru BK.

Kode konten: C372

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *