Biologi

Biologi Universitas Negeri Makassar / UNM (Panji)

Biologi Universitas Negeri Makassar / UNM (Panji)

Hai sahabat intipers. perkenalkan saya Panji Setiawan, mahasiswa jurusan Biologi UNM atau Biologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2018. saya disini ingin membagikan pengalaman kuliah saya selama 4 semester di jurusan Biologi UNM / Biologi Universitas Negeri Makassar. Yoess, mari simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa yang dipelajari di Biologi Universitas Negeri Makassar?

Sesuai dengan namanya yaitu Biologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang mahluk hidup. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari jurusan Biologi Universitas Negeri Makkasar, bahkan kita bisa belajar materi-materi kedokteran loh. Biologi sendiri mengkaji tentang segala sesuatu yang ada pada mahluk dihidup baik itu dari mahluk yang besar sampai mahluk yang tak kasat mata yaitu mikroba. Kita juga belajar tentang virus loh, yang lagi marak ini virus Corona yang membuat orang-orang menjadi panik, tapi nggak usah dibahas yah lain kali aja. Biologi di UNM itu sangat keren menurut saya. kenapa?, karns Biologi di UNM sendiri mempunyai fasilitas yang sangat baik, mulai dari Laboratorium sampai lembaga-lembaga yang mewadahi mahasiswa dalam berkreasi. Nah di biologi sendiri kita belajar banyak hal di alam, mulai dari tanaman-tanaman, hewan, dan juga manusia. Biologi memiliki banyak cabang ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup dan lingkungannya secara mendetail.

Pendidikan Biologi atau Biologi Murni?

Yang pasti beda yah. Artikel ini sangat cocok bagi anda, yang khususnya siswa-siswa SMA kelas 12 yang masih bingung untuk mengambil jurusan kuliah pasca lulus dari SMA nanti. Sekedar bercerita, dulu juga ketika lulus SMA sempat bingung membedakan antara keduanya. Misalnya, saya ambil contoh biologi (yang kebetulan sekarang menjadi jurusan yang saya ambil). “pendidikan Biologi dengan Biologi murni, apa bedanya sih? Perasaan kayak sama-sama aja deh” itu pertanyaan yang sempat membuat saya bingung kala itu. Sebenarnya dari redaksi kata nya pun sudah sangat berbeda, walaupun ilmu yang dipelajari nya sama-sama dari Biologi. Baik, kita langsung saja ulas satu per satu.

Kajian Ilmu yang Dipelajari

Dari kata nya pun kita sudah dapat di tebak, ya apalagi kalau bukan Biologi. Walaupun sama-sama mempelajari Biologi, namun terdapat perbedaan antara keduanya. Dalam Pendidikan Biologi itu dipelajari juga bagaimana cara mengajar yang baik, membuat soal-soal, kurikulum, manajemen sekolah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknis maupun administrasi persekolahan. Sedangkan untuk Biologi murni, kajian ilmu Biologi nya lebih luas daripada pendidikan Biologi.
Dari segi praktikum pun lebih banyak dan lebih kompleks Biologi murni (untuk mahasiswa Biologi murni, koreksi ya apabila ada yang salah. Soalnya saya ga ngambil Biologi murni. he)

Gelar yang Didapat di Biologi Universitas Negeri Makassar

Siapa sih yang tidak bangga namanya terdapat gelar dan pertanda dia seorang yang intelek(aamiin)? Apalagi ketika momen-momen wisuda yang mana nama anda ditambahkan gelar S.Pd ataupun S.Si. “eh, ko S.Pd ataupun S.Si?” ya, seperti yang sudah anda ketahui, gelar sarjana untuk mahasiswa Pendidikan Biologi dan Biologi murni itu berbeda. Karena Biologi murni cenderungnya termasuk kedalam kelompok MIPA dan pendidikan Biologi termasuk kelompok pendidikan. Di kebanyakan kampus pun memasukkan dua jurusan ini ke dalam fakultas yang berbeda, bisa jadi itu FMIPA maupun FKIP. Bahkan ada beberapa kampus yang sudah menjadikan jurusan Biologi murni sebagai fakultas Biologi. Otomatis kan, gelar yang didapat nya pun berbeda. S.Pd itu untuk sarjana pendidikan Biologi, sedangkan S.Si itu untuk Biologi murni.

Mata Kuliah Biologi Universitas Negeri Makassar dan Dosen favorit?

Mata kuliah yang saya pelajari banyak sekali dan setiap semester itu berbeda-beda dan juga praktikum. Untuk Biologi sendiri jumlah praktikum itu lebih banyak di banding jurusan Pendidikan Biologi dan di Biologi juga kami melakukan Praktikum Lapangan. Terakhir praktikum lapangan saya  disemester 4 ini itu Di Kebun Raya  Massenrempulu Enrekang mata kuliah Botani Tumbuhan tinggi atau biasa di singkat BTT. mata kuliah ini merupakan mata kuliah favorit saya juga. Banyak mata kuliah yang saya sukai di Biologi seperti Biologi konservasi yang juga masih ada praktikum lapangannya.

Untuk dosen di Biologi sendiri saya menyukai semua dosen. Namun, dosen favorit saya itu sendiri yaitu Ibu Syam yang merupakan dosen di mata kuliah BTT itu sendiri. Ada hal yang paling saya senangi di Biologi, yaitu praktikum. Praktikum merupakan hal yang sangat penting untuk seorang mahasiswa biologi, saya suka menggunakan jas lab seperti para peneliti kemudian membawah banyak buku di tas dan juga bahan-bahan prkatikum. Tapi yang saya tidak suka yaitu laporan, apalagi kalau sudah menumpuk yah jadi sana buat kalian yang kuliah di Biologi setelah selesai praktikum kalau waktunya kosong mending kerjain laporan aja  sebelum laporannya menumpuk. Hal-hal yang seru dan menyenangkan juga sering terjadi di laboratorium dan bahkan hal lucu jadi sangat tidak bosan apalagi di temenin ama teman-teman kelas yan kocak

Tips buat kalian  Maba di Jurusan Biologi UNM

Jadi saran buat kalian yang pengen ambil jurusan Biologi, kalian harus sabar dan konsisten dan juga jangan malas karena dijurusan biologi itu agak rumit. di tambah praktikum dan juga asisten-asisten yang sangat ***** hum di sensor yah. jadi saran untuk kalian yang lagi praktikum asistennya di dengerin dengan baik yah, jangan bandel klau bandel nanati dapat sendiri akibatnya. apalagi kalau laporannya yang pengerjaannya yang kurang baik nanti bisa di pantul berulang kali wkwkw.  Tapi selama kalian menikmatinya saya pikir Jurusan ini akan menjadi sangat menyenangkan jadi tergantung dari kalian sendiri yah.

Untuk anda yang sedang duduk di kelas 12 SMA, saya hanya sedikit berpesan pilihlah jurusan yang benar-benar anda sukai. Jangan hanya karena prospek kerjanya cerah membuat anda memilih jurusan tersebut padahal anda tidak menyukainya. Untuk masalah kerja, baik itu Biologi murni maupun Pendidikan Biologi ya kembali lagi ke orangnya. Karena belum tentu lulusan pendidikan Biologi pun semuanya akan menjadi guru. Pasti ada jalan lain yang telah Allah siapkan untuk anda semua.

Ikut di Lembaga-lembaga atau Organisasi Kampus?

Tips selanjutnya yaitu mengituki berbagai macam organisasi yang kita sukai yang dapat membuat kita meningkatkan potensi yang ada pada diri kita, jadi ke kampus nggk hanya kuliah tapi juga dapat ilmu di Lembaga. Di jurusan Biologi sendiri itu banyak lembaga yang mewadahi seperti Himpunan, dan Biro-biro seperti Kingdom Lab ART yang mewadahi mahasiswa di bidang seni, LPMBioma yang mewadahi mahasiswa di bidang Jurnalistik, dan ada MPA Gloeocapsa yang mewadahi mahasiswa di bidang Pecinta Alam. di Universitas juga banyak lembaga loh, ada UKM jadi kalian bebas mau pilih masuk di mana aja.

Prospek Kerja setelah Lulus Di jurusan Biologi?

Masa awal saya kuliah di jurusan Biologi, cukup banyak yang bertanya kesaya kemana saya akan bekerja setelah saya selesai nanti? apa lapangan kerja untuk jurusan biologi? dan saya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Namun saya tidak peduli karna saya hanya ingin menuntut ilmu saja. Setelah lulus saya sendiri hanya ingin menjadi seorang dosen tapi nanti kita lihat yah setelah lulus. Berikut beberapa penjelasan dan prospek kerja di jurusan Biologi. Secara umum, jurusan Biologi sangat cocok bagi kalian yang mempunyai jiwa petualang, suka akan hewan atau tumbuhan, dan suka membaca. Selain itu, bagi kalian yang memilih peminatan di Fisiologi Hewan atau Genetika, kalian dapat melanjutkan kuliah S2 di Fakultas Kedokteran. Apalagi saat ini genetika sedang berkembang di dunia.

Secara rinci dijelaskan sebagai berikut

Bagi lulusan S1 Biologi, ada banyak keterampilan dasar yang dapat diterapkan di berbagai industri dan tidak hanya terbatas pada sektor Sains dan Kesehatan saja. Pilihan karir yang bisa dipertimbangkan setelah menyelesaikan studi S1 Biologi adalah sebagai berikut:

  1. Peneliti Biologi
    Saat menjadi mahasiswa Biologi, kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah tentu akan bertambah. Apalagi didukung dengan daya analisa, keterampilan organisasi dan perhatian terhadap hal-hal detail membuat lulusan jurusan ini cocok menjadi ilmuwan riset atau ahli biologi.
  2. Bidang Komunikasi
    Apabila seorang lulusan S1 Biologi memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta dapat menyampaikan konsep ilmiah kepada masyarakat umum, maka mereka berkesempatan menjadi jurnalis, presenter, juru bicara, juru kampanye kebijakan dan penulis sains.
  3. Bidang Kesehatan
    Biasanya dibutuhkan tambahan studi pascasarjana. Jalur karir yang dapat dipilih misalnya fisioterapi, terapi wicara, konsultan khusus, atau melatih dokter umum. Lulusan ini juga bisa menjadi dosen di bidang kedokteran (khususnya untuk ilmu preklinik, seperti biologi, fisiologi, anatomi, biokimia, dll).
  4. Bidang Hukum
    Lulusan Biologi juga berkesempatan untuk bekerja di bidang hukum. Dimana pengetahuan ilmiah khusus akan dibutuhkan. Pilihan karir di bidang hukum yang dapat dipilih misalnya pematenan produk, ilmuwan forensik untuk polisi atau industri, pengembangan kebijakan dan konsultasi, dan sebagainya.
  5. Tenaga Pengajar
    Guru merupakan salah satu lapangan kerja yang juga dapat dipilih oleh lulusan Biologi murni. Selain itu menjadi dosen juga dapat menjadi pilihan yang menarik, karena profesi dosen dapat memperluas kesempatan untuk mengembangkan ketertarikan dalam bidang yang ingin digeluti.
  6. Lainnya
    Ada juga mereka yang memilih menjadi wirausahawan dan menerapkan bioteknologi dalam produk yang dijual. Selain itu mereka yang ingin mendalami bidang konservasi dan perlindungan alam juga bisa bergabung pada organisasi ternama seperti WCS (Wildlife Conservation Society), Terangi (Yayasan Terumbu Karang Indonesia), WWF, dan sebagainya. Lulusan Biologi juga biasanya banyak diminati oleh industri pertanian, bioteknologi, ekologi, genetika, neurobiologi, hortikultura, ilmu pangan, biologi kelautan, konservasi serta produksi dokumenter lingkungan dan satwa liar.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Jujur, setelah lulus saya sendiri ingin melanjutkan pendidikan S2 dan menjadi dosen dan jika memang  Allah memberi izin dan memberi saya rezeki. cita-cita saya dari kecil ingin menjadi seorang peneliti. Untuk rencana kedepan saya juga ingin membuat suatu perkebunan  buah anggur dimana perkebunan ini merupakan perkebunan yang saya olah dan teliti sendiri. jika diberi umur panjang saya juga ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Kode Konten: X142

Komen dibawah! 1

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *