Biologi, Institut Teknologi Bandung

Biologi Institut Teknologi Bandung (Hana)

Biologi Institut Teknologi Bandung (Hana)

Halo teman2 intipers! Kenalin aku Hana Verdiani dari Jurusan Biologi ITB Angkatan 2017. Kali ini giliran aku yang bakal sharing dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara Umum, jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung itu seperti apa?

Jurusan biologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang kehidupan. Disini kita belajar mulai dari organisme yang sangat kecil seperti bakteri dan virus sampai organisme multiseluler yang kompleks kaya manusia, hewan dan tumbuhan di semua tingkat orgasnisi kehidupan pada mahluk hidup dari molekul hingga bioma. Berbeda dengan jurusan biologi di tempat lain yang lebih konvensional disini kita difasilitasi untuk menerapkan teori kelas menggunakan sentuhan teknologi yang memumpuni. Mungkin buat temen-temen yang tertarik bisa buka link yang aku insert ini ya untuk lebih lanjut melihat bagaimana profil program studi sarjana biologi di ITB. https://www.youtube.com/watch?v=S-EUNn9omPc 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa alasan memilih jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung?

Jadi sejak tahun 2015, pas aku duduk di bangku SMA kelas 10 aku udah suka banget sama biologi. Aku sempet juga ikut perlombaan2 yang related ke keilmuan hayati, hal ini cukup memupuk rasa suka aku terhadap ilmu biologi. Dan aku tau banget masa-masa SMA itu kecintaan terhadap mata pelajaran sangat bergantung pada guru yang mengajar juga aku rasakan saat aku duduk di bangku SMA. Termasuk biologi dimana gurunya menyenangkan walopun bukan ilmu yang kata orang harus hafal mati loh. Setelah aku masuk ke Biologi ITB secara holistik pandangan aku terhadap hal itu berubah 180 derajat. Dengan memadukan antara teori dan pengaplikasiaanya membuat jurusan biologi sangat menyenangkan. Ditambah lagi dengan teknologi yang tersedia di SITH.

Apa mata kuliah dan tugas khas yang ada di jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung?

Bagi aku yang paling membuat jurusan biologi ini menarik adalah matakuliah yang berhubungan dengan ilmu genetika molekuler dan ekologi. Genetika molekuler ini luas ya ada banyak matakuliah yang aplikatif yang masih berhubungan dengan ilmu genetika seperti genetika akuakultur disini kita belajar genetika khusus dalam bidang akuakultur, terus ada modifikasi genetika untuk agrikultur disini singkatnya kita belajar bagaimana melakukan kegiatan perekayasaan tanaman di level genomenya terus ada juga yang aplikatif ke Kesehatan kaya mata kuliah terapi gen yang belajar beberapa cara pengobatan menggunakan agen biologis. Terus yang lainnya adalah ekologi.

Hal menarik disini karena ada kuliah lapangannya dan seruuuu banget! Kuliah lapangan bukan cuman memenuhi kewajiban akademik tapi kita juga bisa sambal liburan loh. Diantaranya mulai dari pergi ke kebun binatang bandung, hutan di Jatinangor sampai ke Taman Nasional Baluran. Kalau untuk tugas khas menurut ku karena kita belajar mulai tingkat organisasi kehidupan paling rendah di tingkat molekul hingga bioma jadi setiap mata kuliah tertentu di level organisasi tertentu punya kekhasannya masing-masing.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

GBM (Genetika dan Bioteknologi Molekuler) mempelajadi tingkat organisasi paling rendah terutama berputar2 dalam urutan genome DNA, RNA dan protein untuk melakukan kegiatan perekayasaan gen, metabolit hingga penyakit tertentu.

Sains dan bioteknologi tumbuhan (SBT) menggunakan tumbuhan sebagai objek penelitian yang aplikasinya luas sekali misalnya bermain dengan tumbuhan untuk menghasilkan suatu metabolit tertentu, menghasilkan tumbuhan dengan kualitas yang baik, meningkatkan plant growth dll.

Fisiologi Perkembangan hewan dan Sains Biomedika menggunakan objek manusia hingga hewan model seperti mencit untuk mengaplikasikan perkembangan dan prinsip biomedis.

Ekologi : mendalami alam dengan mempelajari ekosistem lebih jauh lagi misalnya belajar konservasi, biodiversitas dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan (umumnya)

Apa saja jalur untuk masuk ke jurusan ini?

Masuk ke ITB itu tidak seperti univ atau institusi lain jadi kita masuk sebagai mahasiswa fakultas baru memilih jurusan. Jadi aku masuk ke fakultas Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Sains yang didalamnya terdapat dua jurusan yaitu biologi dan mikrobiologi. Jalur masuknya sih sama aja melalui SNMPTN, SBMPTN atau mandiri. Daya tampung fakultas SITH-S sampai 120 orang.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Walaupun biologi tapi di tingkat 1 mahasiswa sith tetep harus melewati TPB (Tahap Persiapan Bersama) dan disini belajar seperti di SMA ada matematika fisika kimia. Mungkin akan down karna salahsatu porpos dari tahap ini adalah sebagai standarisasi awal karnakan yang masuk ITB dari seluruh Indonesia. Belajarlah pada teman yang pintar, rajin mencicil materi dan semangat No 1.

Bagaimana prospek kerja dan alumni biasanya bekerja dimana?

Lulusan biologi itu prospeknya sangat luas. Alumni biologi itu menyebar ke berbagai bidang. Bisa ke Industri makanan, kosmetik, obat, instansi pemerintahan, organisasi lingkuangan hidup sampai Lembaga penelitian. 

Kode konten: C358

Komen dibawah! 1

  1. Fikri

    Halo kak , aku mau nanya persiapan apa aja sih untuk masuk ke biologi ini, misalnya apa aja yang harus dilakuin dari kelas 10 soalnya aku masih kelas 10 nih kak. Atau apa aja tips nya biar bisa keterima di jurusan ini. Terima Kasih kak 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *