Biologi, Institut Teknologi Bandung

Biologi ITB (Ayung)

Biologi ITB (Ayung)

Halo sobat intipers! Aku Ayung Fahroji dari Biologi ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Biologi ITB itu seperti apa?

Kita belajar fisiologi, anatomi, interaksi antara makhluk hidup dengan sesama atau dengan lingkungannya, tapi untuk sekarang lebih fokus ke molekulernya, misalnya perkembangan sel kanker, terus lebih ke studi bioinformasi juga.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Biologi ITB?

Ada dua sih, alasan masuk SITHS itu kan biologinya lebih ke molekuler jadi kalau kita bisa lebih kulit yaitu molekuler jadi lebih gampang belajar yang lebih mudahnya. Kalau masuk Biologi itu karena yang mencakup ilmu hayati di lab dan lapangan itu lebih ke Biologi daripada mikrobiologi dan karena emang saya pengen ke bidang konservasi.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung?

Ada yang namanya matkul proyek yang setiap akhir semesternya kita dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama 1 semester melalui penelitian. Ada proyek penelitian anatomi dan fisiologi hewan di semester 3,  saya sendiri penelitiannya itu menentukan pengaruh buat bit terhadap eritrosit dari mencit. Semester 4 ada proyek sains tumbuhan, semester 5 proyek ekologi dan semester 6 ada proyek biologi sel dan molekuler.

Salah saru pengalaman praktikum paling berkesan di semester 5, kita cape banget tapi seru karena kuliah lapangannya dua kali yaitu kuliah lapangan besar dan kecil. Kuliah lapangan besarnya itu ke Taman Nasional Baluran, kita ngerjain proyek di sana. Semester 6 itu ada matkul Biologi perilaku, jadi ngeliat perilaku organisme untuk adaptasi itu seperti apa, interaksi yang dibentuk organisme itu gimana da itu seru!

Mata kuliahnya itu banyak, ada genetika, biosistemaris, perkembangan hewan, molekuler, yang dari mikrobiologi juga ada.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan Biologi ITB?

Belum ada keahlian, tapi di SITH sendiri ada genetika dan bioteknologi molekuler fokus ke genetika sama molekuler, sains dan bioteknologi tumbuhan itu kaya kultur jaringan, fisiologi perkembangan hewan dan sains genetika fokus ke anatomi dan fisiologi hewan, studi kanker, toksikologi, diferensiasi sel. Ekologi juga ada yang fokusnya ke ekosistem secara luas, bidang konservasi. Teknologi kehutanan itu fokus ke pemodelan bentang alam, sama restorasi pasca tambang. Bioteknologi mikroba itu lebih kepada pemanfaatan mikroba di kehidupan. Terakhir ada MSDH atau manajemen sumber daya hayati itu gabungan ekologi tambah teknologi kehutanan, pemodelan bentang alam dan memvaluasi jasa ekosistem untuk kehidupan.

Kelompok keahlian bisa dipilih di semester 7 untuk menunjang TA.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Di Sekolah Ilmu Teknologi dan Hayati Sains itu ada 3 jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri. Informasi lebih lanjut bisa liat di usm.itb.ac.id

Kuota perangkatan berkisar 120-140 orang, terakhir di 2019 itu 140, untuk Biologi sekitar 80 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Di Biologi itu kita dituntut banyak mengenal hewan, kaya tikus lab, kecoa, cacing itu udah biasa jadi jangan terlalu takut, harus mengurangi ketakutannya. Banyak laporan praktikum karena praktikumnya juga banyak terus sebelum praktikum juga ada jurnal praktikum dan itu harus diselesaikan dengan baik, makanya haru pinter manajemen waktu, pikiran, emosi juga karena emang bakal cape. Kalau ada masalah juga jangan ditutupi biar kita bisa menyelesaikan masalahnya.

Praktikum itu paling banyak 4 kali seminggu, jadi laporaan itu setiap minggu ada 3 sampai 4 ya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan Biologi ITB?

Biologi murni itu lebih luas, gak terlalu fokus ke pendidikan. Bisa ke ranah konservasi kaya taman nasional, di kementrian kaya kementrian lingkungan hidup, kementrian pertanian juga bisa. Kalau industri bisa di industri pangan, perminyakan, di bidang restorasi dan remediasi bisa. Kalau mau jadi peneliti bisa di LIPI, lab forensik Polri, rumah sakit.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya mau kerja dulu terus kalau ada kesempatan mau melanjutkan pendidikan.

Q&A

  1. Kenapa pilih ITB dan jurusan ini cocok untuk mahasiswa seperti apa?

Saya ngerasanya kuliah paling jauh ke Bandung, ada kakak tingkat di ITB juga jadi makin pengen di ITB aja. Kalau mahasiswa seperti apa itu semua mahasiswa juga bisa, yang penting punya tekad.

  1. Prospek kerjanya dan stigma di masyarakat seperti apa?

Stigma itu banyak disangka nanti setelah lulus dikira cuma bakal bisa jadi guru, ngajar SMP atau SMA tapi ternyata enggak karena prospeknya juga luas seperti yang sudah dijelaskan.

Kode Konten: Y276

Komen dibawah! 3

  1. citra

    Kak, memilih keahlian itu berdasarkan Labor? Laboraturium untuk jurusan biologi ada berapa kak?
    mengenai bahan praktikum itu kita yang nyari sendiri atau bagaimana kak?
    sistem ujian praktikumnya seperti apa kak?

    • fahrojia

      Kalau untuk keahlian biasanya kita diberi pilihan mau masuk kelompok keahlian mana. Biasanya semester 7 sudah mulai masuk kelompok keahlian.
      Kalau untuk laboratorium ada beberapa macam sesuai kelompok keahliannya seperti Lab ekologi terestrial, lab perkembangan hewan, lab genetika dan lainnya.
      Mengenai bahan praktikum kebanyakan sudah disiapkan namun ada beberapa bahan seperti hewan praktikum misalnya kecoak, jangkrik, katak terkadang harus mencari sendiri.
      Untuk ujian praktikum biasanya praktik mengenai semua yang dipelajari selama setengah semester. Ada mata kuliah proyek yang diakhir semester kita harus melakukan penelitian kecil dan ujiannya mengenai hal yang dilakukan selama penelitian kecil tersebut dan membuat karya tulis.
      Sekiranya itu yang dapat saya jawab.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *