Biologi

Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim (Nida)

Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim (Nida)

Hallo, readers! Kenalin nama saya Nida Annisa Sholeha, mahasiswi angkatan 2019 jurusan Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman selama berkuliah di kota hujan. Silahkan ambil posisi rebahan ternyaman ditemani camilan favorite kalian masing-masing dan selamat membaca ya teman-teman!

APA YANG DIPELAJARI DI BIOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG?

Biologi merupakan salah satu cabang ilmu sains yang mempelajari keseluruhan makhluk hidup. Kenapa kok sampai keseluruhan? Di perkuliahan akan diajarkan tentang makhluk hidup mulai dari tingkat terendah yaitu sel. Bahkan, di semester awal nanti mahasiswa baru akan diajarkan apa sih hubungannya ilmu kimia yang di SMA dulu belajar tentang atom bisa berhubungan erat dengan Biologi dan juga kehidupan.

Kalian akan belajar mulai dari mikroorganisme sampai ke makhluk hidup yang susunan selnya rumit. Selain itu, untuk kalian pecinta alam jurusan ini cocok untuk kalian karena nanti akan diajarkan juga tentang konservasi lingkungan. Jurusan ini juga mempelajari tentang kesehatan hewan dan manusia. Biologi bisa dibilang dasar dari ilmu kedokteran. Semua dasar tentang makhluk hidup sampai dengan evolusi dan juga lingkungan akan dikupas secara mendalam di jurusan ini. Tidak jarang alumni jurusan ini dapat mengembangkan penemuan obat kesehatan ataupun varietas unggul dari jenis tanaman tertentu.

Slide5

Fakta jurusan Biologi

Biologi cocok untuk kalian yang kurang suka terhadap hitung-menghitung. Jurusan memang sedikit sekali menggunakan perhitungan. Hanya beberapa matakuliah seperti Biostatistika yang memerlukan operasi matematika. Banyak yang bilang di jurusan Biologi banyak mengandalkan hafalan. Sebenarnya ini kurang tepat sebabnya jurusan ini tidak sepenuhnya mengharuskan hafal materi. Diperlukan pemahaman dan logika berpikir untuk melanjutkan matakuliah di semester selanjutnya karena setiap matakuliah berhubungan. Hanya sekitar 30% saja materi yang diperlukan menghafal.

Mitos lain tentang jurusan ini ketika lulus dari jurusan Biologi Murni akan sepi dari lapangan pekerjaan karena hanya bisa menjadi guru/dosen. It’s a big no, Biologi memiliki banyak lapangan pekerjaan serta banyak peluang untuk menciptakan lapangan kerja. Tidak hanya menjadi dosen, kalian bisa menjadi seorang ilmuwan di instansi pemerintah/swasta. Menjadi seorang quality control di perusahaan swasta, konsultan, bekerja di industri veteriner, menjadi PNS di dinas pemerintahan. Juga, penulis buku referensi, teknisi laboratorium, ahli tumbuhan/hewan/mikroorganisme dan tentunya bisa menjadi pengusaha makanan olahan dari bekal ilmu bioteknologi yang didapat dari kampus.

PERBEDAAN BIOLOGI MURNI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI

Meskipun mempelajari bidang yang sama tetapi terdapat beberapa perbedaan yang mendasar dari kedua jurusan ini, di Biologi murni lebih fokus mempelajari materi secara detail dan mendalam, lebih menekankan pada penerapan konsep keilmuan untuk industri dan pengetahuan baru, jatah praktikum lebih banyak, dan ketika lulus mendapatkan gelar S.Si (Sarjana Sains).

Kuliah jurusan pendidikan biologi lebih memfokuskan untuk menghasilkan tenaga pendidik berkualitas di bidang biologi, meskipun pada kenyataan di lapangan banyak mahasiswa yang tidak berkarir sesuai dengan jurusan kuliahnya tetapi di pendidikan biologi diajarakan cara-cara menjadi tenaga pendidik di bidang biologi, ilmu yang diberikan berhubungan dengan keguruan dan pengajaran, tetapi tetap ada praktikum ya. Jurusan pendidikan biologi juga mempelajari psikologi pendidikan. Lulusan pendidikan biologi akan memiliki gelar S.Pd (Sarjana pendidikan).

KELEBIHAN BIOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Prodi Biologi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah terakreditasi A dan lulus AUN-QA. Universitas ini juga memiliki tujuan sebagai world class university, sehingga setiap mahasiswanya dipersiapkan mempelajari tiga bahasa sebagai matakuliah di tahun pertama dan kedua yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Sesuai dengan nama universitasnya, ketika lulus nanti alumni diharapkan akan menjadi seorang akademisi yang ulul albab. Setiap mahasiswa Biologi di sini akan diberikan materi integrasi sains dengan Islam. Uniknya lagi seluruh mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di asrama selama 1 tahun awal.

MATAKULIAH BIOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Jika menjadi mahasiswa Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kalian akan mempelari mata kuliah berikut.  Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Pancasila, Kewarganegaraan, Sejarah Peradaban Islam, Biofisika, Kimia Organik, Biologi Umum, Filosofi Ilmu, Ilmu Al-Qur’an dan Hadits, Teosofi, Dasar-Dasar Laboratorium, Pengantar Biodiversitas, Biokimia, Biologi Sel, Bahasa Inggris, Studi Fiqh, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Struktur Perkembangan Hewan, Biodiversitas Tanaman, Biodiversitas Hewan, Ekologi, Mikrobiologi, Metodologi Penelitian, Genetika, Taksonomi, Biodiversitas Lingkungan, Biodiversitas Fungi dan Protista, Fisiologi Tanaman, Fisiologi Hewan, Biologi Molekuler, Basic Environmental Science, Evolusi, Metode Integrasi, Fisiologi dan Anatomi Manusia, Bioetika, Biosistematika, dan Bioinformatika. Pemilihan minat nanti dilakukan ketika semester 6, tersedia beberapa pilihan yaitu Bioteknologi, Botani, Zoologi, dan Ekologi.

Matkul favorit

Kalau saya paling suka matkul Biokimia dan Mikrobiologi karena dosen saya sering menghubungkan pembelajarannya dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, kuliahnya tidak terasa berat. Setiap jurusan mempunyai “kenangan” terindah masing-masing ya teman-teman, Biologi identik dengan praktikum yang tiada habisnya mulai dari masuk sampai lulus kuliah, bagian paling bikin hectic adalah penulisan laporan praktikum yang wajib ditulis tangan dengan tinta biru. Oh iya, karena aku menulis ini saat pandemi Covid-19 jadi praktikumnya tetap dilaksanakan secara online. Sesuai kebijakan yang disepakati, penulisan laporan menggunakan laptop/komputer dan praktikum yang dapat dilakukan di rumah seperti pengamatan hewan dan tumbuhan tetap dilaksanakan di rumah masing-masing mahasiswa.

KIAT SURVIVE DI JURUSAN Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim

Kalian yang sudah terlanjur “menceburkan” diri di sini harus siap menghadapi susah dan senangnya Biologi selama 8 semester, kalau kalian tidak siap maka kuliah akan sangat terasa berat. Apabila dijalankan dengan ikhlas, mudah-mudahan ilmunya menjadi berkah dan bermanfaat. Masa awal perkuliahan bisa dibilang sebagai masa yang sangat menentukan bagaimana “nasib” kita sampai lulus nanti, mulai dari awal saat menjadi mahasiswa/i baru sebaiknya sudah harus mulai giat belajar materi yang diberikan dosen, kalau ujian jangan sekali-kali untuk mencoba belajar dengan sistem SKS, belajar atur waktu dengan efisien, bisa dicoba dengan buat list prioritas.

Belajar dicicil dari H-7 ujian minimal deh, terus saat kelas berlangsung rekam/catat omongan dosen yang jadi keyword soal ujian. Persiapkan juga ya buku sakti seluruh mahasiswa biologi yaitu bukunya Biology by Champbell. Rajin ke perpustakaan untuk cari referensi perkuliahan supaya ketika di kelas nanti dosen jelasin materi ke kalian suasana gak hening so, kalian dapat predikat mahasiswa aktif deh.

Perbanyak berbuat baik ke teman dan kakak tingkatnya, kita gak tau di masa depan bakalan kaya apa jadinya. Untuk yang masih baru jadi mahasiswa sebaiknya jangan ikut banyak organisasi kalau nanti bikin kalian lepas tanggung jawab perkuliahan kalian. Ikut organisasi yang sesuai sama minat karir kalian ke depannya aja, karena itu lebih efektif dan gak akan bikin berat dijalanin. Buang jauh-jauh sifat egois dan adu nasib kalian, dunia perkuliahan itu miniatur dari kehidupan sesungguhnya ketika lulus nanti. Ikuti kompetisi sebanyak-banyaknya ketika masih jadi mahasiswa, baca buku sebanyak-banyaknya. Manfaatkan peluang dengan baik, sehingga saat lulus dan kembali ke masyarakat bisa menjadi pelopor kemajuan positif.

HARAPAN SAYA SETELAH LULUS

Jujur saja, tidak pernah terlintas dibenak saya untuk menjadi mahasiswa. Sejak SMA saya tidak mempersiapkan diri menjadi mahasiswa, saya niat masuk sekolah kedinasan karena biaya pendidikan gratis dan pekerjaan dijamin negara tentu zona nyaman sekali bagi saya. Sekarang saya sudah di sini, hal yang terbaik saya lakukan adalah menyelesaikan yang sudah saya mulai dan menyebarkan kebaikan di sekitar saya.

Saya ingin melanjutkan studi S2 dan berharap kampus tersebut berada di luar negeri, saya mulai meriset beberapa beasiswa yang saya butuhkan. Saya ingin merintis sebuah perusahaan agar semakin banyak orang yang bisa mendapatkan pekerjaan. Kalau boleh, saya minta bantuan untuk meng-aamiin-kan keinginan saya ini, siapa tahu yang membaca ini akan dikabulkan oleh Tuhan saya, Allah Yang Maha Kaya. Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca sharing ini. Saya harap ini membantu kalian semua, kalau ingin bertanya drop komentar saja.

Kode Konten: X472

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *