Biologi, Universitas Andalas

Biologi Universitas Andalas (Fanny)

Biologi Universitas Andalas (Fanny)

Hallo intipers! Kenalin nama aku Fanny Sukria Fatma, mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Andalas (Unand) angkatan 2016. Aku jurusan biologi murni, bukan pendidikan biologi. Disini aku mau bagi pengalaman kuliah yang telah kulalui 7 semester sebelumnya. Yok mari! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa yang di pelajari di Jurusan Biologi Universitas Andalas ?

Perlu ditanamkan bahwa biologi merupakan ilmu mengenai makhluk hidup. Di biologi kita mempelajari tentang kehidupan mulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme hingga interaksi organisme satu dengan organisme yang lain. Dijurusan ini teman-teman secara tidak lansung akan mempelajari sedikit demi sedikit rahasia alam yang ada di dalam makhluk hidup. Mungkin waktu kecil teman-teman sering bertanya kenapa ini begini dan kenapa itu begitu. Teman-teman akan takjub sendiri dengan jawaban yang teman-teman dapatkan. Biologi merupakan ilmu kompleks yang mempejari alam, hewan, tumbuhan, dan manusia. Misalnya nih teman-teman tahu kan virus yang lagi mewabah, covid-19 ? Nah dengan mempelajari biologi kita tahu kenapa corona itu sangat berbahaya dikarenakan kita mempelajari dari dasarnya banget. Teman-teman bakalan tahu cara mencegah dan menanggulangi virus tersebut. Kalau menurut aku sih jurusan biologi sangat cocok dengan teman-teman yang suka dengan alam. Dengan memelajari biologi kita juga lebih peka dengan lingkungan.

Apa Biologi Pendidikan dan Biologi Murni sama ?

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa biologi pendikan dan biologi murni itu sama. Namun sebenarya pernyataan itu salah. Walaupun sama-sama mendalami biologi terdapat banyak perbedaan diantara keduanya. Jurusan pendidikan biologi mempelajari bagaimana membuat soal, metode mengajar yang baik, serba-serbi kurikulum, manajemen sekolah, dan hal hal teknis lain yang berhubungan dengan administrasi persekolahan.

Slide3

Untuk biologi murni kita mempelajari lebih luas dari pendidikan biologi. Selain itu semua mata kuliah umumnya memberikan tanggung jawab dalam praktikum yang bejibun dan lebih kompleks. Jadi tiap hari itu selain kuliah kita juga sering ke hutan, ke sawah, ladang atahu kemanapun buat cari bahan pendukung praktikum yang bersangkutan. Ga menutup kemungkinan kita bisa cari bahan praktikum malam hari. Misalnya nih kita mencari ular untuk praktikum hewan, ga mungkin kan mencari ular disiang hari, jadi kita mencari ularnya dimalam hari (karena ular adalah hewan aktif di malam hari). Kemudian dari segi prospek kerja  jurusan pendidikan biologi itu kerjanya menjadi seorang guru biologi SMP maupun SMA. Sedangkan untuk jurusan biologi murni prospek kerjanya lebih luas misalnya peneliti, konservatoris, wirausaha, pekerja LSM, dan masih banyak lagi. Kemudian untuk gelar yang didapatkan di pendidikan biologi adalah S.Pd ( Sarjana Pendidikan), sedangkan biologi murni mendapatkan S.Si (Sarjana Sains).

Mata kuliah yang dipelajari di Biologi Universitas Andalas ?

Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali. Di jurusan biologi dibedakan menjadi botani (tumbuhan) dan zoologi (hewan). Ingat ya, dalam ilmu biologi manusia itu dikelompokkan dalam kingdom hewan. Disini aku mempelajari tentang anatomi (bentuk luar), morfologi (struktur), fisiologi (fungsi), sistematika (hubungan antar spesies), evolusi, genetika (pewarisan sifat), dan ekologi (lingkungan). Tips dari aku kita harus benar-benar paham dasarnya apa karena satu mata kuliah berhubungan erat dengan mata kuliah lain.

Menurut aku yang paling menarik adalah mata kuliah struktur hewan. Hal menarik yang aku ingat adalah kita itu harus tahu secara detail bagian tubuh makhluk hidup yang mungkin awalnya kita anggap sepele atahu ga penting jadi hal yang wajib diingat. Mata kuliah kedua yang menarik menurut aku adalah fisiologi tumbuhan. Dengan mempelajari fisiologi tumbuhan kita tahu apa saja  proses yang berlansung dalam tumbuhan. Dan kita juga dapat bermain atahu memperbanyak tumbuhan sesuai dengan seni dan kebutuhan kita. Lebih bagus apabila disandingkan dengan mata kuliah genetika.

Dosen favorit ? Rasanya tidak terlalu banyak dosen yang menjadi favoritku. Diantaranya ada Bu Dewi dosen genetika, sangat baik dan sangat disiliplin. Kemudian Pak Putra dosen fisiologi hewan, sangat cerdas mata kuliahnya sangat sulit dan tahu bagaimana cara mengemas hal rumit dan menyampaikannya kepada mahasiswa dengan lebih sederhana dan mudah diingat. Lalu Pak Indra Kepala Prodi S1, beliau sangat baik, pintar dalam mengajar dan mendidik, dan sangat peduli dengan seluruh mahasiswanya.

biologi andalas

Dokumentasi waktu saya kuliah lapangan Ekologi Hewan dengan teman-teman

Konsentrasi di Jurusan Biologi Universitas Andalas ?

Sistem konsentrasi di Jurusan Biologi Unand di terapkan menggunakan sistem laboratorium. Mahasiswa semester lima yang memiliki minat disuatu labor dipersilahkan mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan labor yang dimaksud. Di kampusku ada 11 laboratorium, yaitu taksonomi hewan invertebrata, mikrobiologi, struktur perkembangan tumbuhan, struktur perkembangan hewan, fisiologi hewan, fisiologi tumbuhan, genetika sel dan molekuler, ekologi hewan, ekologi tumbuhan, museum zoologi, dan herbarium. Disetiap laboratorium juga memiliki berbagai sub konsentrasi pilihan, misalnya nih di lab aku fisiologi tumbuhan. Lab ini memiliki berbagai konsentrasi misalnya konsentrasi aku di kultur jaringan, juga ada biostimulan, tumbuhan invasif, nutrisi tumbuhan, pupuk, mikoriza, dan bioremediasi. Bidang ini menentukan kemana sasaran kita dalam melakukan bimbingan tugas akhir dan menunjang prospek kita kedepannya.

Tips untuk maba di jurusan biologi Unand

Mata kuliah di jurusan biologi ini sangat berkaitan dengan kehidupan alam. Tips untuk mahasiswa harus banyak belajar dan banyak bersabar. Dulu kami selalu dibanjiri dengan tugas, diskusi laporan praktikum dengan asisten, dan cari bahan sana sini. Tujuannya agar terbiasa membuat laporan, jurnal dan efeknya besar dalam penulisan skripsi. Selain itu kita juga dibimbing untuk kompak satu angkatan, hal ini dimaksudkan untuk menjaga solidaritas dalam berkawan jadi ga ada istilah I dont care about you. Kita harus peka terhadap lingkungan. Teman-teman juga harus berinteraksi dengan kakak tingkat dikarenakan segala sesuatu akan selalu berhubungan dengan kating. Disana kita belajar bagaimana sikap kita ke teman, kating, dosen, maupun tenaga kependidikan. Jadi selain akademik kita harus bagus dalam sosial. Akademik bagus tidak cukup tanpa etika yang bagus.

Katanya kalau jurusan biologi sibuk dan susah ikut organisasi maupun magang ?

Kalau menurut  aku si ga ya. Sebenarnya dengan kita ikut organisasi itu semakin pintar kita dalam me-manage waktu. Nah Kegiatan yang bisa diikuti di kampus aku diantaranya ada himpunan mahasiswa jurusan, UKM fakultas dan UKM universitas. Keluarlah dari zona nyaman dan mulailah membaur dengan mahasiswa luar. Sebenarnya di organisasilah kita dapat mengasah soft skill serta pengalaman berharga yang dapat meng-upgrade diri kita.

Kuliah tidak semata-mata akademik. Jadilah mahasiswa luar biasa, buka mahasiswa biasa yang hanya kuliah lalu pulang ke kosan. Semuanya adalah peluang, namun ingat akan kapasitas badan! Aku pribadi ikut UKM Kesenian di tingkat universitas, hal ini dikarenakan aku suka menyanyi dan aku bukanlah pribadi yang tidak suka sibuk. Puji tuhan aku banyak mendapat prestasi di bidang tarik suara. Tahun 2018 lalu aku mendapatkan prestasi dalam ajang PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) ke XIV di Yogyakarta. Selain itu aku juga pernah mendapatkan prestasi dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional. Awal tahun ini aku magang di Kebun Raya Bogor. Jika selama masa kuliah kita bisa melakukan banyak kegiatan, kenapa tidak ?

Prospek kerja dan alumni ?

Dari beberapa alumni yang udah aku tanya si sebagian besar lulusan Biologi Unand kebayakan menjadi dosen di perguruan tinggi, ada juga guru SMA. Selain itu banyak alumni yang bekerja di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan), BPJS Ketenagakerjaan, Wirausaha, dan banyak juga yang bekerja sebagai pegawai  di perusahaan swasta maupun di bank. Menurut pedapat aku sih jurusan biologi itu bisa kerja dimana aja, luas prospeknya, yang penting niat, lansung gass!

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Jujur setelah lulus aku pengen banget melanjutkan pendidikan ke negara impianku, Turkey! Aku mau melanjutkan pendidikanku ke sana dikarenakan aku memiliki impian untuk bekerja sebagai researcher yang bermutu sekaligus di dunia entertainment. Nah sambil menempuh S2 aku juga ingin merintis karirku sebagai seorang peyanyi muda dengan mengikuti berbagai perlombaan maupun audisi menyanyi.

Kode Konten: X131

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *