Biologi

Biologi Universitas Sriwijaya (Enal)

Biologi Universitas Sriwijaya (Enal)

Hallo intipers! Perkenalkan Saya Ali Zainal Abidin Shahab yang biasanya dipanggil sebagai Enal. Saya merupakan seorang mahasiswa jurusan Biologi Universitas Sriwijaya (UNSRI) angkatan 2017. Di tulisan pertama Saya kali ini, Saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang sudah Saya tempuh selama (hampir) 8 semester di jurusan Biologi UNSRI. Penasaran kan? Yuk, simak pengalaman Saya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Biologi Universitas Sriwijaya?

Mungkin masih banyak yang belum bisa membedakan perbedaan antara jurusan Biologi dengan Pendidikan Biologi. Kalau di Pendidikan Biologi kita tidak hanya mempelajari ilmu biologi saja, tetapi juga kita akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan. Di Biologi kita difokuskan untuk mempelajari ilmu biologi secara luas dan mendetail tanpa mempelajari hal-hal yang ada hubungannya dengan pendidikan. Di jurusan Biologi, kita akan mempelajari segala aspek mengenai makhluk hidup. Mulai dari kajian pada tingkat molekuler, sel, jaringan, organ, sistem organ (termasuk anatomi dan fisiologi), dan masih banyak lagi yang intinya berkaitan dengan makhluk hidup. Makhluk hidup yang dipelajari di jurusan biologi pun bukan hanya hewan dan tumbuhan aja loh, tapi juga dipelajari tentang bakteri, virus jamur, dan tentu saja manusia. Selain mempelajari makhluk hidup, jurusan Biologi juga mempelajari tentang lingkungan.

Slide5

Dibalik ke-wadidaw-an jurusan Biologi ini, ada beberapa mitos ataupun mispersepi yang beredar di masyarakat. Salah satunya adalah mitos yang mengatakan bahwa “jurusan biologi itu ga jelas prospek kerjanya”. Kemudian banyak juga yang mengatakan bahwa jurusan Biologi ini bakal jadi guru ya nanti? Nah, ini merupakan mitos atau persepsi yang perlu diluruskan guys karena itu ga bener.

Mata kuliah Favorit dan Tugas khas di jurusan Biologi Universitas Sriwijaya?

Matakuliah yang dipelajari di jurusan Biologi sangat banyak, seperti biologi umum, biologi sel, struktur, perkembangan, dan fisiologi (hewan dan tumbuhan), bioetika, biokimia, mikrobiologi, genetika, sistematika (hewan, tumbuhan, dan mikroba), biologi molekuler, bioenergi, ekologi, bioteknologi, ekotoksikologi, rekayasa genetika, bioinformatika, parasitologi, fitokimia, botani ekonomi, dan masih banyak lagi.  Jika kalian berpikir di jurusan Biologi tidak ada pelajaran matematika, kimia, dan fisika, kalian SALAH BESAR! Karena di awal semester, Saya masih bertemu dengan matakuliah matematika dasar, kimia dasar, fisika dasar, kimia organik, dan statistika pengukuran. Ada empat matakuliah favorit saya, yaitu mikrobiologi, biologi molekuler, rekayasa genetika,  dan bioteknologi.

Mikrobiologi dan Biologi Molekuler

Hal yang menarik bagi Saya saat mempelajari mikrobiologi adalah mempelajari semua hal yang berkaitan dengan mikroorganisme, terutama bakteri. Di matakuliah mikrobiologi ini, Saya sangat suka mempelajari mengenai struktur sel bakteri, pertumbuhan dan pengendalian bakteri, serta teknik-teknik dalam mikrobiologi. Biologi molekuler merupakan matakuliah yang dianggap paling “rumit”, tetapi bagi Saya merupakan matakuliah yang sangat menarik dan menantang. Di matakuliah ini kita mempelajari mengenai materi genetik yang ada di makhluk hidup, yaitu DNA dan RNA. Di matakuliah ini juga dipelajari mengenai ekspresi gen yang mana ini sangat menarik dan juga teknik-teknik dalam biologi molekuler, seperti isolasi DNA, elektroforesis, dan PCR (Polymerase Chain Reaction).

Rekayasa genetika dan Bioteknologi

Rekayasa dan Bioteknologi memang dipisahkan menjadi dua matakuliah yang berbeda. Tetapi menurut Saya kedua matakuliah ini memiliki kemiripan dan hubungan yang sangat erat. Rekayasa genetika mempelajari teknik-teknik dalam memanipulasi organisme dan bioteknologi mempelajari mengenai implementasi dan hasil dari rekayasa genetika itu sendiri. Di kedua matakuliah ini, Saya mempelajari bagaimana cara melakukan kloning gen dari satu organisme ke organisme lain. Kemudian mengetahui implementasi dan kegunaan dari hasil rekayasa genetika yang ada di matakuliah bioteknologi, seperti insulin sintetis, terapi gen, organisme transgenik, dan lainnya.

Selesai membahas mengenai matakuliah favorit, Saya akan lanjut untuk membahas tugas khas yang ada di jurusan Biologi. Apa saja itu? Tentu saja praktikum. Yaps, praktikum adalah “makanan” sehari-hari mahasiswa FMIPA. Terutama mahasiswa jurusan Biologi dan laboratorium adalah tempat favorit Saya selain perpustakaan. Praktikum ini hampir ada di setiap semester dan matakuliah. Bagi Saya, praktikum adalah kegiatan belajar paling menyenangkan di kampus.

Selain praktikum di dalam laboratorium, pada beberapa matakuliah juga melaksanakan yang namanya “kuliah lapangan”. Kulap yaitu kegiatan praktikum yang dilakukan di luar laboratorium. Beberapa tempat kuliah lapangan yang pernah Saya kunjungi adalah bukit Kaba di Curup, Kebun Raya Bogor, dan LIPI.

Konsenterasi Bidang di Jurusan Biologi Universitas Sriwijaya?

Seperti yang sudah Saya sebutkan di awal mengenai luasnya cakupan ilmu yang dipelajari di jurusan Biologi, tetapi di jurusan Biologi UNSRI terdapat beberapa konsentrasi yang sering dipilih oleh mahasiswa, antara lain:

  1. Mikrobiologi: berfokus pada berbagai macam mikroorganisme yang ada di bumi, seperti bakteri, archaea, fungi, protozoa, dan alga mikroskopik. Cakupan yang dipelajari bidang mikrobiologi ini meliputi struktur sel mikroba, fisiologi mikroba, klasifikasi dan sistematika mikroba, serta peranan mikroba di lingkungan.
  2. Molekuler dan bioteknologi: berfokus pada penelitian mengenai interaksi molekuler, regulasi ekspresi gen pada organisme prokariot dan eukariot, penerapan dan pemanfaatan penelitian bioteknologi guna menunjang kebutuhan hidup manusia
  3. Tumbuhan: biasanya berfokus pada struktur, perkembangan, fisiologi, hasil metabolisme, kebutuhan hara, dan sistematika (klasifikasi dan identifikasi), peranan tumbuhan dalam kehidupan (khasiat obat, pewarna, agen fitoremediasi, dan lainnya)
  4. Hewan: biasanya berfokus pada struktur, perkembangan, fisiologi, hasil metabolisme, kebutuhan hara, dan sistematika (klasifikasi dan identifikasi), peranan hewan dalam kehidupan (khasiat obat, agen penyakit, dan lainnya)
  5. Ekologi dan Lingkungan: berfokus pada penerapan prinsip dan konsep ekologi dalam pengelolaan lingkungan, konservasi pada tingkatan ekosistem, peningkatan kualitas lingkungan, distribusi dan karakteristis ekosistem dan lingkungan, serta mencari alternatif pemecahan masalah lingkungan.

TIPS UNTUK MABA JURUSAN Biologi Universitas Sriwijaya

Mata kuliah di jurusan Biologi ini banyak berkaitan dengan kehidupan. Maka dari itu, kita harus fokus mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan oleh dosen. Jangan takut ataupun malu bertanya apabila kita belum paham atau ada hal yang menarik untuk ditanyakan kepada dosen. Kalau Saya pribadi tipe orang yang sangat suka mendengar dan mencatat. Maka dari itu Saya suka memfoto materi di slide atau merekam penjelasan dosen kemudian dicatat di buku catatan. Oh iya, Saya orangnya sangat terstruktur. Maka bagi saya lebih mudah untuk menyiapkan satu buku untuk satu matakuliah, tetapi gapapa kalo kalian biasa menggunakan binder untuk mencatat. Semua tergantung dengan kenyamanan individu dalam belajar hehe.

Selain belajar mandiri, kita juga harus belajar dan berdiskusi bersama teman-teman kita agar bisa lebih paham lagi. Perlu diingat juga bahwa interaksi sosial dengan teman dari jurusan lain juga penting. Mungkin kita ingin mengajak mereka dalam kegiatan lomba yang biasanya membutuhkan ilmu disiplin lainnya. Tips lainnya adalah, selain mengejar prestasi akademik, kita juga perlu mengejar prestasi non-akademik. Seperti mengikuti kegiatan organisasi dan juga lomba-lomba yang banyak diselenggarakan di tingkat kampus sampai internasional. Dengan itu kita bisa meningkatkan skill dan mempunyai relasi dengan teman baru dengan latar belakang kampus yang berbeda. Terakhir, jangan lupa mengatur waktu untuk belajar, organisasi, lomba, dan juga istirahat. Semua itu harus “balance” agar kita bisa nyaman dengan kehidupan perkuliahan kita.

Prospek Kerja di Jurusan Biologi

Lulusan jurusan Biologi akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si) dapat berkerja di berbagai bidang, terutama di bidang penelitian. Selain menjadi seorang peneliti, lulusan biologi pun bisa menjadi dosen, guru, konsultas lingkungan, ahli virus (dan ahli di bidang lainnya), wirausahawan, dan lainnya. Karena Biologi memiliki cakupan yang luas, jadi jangan khawatir mengenai prospek pekerjaan ya!

Harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus dari jurusan Biologi, Saya ingin melanjutkan pendidikan Saya di bidang biomedis. Saya berencana melanjutkan sekolah di Magister Ilmu Kedokteran Tropis dan Magister imunologi. Selain itu, Saya juga ingin melanjutkan kembali untuk mengambil Program Magister Biomedis FKUI di bidang Onkologi. Setelah itu, Saya ingin berkarir di Indonesia sebagai dosen di fakultas kedokteran dan peneliti untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia. Doain ya guys hehe. Aamiin

Kode konten: X297

enalshahab11
Hi, Im Enal! Your future immuno-oncologist Education Div of Komunitas Kanker Anak Sumatera Selatan Labwork Captain of iGEM Sriwijaya 2020

Komen dibawah! 7

  1. Annisa Apriliani

    Hallo kak, terima kasih sudah membuat artikel ini.
    Izin bertanya kak, apakah di jurusan biologi ini ada peminatannya kak?

    • enalshahab11

      Hallo! Biasanya peminatan itu tergantung kita pas ngambil mata kuliah pilihan di semester 5 sm 6, jd intinya peminatan itu tergantung km mau pilih matkulpil yg mana yg sesuai minat km

  2. Tiara

    Hallo kak ! Artikel ny bagus kk, menarik untuk dibaca.
    Izinn bertanya kak,kalo di jurusan biologi paling sering itu praktikum apa ya kak ?

  3. Dije

    Salam kenal dari angkatan 2001 😬

  4. Elwi grace apriyani purba

    Amin kak… 🙏🙏
    Semoga harapannya dikabulkan Tuhan ya kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *