Biologi

Biologi Universitas Sumatera Utara (Anggi)

Biologi Universitas Sumatera Utara (Anggi)

Pertama, kenalan dulu yuk. Hola..! Saya Anggi Aulia Nur Fazri, mahasiswa jurusan Biologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2018. Disini saya akan bercerita tentang pengalaman saya selama 4 semester menjalani kuliah di jurusan Biologi. Banyak yang bertanya, Biologi? Mau jadi apa? Rumit:( Banyak sebagian orang yang beranggapan begitu tentang jurusan Biologi. Eitss tapi jangan salah jurusan Biologi ini banyak loh peluangnya.

Mengenal Biologi

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang  makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, manusia hingga Mikroorganisme. Biologi itu asyik, keren dan membuat kita selalu bersyukur kepada pencipta alam semesta. Setiap hal yang dilakukan di Biologi menurutku benar-benar menakjubkan yang selama ini hanya tahu beberapa hal saja, disini kalian akan mengetahui semua tentang Makhluk hidup yang ada disekitar kita, bahkan di dalam tubuh kita pun ada. Disini saya akan membahas tentang Biologi Murni.

Matakuliah apa aja si yang ada di jurusan Biologi Universitas Sumatera Utara?

Di jurusan ini selain kuliah ada praktikumnya juga. Kalian akan mempelajari berbagai mata kuliah. Pada awal semester kita akan bertemu dengan mata kuliah Biologi, Kimia, Fisika Dasar, Matematika dasar, Pendidikan Pancasila dan Ilmu Budaya dasar B.inggris, B.Indonesia dll. Sedangkan semester selanjutnya akan belajar Statistika, Fisiologi Hewan, Struktur Hewan, Anatomi Morfologi Tumbuhan, Fisiologi Tumbuhan, Struktur Tumbuhan, Mikrobiologi, Genetika Perkembangan Hewan dan masih banyak lagi.  Selain itu ada juga praktikum Fisika dasar dan Kimia seperti Kimia Dasar, Kimia Organik dan Biokimia. lewat dari semester 3 Semua praktikum berkaitan dengan Biologi saja. Dari mata kuliah yang saya sebutkan di atas ada praktikumnya juga. Di praktikum ini yang paling menarik, karena suatu hal yang biasanya kalian hanya tau di teori akan di buktikan. Yang paling enak praktikum lapangan seruuu…. berkesan dan banyak kenangannya. Praktikum lapangan pertama kali akan dilakukan di Semester 3. Jangan lupaa Laporan menjadi makanan sehari-hari mahasiswa Biologi hehe..

Bagaimana cara mengatur waktu di jurusan Biologi?

Laporan yang menumpuk membuat sebagian mahasiswa Stress. Biasakan jangan menunda-nunda pekerjaan. Ingat bersusah susah dahulu bersenang-senang kemudian. Selesaikan segala jenis tugas kampus di hari Senin-Jum’at sehingga di hari Sabtu Minggu kalian dapat ikut kegiatan lain atau beristirahat. Di jurusan Biologi terkenal dengan jurusan Sibuk. Biasanya di semester 1-2 kalian masih mempunyai banyak waktu luang. Sempatkan untuk ikut UKM untuk memperluas wawasan dan aktif dalam berbagai hal. Disemester 1-2 banyak-banyaklah membaca dan ke perpustakaan untuuk mencari-cari literature atau materi-materi dalam perkuliahan. Selain itu di Biologi USU ada kakak/abang asuh yang siap membantu kalian untuk belajar di jurusan Biologi. Biasanya pembagiannya itu 2 tahun di atas kita. Yang saya lakukan pada saat liburan semester/waktu senggang biasanya mencatat apa yang akan dipelajari di semester selanjutnya sehingga bisa membantu dalam perkuliahan dan laboratorium.

Ada 7  bidang peminatan di Biologi Universitas Sumatera Utara

Bidang peminatan terdiri dari Fisiologi Hewan, Fisiologi dan Kultur Jaringan Tumbuhan, Ekologi Hewan, Ekologi Perairan, Ekologi Tumbuhan, Genetika dan Biologi Molekuler dan Mikrobiologi. Biasanya pengambilan bidang akan dilakukan pada semester 5.

Prospek Kerja

Setelah lulud dari jurusan Biologi tidak hanya jadi Guru saja. Prospek kerja Biologi sangat luas karena ilmu Kedokteran, Pertanian, Kehutanan, Perternakan, Lingkungan ada semua di Biologi. Biologi juga bisa bekerja di LIPI, BPOM, BPTT, Inhutani, Balai Veteriner, Perhutani, Laboratorium,  bahkan bekerja di Bank dan masih banyak lagi.  Wirausaha seperti Budidaya Jamur, Mengolah Pestisida Alami, Perkebunan, Ternak Mencit dll (Kalian akan menemukan banyak ide dijurusan Biologi).  Dan masih banyak lagi:)

Rencana Setelah Lulus dari Biologi Universitas Sumatera Utara

Dari SD, entah kenapa saya hanya tertarik bidang penelitian. Saya ingin menjadi ilmuwan. dan berencana akan melanjutkan s2 mengambil Biomedis doakan yaa!

Untuk kalian yang ingin mengambil jurusan Biologi dan yang sudah di jurusan Biologi SEMANGAT terus yaa!!.. Karena lelah kalian pasti akan membuahkan hasil yang kalian impikan, Sukses:)

Kode Konten: X201

 

Komen dibawah! 3

  1. Lydia

    Haii kak anggi ? aku mahasiswi biologi stambuk 19?

  2. Dila

    halo kak apah biologi biaa masuk menjado farmasi atau seorang apoteker?

  3. Dila

    halo kak apakah jurusan biologi bisaa menjadi farmasi atau seorang apoteker?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *