Biologi, Universitas Diponegoro

Biologi Universitas Diponegoro (Retno)

Biologi Universitas Diponegoro (Retno)

Halo sobat intipers! Aku Retno Robiatul Adawiyah dari Biologi Universitas Diponegoro angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Biologi Universitas Diponegoro seperti apa?

Biologi di Universitas Diponegoro itu biologi murni bukan pendidikan, kita mempelajari fundamental dari biologi sendiri, lebih mempelajari yang lebih dalam dari SMP dan SMA, lebih inti atau masuk lagi biologinya. Biasanya biologi umunya pendidikan biologi, tapi biologi murni kedepannya lebih ke yang basic seperti bisa masuk ke biologi forensik, penelitian-penelitian LIPI.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Biologi Universitas Diponegoro?

Saya orangnya suka dengan biologi, tertarik untuk memperdalam tentang biologi. Ternyata pas masuk enjoy, praktikumnya menyenangkan kadang capek, enjoy karena suka jadi nyaman aja.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Laprak, tiada hari tanpa laprak, jadi laprak udah di ibaratin makanan wajib, tiap hari ada praktikum, kalo laprak itu laporan praktikum. Sekarang ini praktikumnya virtual atau ada juga praktikum sendiri di rumah, kaya kita nanem sendiri kemarin mengamati pertumbuhan akar pada kangkung. Paling menarik kemarin bikin video animasi itu di biologi protista, belajar sedikit tentang edit video.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3, satu lab bioteknologi, lab dua dan lab ekologi. Lab bioteknologi kaya molekuler, tentang penelitian DNA. Kalo lab dua, ada lab tentang stuktur dan fungsi tubuh hewan dan lab stuktur dan fungsi tubuh tumbuhan. Ketiga lab ekologi, tentang lingkungan, bagaiaman cara kita melestarikan lingkungan, cara mengatasi lingkungan ini kaya amdal, analisis daerah. Bisa di ambil semster 5. Rencananya ambil yang tumbuhan karena aku inginnya konsentrasi tumbuhan yang menghasilkan obat kaya herbal.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 4 jalur, SNMPTN, SBMPTN, SBUD, dan mandiri. SNMPTN kemarin udah selesai dari sekolah di jaring habis itu upload berkas dll. Kedua SBMPTN mekanismenya bisa di ikuti dalam website LTMPT. Untuk SBUD dan mandiri itu bisa di cek di website UNDIP www.undip.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Biologi Universitas Diponegoro?

Tetap semangat, balajar, bagi yang belum UTBK semangat belajarnya, di kerjain sungguh-sungguh, satu hal doa dan restu orang tua. Untuk mahasiswa baru biologi murnin semangat, lapraknya bikin setres banyak, jaga kesehatan, bikin self reward berterimakasih kepada diri sendiri bisa di ajak berjuang sampai saat ini.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa jadi dosen, LIPI sebagai tenaga peneliti disana untuk mengembangin suatu penemuan baru, bisa kerja di forensik untuk kasus-kasus gitu, paling umum bisa jadi pengusaha. Kalo alumni kebanyakan jadi dosen.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya mau lanjut S2 dulu, semoga di kabulkan, habis S2 cari kerja, kalo dari orang tua sendiri pengen daftar dosen nanti sama bisnis kecil-kecilan.

Q&A

  • Perbedaan antara biologi murni dengan pendidikan biologi itu apa?

Jawaban: kalo nanti biologi murni jadi S.Si. kalo pendidikan biologi S.Pd. kalo biologi murni mempelajarinya tentang biologi yang lebih dasar, kalo pendidikan biologi diajari bagaimana cara menyusun pembelajaran. Soalnya temenku ada yang pendidikan biologi juga jadi bedanya itu.

Kode konten: C494

Komen dibawah! 1

  1. Mujiyono

    Oh bagus sekali, mudah n dahan adik berhasil kuliahnya, Nih mau tanya matakuluah apa saja tang menantang kalian

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *