Biologi

Biologi Universitas Negeri Makassar (Sari)

Biologi Universitas Negeri Makassar (Sari)

Halo intipers. Perkenalkan saya Sari Puspitha Mulya Sari, biasa dipanggil sari atau saripu. Saya mahasiswa jurusan Biologi Angkatan 2018 di Universitas Negeri Makassar . Saat ini saya tinggal jauh dari orang tua demi menuntut ilmu. Disini saya akan membagikan pengalaman saya yang berkesan selama berkuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan Biologi. Yuk, simak pengalaman seru saya yang insyAllah bermanfaat.

Apa yang dipelajari di Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar?

Biologi selalu identik dengan hafalan itulah yang terbenak dalam diri seseorang saat mendengar kata biologi. Ada yang mengatakan saya memilih biologi karena saya tidak piawai dalam hal hitung-hitungan. Faktanya kita tetap belajar materi perhitungan meskipun itu di biologi sekalipun misalnya perhitungan respirasi pada hewan. Biologi di Universitas Negeri Makassar mengajarkan kita banyak hal tentang segala proses yang terjadi pada makhluk hidup khusunya hewan dan tumbuhan. Mulai dari bakteri, protozoa atau bahkan virus yang merupakan makhluk terkecil dipelajari dalam biologi.

Sebenarnya kata dosen saya biologi ini bisa dikatakan sangat meluas karena segala proses mulai dari hal kecil yang terjadi pada makhluk hidup perlu kita ketahui. Perlu kalian ketahui belajar biologi juga ternyata menyangkut mata kuliah lain seperti kimia,fisika, dan matematika. Serta yang paling seru adalah prakikum dimana disini kita akan terlatih dalam me manage waktu dengan baik serta menantang. Saat praktikum anda dituntut untuk tepat waktu dan harus berani membedah katak,ular, cicak dan hewan serta tumbuhan lain yang menjadi bahan praktikum.

Slide5

Mata kuliah dan Dosen Favorit di Biologi Universitas Negeri Makassar?

Mata kuliah di jurusan biologi sebenranya sangat banyak ada Biokimia,Mikrobiologi Dasar, Morofologi tumbuhan,Fisiologi hewan,Zoologi vertebrata, Pendidikan Lingkungan hidup,Biologi konservasi,Botani tumbuhan tinggi, Struktur hewan,Perkembangan hewan dan evolusi. Sebenranya masih banyak yang belum saya sebutkan.

Diantara banyaknya materi yang ada saya sangat menyukai mata kuliah struktur hewan, Ilmu Gizi dan Botani tumbuhan rendah. Materi struktur hewan ini sangat berkaitan dengan segala struktur yang ada pada tubuh hewan. Jadi disini kita diajari ciri-ciri hewan serta jaringan yang menyusun pada hewan itu sendiri. Selain belajar di kelas kita juga ada praktikum. Kita bisa langsung membedah katak dan melihat jaringan yang menyusun hewan tersebut dan ini sangat seru.

Dalam belajar Botani tumbuhan rendah saya sangat suka materi Fungi. Kita mengenal segala macam jenis jamur yang ada di lingkungan dan langsung praktek di laboratorium. Kita amati segala struktur yang ada mengggunakan mikroskop. Sebenarnya kalau ditanya dosen favorit semuanya favorit, tapi yang menurut saya lebih favorit adalah Pak Junda. Menurut saya bapak mampu memposisikan dirinya sebagaimana mestinya jadi saat belajar kita seperti belajar dengan bapak sendiri selain itu beliau mampu menjelaskan materi yang ada lalu dihubungkan dengan lingkungan kehidupan sekitar sehingga materi lebih mudah dipahami selain itu beliau sering bercanda hingga suasana belajar selalu cair dan tidak tegang. Sarangheo Bapak

Pengamatan Melalui Mikroskop di biologi unm

Pengamatan Melalui Mikroskop

Kelompok Bidang Keahlian di Jurusan Biologi UNM?

Konsentrasi di jurusan biologi cukup banyak yaitu ada 7 biasanya disebut mata kuliah wajib dan pilihan. Dimana ada prodi pendidikan dan prodi sains.. Saya sendiri merupakan prodi sains.Konsentrasi tersebut adalah

1. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi : Keahlian ini biasanya lebih mengarah pada proses pembelajaran yang ada atau kurikulum agar nantinya dapat terlatih dalam hal pembelajaran.

2. Ekologi dan Lingkungan : Hal ini lebih focus pada kedaan sekitar atau keadaan lingkungan, misalnya bagaimana keadaan lingkungna, serta bagaimana cara kita dalam menjaga lingkungan agar tetap lestari

3. Fisiologi Tumbuhan : Hal ini lebih focus pada proses yang terjadi pada tumbuhan itu sendiri mulai dari kebutuhan unsur hara, fotosintesis,respirasi serta segala hal yang bekerja didalam tumbuhan.

4. Fisiologi Hewan dan manusia: Hal ini focus pada pola tubuh dan simetri, organisasi tubuh hewan, jaringan dasar, sistem organ dan perkembangan. Topik pembahasan meliputi: Integumentum, otot, skeleton, sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem peredaran. Matakuliah ini menggunakan metode pendekatan mikroskopis dan makroskopis untuk menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi organ dan sistem organ.

5. Sistematika Hewan dan tumbuhan : Hal ini lebih focus pada Klasifikasi yang merupakan pengelompokan makhluk hidup di dalam takson yang telah melalui pencairan keseragaman atau persamaan di dalam keanekaragaman. Manfaat klasifikasi adalah mempermudah mempelajari makhluk hidup satu dengan lainnya

6. Mikrobiologi : Hal ini lebih focus pada mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea.

7. Genetika : Hal ini lebih focus pada faktor keturunan dan suborganisme organisme (seperti virus dan prion). Selain itu kita juga kan diajarkan mengenai segala penyakit keturunan seperti buta warna,serta kelainan bertubuh pendek namun berwajah tua.

Tips-tips untuk Maba di Jurusan Biologi UNM

Mata kuliah di jurusan Biologi ini banyak belajar mengenai hewan dan tumbuhan, yang tentunya tidak lepas dengan kehidupan sehari-hari karena sangat berhubungan dengan diri kita. Selain itu dosen juga selalu mengatakan bahwa ilmu yang kita dapatkan hendaknya selalu kita amalkan dengan sharing kepada siapapun itu agar lebih bermanfaat. Dosen sering memberikan saran bahwa ilmu itu akan lebih bermanfaat saat kita mampu mengamalkannya dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tips yang lain adalah kalian harus belajar mengatur waktu dengan baik karena waktu itu bagaikan pedang kalian akan terluka saat tidak memanfaatkannya dengan baik. Saat praktikum hendaknya kalian mematuhi asisten praktikum serta membawa bahan praktikum sesuai yang diperintahkan. Tips lainnya adalah kita harus banyak belajar mengulang-ulang pelajaran yang sudah diajarkan agar nantinya kita dapat memahami dengan jelas materi yang sudah diajarkan.

Ikuti organisasi perlu?

Organisasi sangatlah penting saat kalian berada pada jenjang perkuliahan karena itu mampu menambah pengalaman kalian. Saya ikut dalam himpunan mahasiswa jurusan biologi (HIMABIO). Banyak hal yang saya dapatkan saat menjadi anggota himpunan. Mulai dari bagaimana membagi waktu antara akademik dan organisasi, menjadi teladan bagi siswa lain, saling menghargai serta menjadi penanggungjawab dalam sebuah program kerja. Intinya banyak hal yang akan kamu dapatka saat ikut berorganisasi. Tentunya yang tak bisa kamu dapatkan di dalam kelas. Terkadang ada yang mengatakan bahwa ikut organisasi akan beakibat buruk seperti nilai ipk akan turun dari semester sebelumnya. Menurutku itu adalah anggapan yang kurang tepat. Semua kembali pada pribadi setiap orang masing masing. Saat kalian mampu maka kalian akan mendapatkan keuntungan double sekaligus tapi disaat kalian tidak pandai dalam mengatur waktu maka kerugian akan mendatangi kalian.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan Biologi UNM kebanyakan menjadi guru Biologi di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK/sederajat) bagi prodi pendidikan. Banyak juga yang bekerja sebagai dosen khususnya yang sudah menempuh S2. Namun ada juga yang bekerja sebagai analisis laboratorium di perusahaan, bisa juga bekerja di LIPI serta di Dinas Kehutanan. Khusus untuk prodi sains bisa menjadi seorang ilmuwan. Selain itu saya melihat ada juga senior yang menjadi seorang wirausaha yang bergelut dalam penjualan tumbuhan hidroponik dan semacamnya.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Sebenarnya kalau harapan banyak, tapi kalau ditanya setelah lulus mau ngapain, rencana saya akan mengembangkan mengenai ilmu yang telah saya dapatkan ini dengan membuka bisnis serta terjun langsung sengan segala hal seperti organisasi diluar kampus yang tentunya dapat menambah pengalaman saya dan dapat bergaul,ataupun berbaur ataupun bekerjasama dengan banyak orang. Harapan pastinya jadi orang yang sukses dunia akhirat serta membahagiakan orang tua, saya berharap ilmu yang saya dapatkan di biologi bisa saya aplikasikan di kehidupan nyata.

Kode Konten: X115

Komen dibawah! 2

  1. fajaruddin

    Eakkkk dari jiii otw juga saya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *