Biologi, Universitas Islam Negeri

Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya (Syahidatul)

Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya (Syahidatul)

Halo sobat intipers! Aku Syahidatul Kamilah dari Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya seperti apa?

Jurusan ini secara umum membahas tentang kombinasi ilmu-ilmu sains yang berhubungan dengan hewan, tumbuhan juga manusia. Kalau di UINSA, biologi itu masuk fakultas sains dan teknologi, jadi ketika lulus gelarnya Sarjana Sains (S.Si).

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya?

Alasannya karena saya memang tertarik di bidang kesehatan. Sempat gagal masuk kedokteran waktu itu, karena satu dua hal akhirnya belok ke biologi. Saya kira mempelajari ragam hewan dan tumbuhan tidak kalah menarik. Ternyata benar, selain hewan tumbuhan saya juga disuguhkan wawasan perihal bakteri dan virus yang tentu sangat berkaitan dengan kesehatan. Satu lagi nih, yang bikin saya tunjuk Biologi UINSA menjadi kampus idaman saya. Bonus (ngaji) kalau orang-orang bilang. Ngaji apa? ya apa saja yang berkaitan dengan biologi.
Itu yang menjadi ciri khas di Biologi UIN Sunan Ampel, adanya konsep integrasi antara sains dan agama, utamanya islam. Dimana hal itu jarang kita temukan di kampus umum. Jadi seimbang.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Sebenarnya kalau berbicara terkait Ilmu biologi itu kita sedikit banyak sudah tau ya, karena dipelajari di SMP maupun SMA. Belajar mengenai ekosistem, perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, mikroorganisme. Hanya saja ketika masuk perkuliahan kita diberikan detailnya, konsepnya. Kalau SMA kita diminta menghafal contoh hewan mamalia apa saja, dikuliah kita nyari nih kenapa hewan tersebut bisa dikelompokkan jenis mamalia, kenapa bukan aves, yang membedakan antara mamalia dan aves apa saja, apakah ada persamaannya juga.
Sedangkan menyoal integrasi kita membahas hubungannya. Contoh yang paling umum yaitu teori evolusi, atau penciptaan tumbuhan, kita belajar korelasinya. Kita pahami bahwa beberapa pengetahuan yang kita pelajari sekarang dicetuskan oleh ilmuwan-ilmuwan yang memiliki dasar agama tinggi.

Ciri khas paling menonjol ya praktik dan laporan. Teori oke praktik juga harus oke. Ada yang namanya praktik lapangan ada juga praktik laboratorium. Praktik lapangan ini istilahnya bisa belajar sambil bermain. Kalau orang lain ke pantai menikmati pemandangan lalu berfoto, kalau anak biologi sambil mengamati itu, ada ragam hewan apa saja dipantainya, tumbuhan apa saja disekitarnya, bisa ndak kita budidaya, bisa ndak kita olah dan manfaatkan. Jadi sudah tentu makin seru.

intipkuliah-web1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di biologi UINSA ada yang namanya kelompok studi atau bidang keahlian tertentu yang disetarakan dengan UKM. Kalau UKM tingkat universitas, kelompok studi ini tingkat prodi. Biologi UINSA ini terbilang memiliki KS paling banyak jika dibandingkan dengan kampus lain.

SOKABOTANISA : kelompok studi dengan bidang minat tanaman / botani

HIMANTOPUS : Kelompok studi dengan bidang minat ornitologi (burung)

AMOEBA : kelompok studi dengan bidang minat mikroba

AMS :  kelompok studi dengan bidang minat mamalia

BEC (biologi english club) : kelompok studi yang berfokus pada telaah jurnal-jurnal internasional

KUTRIK :  kelompok studi dengan bidang minat entomologi / serangga

VARANUS : kelompok studi dengan bidang minat reptil dan amphibi

STYGOBITES : kelompok studi dengan bidang ekosistem gua

CORAL : kelompok studi dengan bidang minat ekosistem laut

FORMAGENBI : kelompok studi dengan bidang minat genetika

Saya dulu  ambil konsentrasi tumbuhan dan mikrobiologi. Saya tertarik dengan tumbuhan, karena saya mahasiswa yang tinggal di desa yang otomatis banyak tumbuhannya. Sering kita lewati tapi kita ndak hafal namanya tumbuhan apa, beracun atau ndak, bisa dikonsumsi atau ndak, apa bisa ditingkatkan kualitasnya, ketahanannya, dll.

Jalur masuknya ada apa aja?

Saya masuk lewat jalur SBMPTN. Jalur lainnya ada SNMPTN dan mandiri. Kebetulan karena ini universitas islam ada tambahan lagi jalur UMPTKIN dan SPANPTKIN. Itu jalur khusus untuk universitas islam. UMPTKIN itu sama kaya SBMPTN tapi untuk universitas islam aja, kalau SPANPTKIN itu kaya SNMPTN. Jadi total ada 5 jalur masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya?

Tipsnya tetap semangat, senyum, banyak-banyak baca, ndak hanya baca buku loh, baca situasi sekitar juga. Kalau sudah memilih dan terpilih ya harus dinikmati, disukai. Kampus dan prodi apapun. Apa-apa itu yang penting harus suka dulu. Kalau udah suka pasti ada saja jalan penyelesaian.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Paling umum jadi analis laboratorium. Kita bantu di bagian uji lab, misal uji lab dalam hal makanan, kosmetik juga. Kita bisa melakukan pengujian apakah makanan atau kosmetik ini aman atau tidak. Selain analisis laboratorium, kita juga bisa usaha kita sebagai content creator dalam bidang sains. Bisa juga jadi dosen dengan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Bisa jadi petugas laboran, konselor kesehatan karena dari biologi kita pembelajarannya linear dengan ilmu kesehatan dan kedokteran. Bisa juga jadi bioteknopreneur, menciptakan inovasi tumbuhan yang kualitasnya baik kemudian menjadi peluang usaha, dll.

Kode konten: C595

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.