Bimbingan dan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri

Bimbingan Konseling Islam UIN Padang (Siti)

Halo sobat intipers! Aku Siti Aisyah Raihanah. Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN Padang angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang?

Jurusan ini mirip-mirip BK umum, cuman bedanya tuh di tahap dan metode sama penerapannya, terus lebih fokus ke rohanian gitu. Kalau BK Islam itu lebih fokus ke rohaninya, sedangkan yang umum pendidikannya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau segi dasar sama, cuman kalau fokus objeknya bisa beda. Objeknya itu sebagian besar masyarakat yang umur dewasa, sedangkan BK umum itu rata-rata anak sekolah gitu. Rata-rata orang yang mau nikah, kerja gitu. Kalau di BKI mata kuliahnya itu yang itungannya cuman statistika sama ilmu alamiah dasar aja.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang?

Kalau alasannya dulu itu sering curhat ke BK masalah jurusan untuk melanjutkan ke kuliah, ngerasa nyaman sama guru BK, disarankan sama orang tua buat ambil yang pendidikan, tapi aku gak minat jadi guru, tapi sukanya BK. Kemudian aku gak dapet yang di umum, terus karena mirip-mirip jadi ambil aja yang disini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Sama sih kaya BK umum, yaitu teknik labor konseling. Teknik labor konseling ini ada di dua semester, teknik labor umur 1 sama teknik labor umum khusus. Kalau teknik labor umum itu kita belajar berkomunikasi dengan klien ada cara-cara khusus dalam topik tertentu, kalau contoh masalahnya itu misalnya dia gak nyaman di kelasnya, terus nanti kita membantu dia gimana caranya keluar dari masalah tersebut.

Kalau teknik labor khusus itu kita mempelajari masalah-masalah yang enggak umum contohnya masalah LGBT, bagaimana sih kita cara nanganin klien yang pengen keluar dari LGBT. Kita diajarkan cara-cara khususnya untuk membantu mereka.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi di jurusan bimbingan konseling islam gak ada.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kebetulan kan kampusnya UIN, jadikan kalau UIN jalur masuk nasionalnya kan ada dua yaitu SPANPTKIN dan UMPTKIN. Kemudian ada jalur mandiri, SPMB Mandiri namanya. Kemudian ada jalur masuk seleksi penerimaan mahasiswa asing, yang keempat itu ada jalur prestasi akademik, olahraga, sains dan keolahragaan. Informasi lebih lanjutnya bisa diakses di uinib.ac.id

Ada tips buat mahasiswa baru Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang?

Kalau tips gak ada, tapi kalau kuliah harus bisa bersosialisasi dan tau cara emnghadapi dosen. Tugas harus dikasih tepat waktu, kalau presentasi aktif, jawab pertanyaan atau ikut bertanya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospeknya itu macem-macem. Ada yang kerja jadi penyuluh agama, konselor, depsos, di lapas, di BP4 yang urusan perceraian, bimbingan pranikah.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Aku pengen cari kerja jadi konselor, kalau bisa pengen lanjutin S2.

Kode konten: C616

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *