Bimbingan dan Konseling Islam

Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak (Rita)

Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak (Rita)

Assalammu’alaikum teman-teman semuanya…  Perkenalkan namaku Rita Silvia biasa dipanggil Rita. Aku kuliah di Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak angkatan 2018. Ya, pada mulanya jurusan ini bukan pilihan sih. Tapi, karena pilihan pertama nggak lulus jadinya disini deh. Terus, setelah seminggu menjadi mahasiswa bimbingan konseling Islam, rasanya aku langsung jatuh cinta. Secepat itukah? ya… karena aku sangat menikmati takdir ini, hehe. Aku percaya, sesuatu yang Allah takdirkan untuk kita pasti yang terbaik untuk hamba-Nya. Seperti ayat berikut ini, yang artinya “Bisa jadi kamu amat membenci sesuatu, padalah sesuatu itu amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu bisa jadi sesuaitu amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahuinya.” (QS. Al- Baqarah: 216). Kutipan ayat cinta tesebut menggambarkan tentang takdir kita. Dimana kunci kehidupan itu hanya tiga, yaitu jalani, nikmati dan syukuri. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak ?

Jadi, bimbingan konseling Islam itu pada dasarnya sama dengan bimbingan konseling umum. Hanya saja, yang membuat beda adalah lebih berbasis keIslaman. Misalnya nih, dalil yang berkaitan dengan bimbingan konseling terdapat dalam surah berikut, yang artinya : “Maka, berbicaralah kamu kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia sadar atau takut. (QS. Thaha:44) . “Demi masa, Sungguh manusia dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman dan melakukan amal kebaikan, saling menasehati supaya mengikuti kebenaran dan saling menasehati supaya mengamalkan kesabaran.” (QS. Al-Ashr:1-3). Nah, dari beberapa contoh ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling Islam itu berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist.

Mata kuliah yang dipelajari juga sama dengan BK pada umumnya, seperti dasar-dasar BK, teori dan pendekatan BK, psikologi umum, psikologi kepribadian, psikologi perkembangan, BK individu, BK kelompok, psikologi konseling, komunikasi konseling, konseling lintas budaya, keterampilan konseling, dan masih banyak lagi. terus, mata kuliah konseling berbasis Islamnya seperti tafsir BK, hadist BK, ilmu komunikasi Islam, dan beberapa mata kuliah dakwah lainnya.

Mitos atau Stereotip di jurusan Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak

Ada hal yang paling mencolok dalam persepsi orang mengenai BK, katanya guru BK itu terkenal galak. kerja santai, bisa baca pikiran orang.  Tapi, sebenarnya nggak juga kok. Kalau galak itu ya tergantung orannya. Bisa jadi bentuk wajahnya terlihat garang aja. Kerja santai? oke ini pernah menjadi asumsiku ketika pertama milih jurusan ini karena intinya ya buat penuhin pilihan aja. Aku pernah berada diposisi dimana aku befikir “Ambil BK aja deh, kan kerjanya santai. apalagi jadi guru nggak jelasin materi tapi dapat gaji.” Hm… ternyata eh ternyata… sebelum ke proses santai itu ada proses yang harus dipahami dong, bagaimana cara mempelajari ilmu itu hingga kita benar-benar paham. Jika di BK masalah sendiri nggak bisa selaikan masalah sendiri gimana mau selesaikan masalah orang lain.

Bisa baca pikiran orang? iya aku juga pernah berfikir demikian. Karena, emang BK itu beda tipis sama psikolog. Kalau psikolog mengatasi yang abnormal, BK mengatasi yang normal. Menariknya nih temen-temen, yang awalnya jurusan ini adalah keterpaksaan. Ternyata, setelah aku buka-buka berkas lama, aku nemuin berkas hasil test IQ ketika SMA. Hasilnya, aku nggakk salah jurusan, karena aku dominan otak kiri dan kecerdasan majemuknya yaitu kecerdasan interpersonal. Profesinya seperti, ahli psikologi, ulama, ahli terapi, konselor, dsb. Pantesan, rasanya baru seminggu masuk udah cinta aja. Hehe.

schooters

Tugas kuliah di Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak gimana?

Makalah adalah tugas pokoknya, referensi yang jelas adalah kekuatannya. Kalau referensi yang nggak jelas? ya otomatis di revisi. Lebih mantapnya lagi, harus bisa membuat karya tulis. Semester satu udah observasi lapangan, semester empat udah buat beberapa media yang di gunakan dalam proses konseling, serta argument itu wajib banget.

Apa mata kuliah favoritku?

Mata kuliah favoritku yang berhubungan dengan psikologi, walaupun pada dasarnya teori BK itu berasal dari ranah psikologi. Mata kuliahnya seperti psikologi umum/kepribadian/perkembangan yang diampu oleh Bu Kiki Amalia, M. Psi., Psikolog dan Bu Dr. Hj. Fitri Sukmawati, S. Psi., M. Psi., Psikolog. Ada juga dosen BK favoritku yang mengampu mata kuliah BK individu, praktikum BK individu yaitu ketua prodi BKI, Bu Dr. Hesty Nurrahmi, S. Pd., M. Pd. Kenapa hanya mereka menjadi favorit? sebenarnya banyak, karena cara memberikan penjelasnnya sangat bisa dibayangkan, kata-kata yang mudah dimengerti, serta penjelasan santai tapi terarah.

Konsentrasi apa saja yang ada di BKI?

Konsentrasi yang ada di BKI khususnya IAIN Pontianak, ada dua. Pertama, konsentrasi perkawinan dan keluarga. Kedua, konsentrasi Keagamaan. Tapi, konsentrasi tersebut dipilih ketika semester enam. Ya, walaupun aku baru semester empat, aku sudah punya rencana mengambil konsentrasi perkawinan dan keluarga. Kenapa? alasannya, karena ilmu itu bisa diterapkan dalam rumah tanggaku kelak, hehe.

Prospek kerja/ alumni kerja dimana aja?

Untuk BKI itu sendiri karena berbasis Islam sesuai namanya, prospek kerjanya sangat luas. Seperti, KUA (kantor urusan agama), lapas, rumah sakit, bisa juga menjadi guru BK atau mengambil profesi konselor. Kenapa kita ditempatkan di lapas dan rumah sakit? itu karena ada beberapa rumah sakit dan lapas yang membutuhkan siraman rohani, seperti konseling rohani.

Tips kuliah di jurusan ini

Ikuti saja alurnya, bila perlu pikirkan dengan matang konsentrasi apa yang akan kita pilih nanti. Supaya, kita bisa mempersiapkannya mulai dari awal. Dijurusan ini juga kita bisa melatih kepekaan atau rasa empati kita terhadap orang sekitar. Secara tidak langsung, kita bisa mengukur kemampuan yang kita dapakan kita dalam menerima materi.

Hal menarik dijurusan BKI

Menurutku, sejak pertama mendapatkan ilmu tentang BK, rasa cinta yang aku terima dari BKI itu semakin besar. Sebab, kita bisa membantu orang lain menyelesaikan masalahnya. Kita juga tidak hanya mendapat ilmu dunia, tapi juga menabung ilmu akhirat dengan kata dasar “HARUS IKLAS”. Secara betahap, kita bisa mempelajari kepribadian diri sendiri dan orang lain. Lebih otomatisnya lagi, kita mempelajari masalah hati dan teknik penyelesaiannya.

Kode Konten: X181

ritasilvia
Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam'18 Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Komen dibawah! 28

  1. rahmadaniilhamnst

    assalamualikum kk
    perkenalkan nama sayarahmadani ilham nst
    skrang kuliah di uin suska riau
    jurusan BKI jga kk
    angkatan 18

  2. Nisa

    Assalamu’alaikum kak,
    Saya Nisa kelas 12
    Maaf kak saya ijin bertanya ya,
    Saya punya rencana mengambil jurusan BKI tapi saya masih bingung cara masuk jalur BKI itu apa saja kak, apa cara masuknya sama dengan BKI IAIN lainya maupun Universitas lainya atau berbeda ya kak.

    Terimakasih kak ?

  3. Rizki

    Bantu menjawab, jalur masuknya lewat spanptkin atau umptkin, iya cara masuknya sama kak kalau masuk di UIN,IAIN atau STAIN

  4. Najwa S

    Kalau boleh tau, kaka masuk jurusan ini melalui jalur apa? Semisal span-ptkin, berapa nilai rerata yg diperlukan? Dan semisal um-ptkin, berapa skornya?
    Terima kasih kak.

  5. karimatul yusro

    kak..sya bingung mau kuliah jurusan apa.??

  6. Nuranei

    Asslamualaijum.
    Mau bertanya, apakah jurusan ini lulusannya bisa mengajar BK, lalu ijazahnya apakah bisa dianggap linier atau tidak jika ingin mengambil sertifikasi pendidik (PPG)

    • ritasilvia

      Jika merujuk pada ABKIN (Asosiasi bimbingan dan konseling Indonesia) setiap mahasiswa yang lulus di jurusan bimbingan konseling baik Islam atau umum disebut konselor. Namun, jika ingin mendapatkan gelar Kons (konselor) maka harus mengambil profesi dulu kak. Dalam BK Islam sendiri dia boleh menjadi guru BK, tetapi harus mengambil bagian pendidikan. Karena BKI itu ranahnya bagian umum.

  7. Nafa salsabila

    Halooo kaa saya nafa salsabila
    Salam dari cirebon
    Saya salah satu calon BKI ka alhamdulillah kemarin saya di terima di IAIN cirebon jurussan BKI

  8. Anisa

    Haii kak, aku juga lolos tahun ini di BKI UINSA lewat jalur span-ptkin, tetapi keadaan gak memungkinkan untuk melanjutkan:’))

    • Rita Silvia

      Alhamdulillah barakallah ya..
      Tetap semangat menggapai cita-cita ?kalau ingin cerita bolehh DM ig @_ritasilvia

  9. P

    Hayy kk aku Mau tanya dong,kalau mau Ambil jurusan bki harus tau agama yaa?

    • Rita Silvia

      Pada intinya yang penting kita tau dasar² dari agama aja. Nanti seiring berjalannya waktu bisa nambah ilmu nya kak

  10. NURMANSYAH SURYADI ANGGARA

    Assalamualaikum. Wr. Wb.

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Angga, almuni S1 PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Saya mempunyai dua pertanyaan yang ingin saya tanyakan.
    1. Apa gelar yg didapat setelah Lulus S1 dari Jurusan BKI ?

    2. Apakah lulusan BKI bisa bekerja di Lembaga Formal seperti Sekolah atau Madrasah ?

    Sekian.
    Wassalam

    • Rita Silvia

      Waalaikumsalam. Terima kasih pertanyaan nya. Karena kita berada di lingkup umum jadi gelarnya S. Sos kak. Kalau kerja di lembaga formal harus mengambil profesi dulu, soalnya ranah kita umum seperti penyuluh agama, KUA, lapas, dan bisa juga jadi konselor kunjungan. Sebenarnya dari segi yang dipelajari juga banyak mengenai sekolah, tetapi hal itu hanya tambahan saja kak

  11. Dwi nawang

    Assalamualaikum kak saya mau tanyak
    Saya kan niatnya setelah tamat Aliyah ini pengen lanjut kuliah dibidang BKI
    Nah kira kira gampang atau susah susah ya kak
    Aku takut gitu kak

    • Rita Silvia

      Waalaikumsalam. Menurut sy sih kita yang penting ada niat aja in syaa Allah dimudahkan. Karena yang menjadi objek dalam konseling itu manusia seperti yang kita tau manusia itu beragam sifat, prilaku dll, jadi banyak-banyak menguasai teori

  12. Jihan Maghfirah

    Assalamualaikum kaa,, sya jihan
    Sgt berminat utk masuk BKI, tetapi bbrpa org yg sya tnyakan kurg mndukung utk msuk jrsn tsb, sy suka jdi ragu kmbali, sya ingin masukan dri kakak, yg bisa membuat sya yakin dg pilihan sya ini

  13. Mashitoh

    Assalamualaikum kak, saya mau bertanya, apakah semua mata kuliah jurusan bki itu sama semua univesitas kk?

  14. Ahmad Nailur Rofiqi

    Assalamualaikum wr wb
    Saya mau bertanya
    Apakah betul kak, di prodi Bimbingan Konseling Islam bisa menjadi Konsultan?
    Dan apabila bisa, mohon Langkah²nya.
    Terimakasih.

    • Rita Silvia

      Waalaikumsalam. Wah maaf banget baru balas.. lulusan BKI bisa menjadi Konselor ya, mungkin yang kamu maksud itu konsultan. Langkah²nya akan dipelajari di mata kuliah nanti sesuai dengan pendekatan yang digunakan

  15. Rita Silvia

    Waalaikumsalam. Wah maaf banget baru balas.. lulusan BKI bisa menjadi Konselor ya, mungkin yang kamu maksud itu konsultan. Langkah²nya akan dipelajari di mata kuliah nanti sesuai dengan pendekatan yang digunakan

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *