Biologi

Biologi Universitas Sriwijaya (Egi)

Biologi Universitas Sriwijaya (Egi)

Halo intipers. Perkanalkan, saya Muhammad Egi Nara biasa dipanggil Egi, mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Sriwijaya Angkatan 2017. Universitas Sriwijaya (UNSRI) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dan merupakan Kampus terluas se-Asia Tenggara. Aku ingin memperkenalkan dan sharing pengalamanku selama berkuliah di jurusan Biologi UNSRI ini. Simak terus, ya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Biologi Universitas Sriwijaya?

Kampus di Indonesia umumnya memiliki dua jenis jurusan Biologi yaitu Biologi murni dan Pendidikan Biologi. Saya kuliah di jurusan biologi murni bukan pendidikan biologi. Di jurusan Biologi teman-teman akan mempelajari makhluk hidup, mulai dari mikroorganisme kecil sampai hewan terbesar. Jika suka dengan alam, jurusan yang satu ini juga sangat pas karena akan belajar banyak tentang lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, jurusan biologi juga akan mempelajari kesehatan manusia dan hewan. Bisa disebut bahwa biologi adalah dasar dari ilmu kedokteran. Malah dengan ilmu yang di dapat, bisa dipakai untuk merancang obat baru atau menemukan varietas tanaman unggul.

Slide3

Biologi murni seringkali dianggap angin lalu oleh sebagian orang, padahal mungkin saja mereka belum tahu prospek kerjanya. Seperti halnya dengan jurusan ilmu murni lainnya kebanyakan sebagian orang berpikir prospek kerja jurusan ini adalah sebagai guru, padahal kan kita tahu yaaa bahwa kalau jadi guru itu kuliahnya di jurusan Pendidikan.

Mata kuliah dan Tugas khas yang ada di Biologi Universitas Sriwijaya

Mata kuliah di jurusan biologi sebenranya sangat banyak dan beragam ada Biologi Umum, Bioetika, Biologi Sel, Biologi Molekular, Biokimia, Bioinformatika, BioEnergi, Mikrobiologi, Struktur (Hewan dan Tumbuhan), Perkembangan (Hewan dan Tumbuhan), Sistematika (Hewan,Tumbuhan dan Mikroba), Fisiologi (Hewan dan Tumbuhan), EkoFisiologi (Hewan dan Tumbuhan), Pencemaran Lingkungan, AMDAL, Genetika, Rekayasa Genetika dan masih banyak lagi. Diantara banyaknya materi yang ada saya sangat menyukai mata kuliah BioEnergi dan Bioteknologi. Dalam belajar BioEnergi kita akan belajar meliputi kebutuhan energi nasional dan supply energi, metodologi perencanaan energi dan mencari sumber-sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan di masa datang. Mata kuliah Bioteknologi kita akan mempelajari manfaat dari bioteknologi, teknologi DNA rekombinan, terapi gen, marka genetik, analisis forensik, biosensor dan etika bioteknologi.

Ohh ya, Yang paling seru kuliah di Biologi UNSRI sih praktikumnya. Tak Cuma praktikum di laboratorium, mahasiswa Biologi UNSRI sering juga terjung langsung ke alam. Halseru dari praktikum ialah kita akan terlatih dalam memanage waktu dengan baik serta harus tepat waktu dan kondusif. Saat praktikum kita harus berani membedah katak, mencit, ikan dan hewan lainnya serta tumbuhan yang menjadi bahan praktikum, Seruuu bukan.

Konsenterasi Bidang di Jurusan Biologi Universitas Sriwijaya?

Konsentrasi di jurusan biologi sangatlah banyak dan beragam hal ini dikarenakan biologi merupakan ilmu yang sangat luas kaitanya. Namun konsenterasi yang paling dominan dijurusan Biologi UNSRI, antara lain:

  1. Ekologi dan Lingkungan : Konsenterasi ini berfokus pada keadaan sekitar atau keadaan lingkungan, menginvestigasi hubungan antara populasi organisme dan karakteristik fisik dari lingkungan, serta mengetahui alternatif pemecahan masalah dengan pendekatan ekologis
  2. Tumbuhan : Konsenterasi ini lebih focus pada proses yang terjadi pada tumbuhan itu sendiri mulai dari kebutuhan unsur hara, metabolisme, hormon, senyawa kimia dalam tumbuhan, khasiat fisiologi zat kimia untuk tumbuhan dan manusia serta peran tumbuhan dalam kehidupan manusia dan pengobatan.
  3. Hewan :  Konsenterasi ini lebih focus pada struktur jaringan dan struktur anatomi sistem organ, perkembangan dan gametogenesis, sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem peredaran.
  4. Mikrobiologi : Konsenterasi ini lebih focus pada mikroorganisme berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Objek kajiannya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea. Mikrobiologi setara dengan zoologi (hewan) dan botani (tumbuhan), karena ruang lingkup mikrobia mencakup berbagai macam mikrobia dan aspek-aspek biologi, di antaranya fisiologi mikrobia, ekologi mikrobia dan sistematika mikrobia.
  5. Bioteknologi : Konsenterasi ini lebih focus pada penerapan sistem biologis dan organisme untuk proses teknis dan industri untuk kesejahteraan manusia, misalnya tanaman trangenik, pembuatan tempe, pembuatan nata de coco dan lainnya
  6. Molekular : Konsenterasi ini berfokus pada interaksi molekuler, struktur dan sifat kimia DNA, metode analisis DNA dan protein, struktur genom organisasi, genom prokariot dan eukariot, replikasi DNA.

Kuliah lapangan di Curup

Tips untuk para maba!

Materi kuliah di jurusan Biologi ini belajar mengenai mahluk hidup yang tentunya tidak lepas dengan kehidupan sehari-hari karena sangat berhubungan dengan diri kita. Tentu kita harus mencatat agar tidak lupa materi yang diberikan dosen, Tidak perlu mencatat semua penjelasan dosen. Cukup dengarkan baik-baik penjelasannya, lalu catat poin-poin penting. Pahami dan jangan hanya menghafal apa yang kamu catat. Dengan mencatat, kamu juga jadi lebih fokus dan Tidak ngantuk selama belajar di kelas. Tips yang lain adalah kalian harus belajar mengatur waktu dengan baik karena waktu itu bagaikan pedang kalian akan terluka saat tidak memanfaatkanyya dengan baik. Saat praktikum hendaknya kalian mematuhi asisten praktikum serta membawa bahan praktikum sesuai yang diperintahkan. Tips lainnya adalah kita harus banyak belajar mengulang-ulang pelajaran yang sudah diajarkan. Dengan begitu nantinya kita dapat memahami dengan jelas materi yang sudah diajarkan.

Jika kalian tetap mau mengembangkan minat di luar bidang Biologi (musik, olahraga, literasi, dsbnya), kalian harus terus melatih manajemen waktu dan stres. Tugas praktikum di jurusan terkait Biologi termasuk beragam dan akan memakan waktu yang lama walaupun sudah di cicil dari jauh hari dan itu melelahkan. Selain itu, jangan lupa sering olah raga, ya! Soalnya kalau sudah dekat deadline bisa mantengin laptop lebih dari 5 jam.

Ikuti organisasi perlu?

Organisasi sangatlah penting saat kalian berada pada jenjang perkuliahan karena itu mampu menambah pengalaman kalian. Intinya banyak hal yang akan kamu dapatka saat ikut berorganisasi yang tentunya tak bisa kamu dapatkan di dalam kelas. Terkadang ada yang mengatakan bahwa ikut organisasi akan beakibat buruk seperti nilai ipk akan turun dari semester sebelumnya. Namun menurut saya semua kembali pada pribadi setiap orang masing masing untuk membagi waktunya belajarnya dengan organisasi dengan baik. Saat kalian mampu maka kalian akan mendapatkan keuntungan double sekaligus.

Prospek Kerja di Jurusan Biologi

Bagi lulusan S1 Biologi, ada banyak keterampilan dasar yang dapat diterapkan di berbagai industri. Sebagai Sarjana Sains ilmu Biologi pekerjaaan yang paling identik ialah penelitian. Hal tersebut sejalan dengan peluang bekerja sebagai seorang Peneliti yang gemar mengakaji bidang keilmuan. Tidak cuma menjadi peneliti, Lulusan ilmu sains tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di Bank. Hal ini dapat terjadi karena bekerja di bank membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam bekerja yang notabene itu merupakan basic lulusan ilmu sains dalam bekerja.

Menjadi Tenaga Pendidik, Tenaga pendidik dari bidang keilmuan biologi tidak hanya di butuhkan di tingkat Sekolah Dasar sampai dengan SMA melainkan pada institusi pendidikan sekelas universitas membutuhkan dosen untuk mengajarkan ilmu biologi yang lebih mendalam sehingga dibutuhkan dosen dengan perkembangan pengetahuan yang baik dalam bidang keilmuan. Seorang lulusan ilmu biologi juga dpaat menjadi Wirausahawan yang menciptakan usahanya sendiri serta membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai jenis makhluk hidup serta perkembangannya. Usaha yang dibuka dapat berkaitan dengan makhluk hidup seperti tanaman maupun hewan yang dibudidayakan, Misalkan budidaya jamur, hidroponik.

Masih banyak lagi prospek kerja dari jurusan biologi. Biologi merupakan salah satu bidang sains berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup yang mempunyai cakupan luas dan menjanjikan.

Kode konten: X265

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *