Biologi

Biologi Universitas Bengkulu (Zela)

Biologi Universitas Bengkulu (Zela)

Helloo intipers!! Kenalin nama saya Zela Khotimah, Mahasiswa jurusan Biologi Universitas Bengkulu angkatan 2017. Disini saya akan membagikan pengalaman saya selama kuliah di Biologi yang kurang lebih telah saya tempuh selama 7 semester. Yuk simak selengkapnya pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

APA YANG DIPELAJARI DI BIOLOGI UNIVERSITAS BENGKULU?

Jurusan Biologi merupakan jurusan dimana kita akan bertemu dan berinteraksi dengan makhluk hidup. Di jurusan Biologi, kita akan mempelajari segala aspek mengenai makhluk hidup. Semua akan dikupas dari tingkat kehidupan mulai dari organisme terkecil sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem yang berkaitan dengan semua makluk yang hidup. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan hingga organisme kecil seperti virus dan bakteri. Nah jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi itu berbeda namun kebanyakan orang belum mengetahui perbedaan keduanya. Jadi bedanya kalo dipendidikan Biologi itu lebih diarahkan mengajar yang menyangkut bidang pendidikan. Kalo jurusan Biologi itu sendiri lebih difokuskan mempelajari makhluk hidup secara lebih mendetail dan lebih banyak praktikum dilaboratorium.

promo-web

Nah banyak masyarakat yang bilang kalo jurusan biologi itu prospek kerjanya tidak jelas. Katanya “nanti setelah lulus mau kerja apa? Persepsi ini beredar dimasyarakat dan kadang beberapa orang meremehkan jurusan biologi guys. Padahal mitos atau persepsi ini salah besar yaa guys.

MATA KULIAH TERFAVORIT DAN TUGAS KHAS DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS BENGKULU

Mata kuliah favorit saya dijurusan biologi yaitu Genetika, Biologi Sel, Biokimia dan Mikrobiologi. Dijurusan biologi kita akan ketemu sama berbagai mata kuliah yang memiliki tantangan dan keseruan tersendiri guys seperti disemester pertama itu kita bakalan belajar dasar-dasar ilmu sains seperti fisika dasar, kimia dasar dan kalkulus. Jadi salah besar kalo ada yang bilang jurusan biologi ga bakal ketemu sama yang namanya hitung-hitungan ya guys.

Kemudian disemester kedua baru sedikit lebih spesifik mata kuliah bakal dibagi ada struktur perkembangan tumbuhan, struktur perkembangan hewan dan lagi-lagi kita masih tetap ketemu sama kimia kita belajar biokimia dan juga kimia organik. Semakin naik semseter kita bakal memilih mata kuliah yang lebih menjurus lagi sama apa yang menjadi passion kita.

Untuk cakupan ilmu biologi di jurusan biologi universitas bengkulu itu sendiri dibagi menjadi pertama tumbuhan yang biasanya berfokus pada struktur, perkembangan dan fisiologi serta sistematika atau klasifikasi tumbuhan. Selanjutnya yaitu lingkungan yang lebih terfokus pada prinsip ekologi dan pengendalian lingkungan, konservasi, karakteristik ekosistem serta mencari alternatif pemecahan permasalahan lingkungan. Kemudian terakhir yaitu biologi pangan dan kesehatan. Jika kita lebih tertarik dengan konsentrasi dibidang biologi pangan dan kesehatan maka bakal dipecah lagi kearah mikrobiologi, genetika, molekuler sel atau kearah kesehatan masyarakat. Ilmu atau mata kuliah yang bisa kita pilih jika memilih bidang ini seperti patobiologi, parasitologi, genetika manusia dan populasi, mamalogi, gizi dan nutrisi, fitokimia, botani tanaman pangan, imunologi dan lainya guys.

Genetika dan Biologi Molekuler

Mata kuliah genetika ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang pewarisan sifat pada organisme. Ilmu ini akan membahas gen dan semua aspeknya. Nah digenetika ini kita bakal belajar tentang gen, pewarisan sifat dan variasinya pada makhluk hidup. Genetika juga membahas bagaimana gen ditransmisi dari generasi ke generasi, struktur fisik gen, variasi dalam gen. Pembahasan tentang genetik akan dikupas mulai dari tingkat molekuler hingga populasi. Nah dibawah mata kuliah ini nanti ada genetika manusia dan populasi disini kita bakal tau gen yang menyebabkan variasi pada manusia dan juga gen yang menyebabkan penyakit atau kelainan seperti Albino, Sindrom Done, Huntington dan lainnya dan gak hanya melihat gen pada manusia tapi juga pada hewan.

Di genetika kita bakal melakukan hal-hal yang menarik lainnya seperti gen apa sih yang ada pada kucing sehingga memiliki warna bulu, warna mata dan pola tubuh yang berbeda dan disini kita langsung mengamati melalui kucing secara langsung. Dan digenetika ada topik yang sangat menarik akan ada topik mengamati sidik telapak tangan atau palmar semua anggota keluarga mulai dari nenek, kakek, ayah, ibu dan saudara yang kemudian dibuat menjadi silsilah diagram pedigree. Sedangkan mata kuliah biologi molekuler atau dikenal biologi sel yang dikenal cukup rumit kita akan mempelajari terkait dengan materi genetik yang ada pada makhluk hidup yaitu DNA dan RNA selain itu kita akan mempelajari ekspresi gen dan juga teknik didalam biologi molekuler seperti PCR (Polymerase Chain Reaction) elektoforesis dan isolasi DNA.

Biokimia dan Mikrobiologi

Mata kuliah biokimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang peranan molekul dalam proses kimia yang berlangsung pada tubuh makhluk hidup (metabolisme). Biomolekul yang berperan dalam metabolisme seperti karbohidrat, protein, lipid dan asam nukleat. Seperti namanya biokimia terdiri atas gabungan dari biologi dan kimia nah jadi supaya lebih memahami  mata kuliah ini kita harus menyukai dan memahami biologi sekaligus kimia karena pada mata kuliah ini akan dilihat keterkaitan antara reaksi biologis dan kimiawi yang terjadi pada level moekuler pada makhluk hidup. Nah untuk mata kuliah mikrobiologi ini juga merupakan mata kuliah yang sangat menarik sekaligus menantang. Dimikrobiologi ini kita bakal mengenal mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya merupakan makhuk hidup yang dilihat secara mikroskopis seperti bakteri, virus dan fungi. Kita bakal belajar struktur dari organisme, pertumbuhan dan berbagai teknik-teknik dalam mikrobiologi.

 Saya akan lanjut membahas tentang apa sih tugas khas yang ada dijurusan biologi. Anak biologi tidak lepas dari kegiatan praktikum. Bagi saya praktikum adalah bagian yang sangat menyenangkan. Hampir semua aktivitas biologi dilakukan dilaboratorium. Selanjutnya dibiologi MIPA setiap tahunnya ada kegiatan yang namanya KLB (kuliah lapangan bersama) yang biasanya ditunggu tunggu setiap tahunnya. Semua angkatan dan dosen akan mengikuti kegiatan ini kita bakal mengeksplorasi suatu daerah yang dipilih terkait dengan semua makluk hidup dan juga lingkungannya. Nah kegiatan KLB yang udah saya ikuti di dua daerah yaitu pulau Enggano Bengkulu dan juga di Bengkulu Utara.

Kegiatan kuliah lapangan bersama dipulau enggano

TIPS UNTUK MABA JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS BENGKULU

Mahasiswa baru jurusan biologi nantinya akan mengikuti berbagai kelas pada matakuliah disetiap semesternya. Karena ilmu biologi tidak hanya mempelajari teori melainkan merupakan ilmu yang langsung diterapkan jadi diperlukan tanggung jawab dan kedisiplinan didalam melaksanakan praktek dari teori yang dipelajari yaitu pada saat praktikum. Saat kuliah kita juga harus fokus pada penjelasan yang disampaikan oleh dosen. Saya pribadi adalah orang yang senang mencatat apa yang dijelaskan dosen. Saya akan mencatat dengan terstruktur semua materi, biasanya saya akan memfoto slide ppt dan membuatnya dalam satu catatan khusus disetiap mata kuliah satu buku tulis hal ini supaya memudahkan kita belajar untuk menghadapi ujian. Satu hal yang harus diingat jangan pernah malu buat bertanya apabila kita belum paham tentang materi kepada dosen yaaa.

Nah mengejar prestasi akademik dengan nilai yang memuaskan sangatlah penting namun prestasi non akademik juga penting ya guys. Seperti dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi dan juga lomba-lomba yang diselenggarakan ditingkat kampus maupun tingkat  nasional.  Karena kegiatan non akademik ini akan membantu kamu membentuk kepribadian dan sikap serta membantu kita membentuk skill dan memperluas relasi dengan teman baru yang memiliki latar belakang yang berbeda. Nah selanjutnya yang terpenting jangan lupa untuk mengatur waktu, kapan harus belajar, organisasi, lomba dan istirahat. Jangan sampai dengan banyaknya kegiatan yang kamu lakukan menjadi tidak balance sehingga menggangu kegiatan perkuliahan.

PROSPEK KERJA JURUSAN BIOLOGI

Berbicara tentang prospek kerja lulusan jurusan biologi ada banyak sekali pekerjaan terkait dengan jurusan biologi. Lulusan biologi nantinya akan mendapatkan gelar (S.Si) Sarjana Sains dan dapat bekerja diberbagai bidang seperti peneliti laboratorium, analis, ahli mikrobiologi (dan ahli dibidang lainnya) selain itu karena cakupan ilmu biologi luas lulusan  jurusan biologi juga bisa kok menjadi dosen, konsultan lingkungan, wirausahawan dengan menerapkan bioteknologi dan lainnya.

HARAPAN DAN RENCANA SETELAH LULUS DARI BIOLOGI UNIVERSITAS BENGKULU?

Rencana saya setelah lulus di jurusan bologi saya ingin melanjutkan pendidikan saya tentunya di bidang konsentrasi keilmuan saya. Selain melanjutkan study saya juga berencana untuk mengikuti sejumlah penelitian diberbagai bidang biologi agar mendalami ilmu yang saya peroleh dan dapat mengaplkasikanya dikehidupan agar bermanfaat bagi banyak orang.

Kode konten: X424

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *