Biologi, Universitas Gadjah Mada

Biologi Universitas Gadjah Mada (Laras)

Biologi Universitas Gadjah Mada (Laras)

Halo sobat intipers! Aku Laras Nur janah dari Biologi Universitas Gadjah Mada angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Biologi Universitas Gadjah Mada seperti apa?

Secara garis besar, biologi mempelajari makhluk hidup, terdiri dari hewan, manusia dan tumbuhan. Kalau di UGM kita berdiri di fakultas sendiri, jadi fakultas biologi jurusannya biologi murni. Kalau di universitas lain itu biasanya tergabung dalam fakultas MIPA.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Biologi Universitas Gadjah Mada?

Alasannya karena pas SMP dan SMA karena guru yang mengajarnya itu bagus mengajarnya. Dari situ aku termotivasi untuk mempelajari Biologi lebih dalam. Lulus SMA mencoba daftar di beberapa kampus. Dulu pernah diterima di jurusan Pendidikan Fisika salah satu universitas di Semarang dan menjalani satu tahun di sana. Menurut aku karena jurusan itu bukan passion aku dan kurang punya kemampuan di sana. Jadi, di semester 2 aku coba daftar lagi SBMPTN dan diterima di Biologi UGM.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Biologi Universitas Gadjah Mada?

Pas semester 1 mata kuliahnya seperti SMA ada Biologi dasar, fisika, kimia. Udah mulai praktikum juga dari semester 1. Selama kuliah praktikumnya gak hanya di lab aja. Kadang di pantai, hutan, museum gitu. Biasanya kalau praktikum lapangan itu seangkatan bareng-bareng.

Di biologi juga ada mata kuliah Ekologi, yang paling berkesan karena praktikumnya sangat hectic dan menarik. Menariknya karena pas praktikum itu kita ambil data tumbuhan di hutan biologi UGM sama laboratorium kehutanan UGM. Di sana banyak burung cangak di atasnya jadi kita pake sesuatu biar gak kena burungnya.

Setelah praktikum kan ada laporan ya, itu laporan praktikum tergantung lab nya sendiri. Ada yang minta ditulis tangan, ada juga yang diketik. Jumlah laporan juga berbeda-beda. Kalau di semester awal masih bisa dihandle, tapi di semester selanjutnya tergantung mahasiswanya pribadi karena jumlah mata kuliah pilihan yang diambil bisa berbeda.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Peminatan di Biologi UGM dipecah di semester 4 menuju semester 5. Ada 3 minat studi:

  1. Biologi fungsional dan perkembangan
  2. Lalu, Biologi lingkungan dan biodiversitas
  3. Biologi molekuler dan bioteknologi

Sistem pemilihannya itu dari ketiga itu nanti diambil dari nilai mata kuliah sebelumnya di bidang masing-masing minat studi.  Misalnya untuk minat studi biologi molekur dan bioteknologi, nilai yang diambil itu nilai mata kuliah genetika dan teknik biokimia. Lalu nilainya diakumulasikan dan dibandingkan dengan 3 minat studi, yang paling besar nanti bisa dipilih minat studi untuk skripsi, setelah itu  baru pilih dosen pembimbingnya mau siapa.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk program sarjana bisa ada program reguler dan IUP (International undergraduate program), itu ada jalur masuk PBU atau penelusuran bibit unggul. Ada juga yang lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan UTUL. Informasinya bisa dicek di um.ugm.ac.id.

Daya tampung Biologi UGM setiap angkatan sekitar 225 kursi.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tantangannya pas maba itu kalau offline butuh penyesuaian dengan lingkungan di kampus dan tempat tinggal baru. Kalau Online lebih kepada pemahaman materi. Solusinya bisa buka media pembelajaran, kaya youtube, jurnal, dsb. Mahasiswa baru yang memang belum nyaman d jurusan ini, coba cari sisi yang disukai dari Biologi biasanya kalau gitu akan biasanya terus menjalani kuliah. Bisa juga ikut organisasi baik internal maupun eksternal. Kalau internal biasanya ada kelompok studi, ada kelautan, orchid, dan masih banyak lagi.

Kalau untuk calon mahasiswa baru itu rajin belajar, berdoa dan minta restu orang tua. Mungkin lebih banyak baca materi dan cari informasi tentang perkuliahan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu luas, bisa dibilang universal. Lulusann biologi ada dimana-mana, bisa jadi peneliti di LIPI, dosen, enterpreneur, forensik, sama di lembaga pemerintah maupun swasta.

Harapan dan rencana ke depannya?

Rencananya mau lebih aktif, memaksimalkan waktu yang ada selama kuliah. Bisa dengan ikut organisasi, konferensi, atau ikut proyek dosen. Selanjutnya pastinya lulus kuliah tepat waktu dengan cumlaude. Setelah lulus maunya kerja dulu untuk cari pengalaman. Kedepannya untuk menlanjutkan penndidikan lebih tinggi jadi lebih tau dan sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.

Kode konten:C184

Komen dibawah! 5

  1. Diva Safitri

    Halo kak Laras. Sekarang aku kelas 10, aku suka biologi itu karena pelajarannya asik. Juga ga terlalu susah dibanding pelajaran IPA lainnya kalo menurut aku. Aku pengen nanya nih ke kakak. Aku rencananya mau masuk ke biologi UGM, menurut kakak yang harus aku persiapin dari sekarang apa ya? Terima kasih Kak Laras, artikel ini cukup membantu aku.

    • laras-nj

      Mungkin yang perlu dipersiapin yakni niat yang sungguh-sungguh, mempelajari materi” yang diujiankan, banyakin doanya biar dipermudah. Semoga nantinya diterima di jurusan dan universitas yang diinginkan. Semangat

  2. Sarah Devina

    Kak, hitung”an disini sebanyak berapa persen dr keseluruhan? Duh kalau gak terlalu suka matematika kira” bisa ga kak, enjoy dijurusan ini? Hehe. Thank you, kak!?

    • Laras Nur Janah

      Secara keseluruhan bisa dibilang kurang lebih 15%. Kebanyakan banyak digunakan disemester awal saja seperti di mata kuliah dasar, misalkan matematika, kalkulus, fisika, dan kimia. Masa-masa selanjutnya tidak begitu banyak penggunaannya. InsyaaAllah pasti enjoy kok asalkan niat dan mau berusaha. Semangattt

  3. Fikri

    Halo kak Laras, aku mau nanya persiapan apa aja sih untuk masuk ke fakultas biologi ini, misalnya apa aja yang harus dilakuin dari kelas 10 soalnya aku masih kelas 10 nih kak. Atau apa aja tips nya biar bisa keterima di fakultas biologi UGM. Terima Kasih kak 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *