Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia

Bimbingan dan Konseling UPI (Novia)

Bimbingan dan Konseling UPI (Novia)

Halo sobat intipers! Aku Novia Lestari dari Bimbingan dan Konseling UPI angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Bimbingan dan Konseling UPI itu seperti apa?

Secara umum kita banyak mempelajari perihal dunia pendidikan, juga psikologi. Kita belajar perkembangan individu, tingkah laku individu dalam konteks pendidikan. Jadi, jurusan ini cocok banget buat temen-temen yang suka psikologi dalam lingkup pendidikan.

unisa

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Bimbingan dan Konseling UPI?

Pertama karena aku punya minat di bidang Psikologi terus didukung dengan beasiswa yang aku ambil. Awalnya aku pengen masuk Psikologi murni, tapi kebetulan aku lolos beasiswa Kemenag di jurusan ini. Aku gak mau ambil kesempatan ini, makanya masuk ke BK UPI.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Bimbingan dan Konseling UPI?

Mata kuliahnya itu ada 3 lingkup. Lingkup pendidikannya kita belajar Landasan Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Pedagogi, Kurikulum dan Pembelajaran, Evaluasi Pendidikan. Lingkup Psikologinya itu kita belajar Psikologi Umum, Psikologi Pendidikan, Psikologi Anak dan Remaja, Psikologi Orang Dewasa. Lingkup Bimbingan dan Konselingnya belajar Teori Konseling, Praktikum Konseling, Praktikum Bimbingan Kelompok, Etika dan Profesi BK, Komunikasi dalam BK, jadi belajar teorinya sama praktiknya juga sampai nanti ada mata kuliah Studi Kasus dan Seminar BK.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 konsentrasi, yaitu Anak, Remaja, Dewasa dan Populasi Khusus. Konsentrasi itu mempelajari perkembangan, tugas perkembangan dan permasalahan di setiap tahap perkembangan mulai dari anak hingga dewasa. Kalau populasi khusus itu condong pada anak berkebutuhan khusus maupun anak yang berbakat.

pmb2-min

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada SNMPTN, SBMPTN, SM UPI. Selain itu ada jalur beasiswa, seperti yang saya tempuh juga. Info tentang SM UPI bisa diakses di pmb.upi.edu

Di UPI sendiri jurusan BK ini masuk top 10 jurusan yang paling banyak diminati, jadi bisa dibilang keketatannya lumayan juga. Kuota tiap angkatannya itu 80 – 90 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Di BK itu kita belajar mata kuliah yang berhubungan banget dengan kehidupan sehari-hari, jadi kita harus bener-bener dipelajari karena kita bisa kuliah sambil ‘berobat diri’ karena  ilmunya selain bisa diterapkan ke orang lain nanti tapi bisa diterapkan ke diri sendiri. Terus harus mau juga mengembangkan keterampilan sosial, karena kita dibutuhkan banget untuk bisa empati, peka, dan sebagainya. Memang BK itu terkenal tugasnya banyak, tapi jangan dulu mengeluh karena berguna banget ilmunya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja itu memang kita dibentuk untuk menjadi seorang guru BK atau konselor ya, tapi di samping itu banyak juga alumni yang menjadi enterpreneur, kerja di suatu lembaga yang bergerak di bidang psikotes dan konseling, dan masih banyak lagi.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengen lanjut ke program profesi guru BK dan pengen lanjut S2 Psikologi Terapan di UI.

Q&A

  1. Bedanya sama jurusan Psikologi apa?

Kalau dibilang sama ya enggan juga, karena beda antara Psikologi dan BK, hanya saja memang kita belajar dasar-dasar teori BK. Psikologi dan BK itu punya ranahnya masing-masing, ketika masalah anak atau siswa udah masuk ranah kejiwaan atau mengalami gangguan berdasarkan buku PPDGJ maka itu sudah masuk ranah Psikologi, jadi kita referal ke Psikolog.

  1. Nilai UTBK nya berapa?

Kalau nilai UTBK itu beda-beda tiap tahunnya ya, jadi menurut aku ga bisa jadi acuan tetap di tahun ini apalagi di tengah kondisi pandemi. Setelah dicari tahu, saya mendapat informasi skor UTBK BK UPI itu di tahun sebelumnya kurang lebih 680.

Kode Konten: Y261

Komen dibawah! 2

  1. mithaahya

    wahh makasih banyak ya ka infonya berguna sekali untuk saya yg akan menjadi camaba bk upi tahun ini☺?

  2. Melani

    Kak mau tanya jurusan BK UPI itu bisa linjur ga? Soalnya aku di SMA jurusan ipa pengen banget masuk bk upi

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *