Biologi, Universitas Padjadjaran

Biologi Unpad (Hilman)

Biologi Unpad (Hilman)

Bismillah… Halo adik-adik sekalian. Apa kabarnya nih? Semoga dalam keadaan yang baik-baik saja ya. Pertama-tama perkenalkan saya Hilman, dari program studi Biologi Unpad. Biologi ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran. Kali ini, saya akan membagikan informasi tentang prodi Biologi nih. Pasti banyak dari adik-adik sekalian yang belum mengetahui secara mendalam tentang prodi ini. Maka dari itu, saya dengan senang hati akan menceritakan pengalaman saya selama perkuliahan di prodi Biologi. Semoga bermanfaat untuk adik-adik yang tertarik untuk menjadi mahasiswa/i di prodi Biologi ya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Kenapa sih harus pilih Biologi Unpad?

Biologi merupakan ilmu pengetahuan alam yang membahas tentang makhluk hidup serta segala fenomena yang menyertainya. Biologi menjadi ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seluruh kebutuhan kita sebagian besar berasal dari sumber daya hayati. Pangan, papan, dan sandang tak terlepas dari keberadaan sumber daya hayati. Dengan adanya sumber daya hayati, kehidupan manusia dapat terjamin dan tercukupi. Begitu pula sebaliknya, ketiadaan sumber daya hayati dapat mengakibatkan krisis dan masalah besar yang akan menimpa manusia juga.

Slide5

Permasalahan apa aja sih yang dibahas di Biologi Unpad?

Telah kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbanyak kedua di dunia setelah Brazil (tanpa memasukkan keragaman spesies perairan), bahkan menjadi negara dengan kekayaan biodiversitas terbesar di dunia, baik sumber hayati di daratan dan perairannya, itupun belum termasuk kekayaan hayati pada spesies alga maupun mikroorganisme yang ada. Kekayaan biodiversitas yang sangat melimpah, tidak diikuti dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam disekitarnya. Berbagai permasalahan muncul disaat manusia mengeksploitasi sumber daya hayati secara besar-besaran. Beberapa contoh bencana yang ditimbulkan diantaranya adalah banjir, overpopulasi, krisis pangan, polusi udara, bahkan hingga pandemi Covid-19 saat ini.

Menjadi mahasiswa Biologi itu keren!

Mahasiswa Biologi melihat semua permasalahan secara mendetail, terutama yang berkaitan dengan sumber daya hayati yang ada. Selain itu, mahasiswa Biologi memiliki banyak sekali pilihan untuk belajar sesuatu, diantaranya bisa memilih untuk belajar di bidang mikrobiologi, bakteriologi, biokimia, bioteknologi, virologi, sitologi, histologi, ekologi, teratologi, zoologi, etologi, ornitologi, ichtyologi, primatologi, botani, dan masih banyak lagi! Kerennya lagi, Biologi menjadi ilmu dasar yang wajib dipelajari oleh mahasiswa Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Farmasi, Kehutanan, bahkan Geologi sekalipun! Keren banget kan ilmu yang adik-adik dapatkan kelak bakal digunakan di berbagai rumpun keilmuan sains dan teknologi? Maka dari itu, jika adik-adik memang berminat untuk berkuliah di prodi Biologi jangan pernah ragu untuk memilihnya, karena prospek dari lulusan Biologi sendiri banyak dibutuhkan di berbagai instansi, terutama instansi yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Selain belajar tentang makhluk hidup, disini adik-adik akan banyak menemukan berbagai hal menarik, terutama tentang proses penciptaan makhluk hidup. Disinilah terdapat rasa takjub dan kagum terhadap semua ciptaan Tuhan yang dipelajari oleh adik-adik. Belajar Biologi membuat kita lebih mengenal makhluk hidup dan juga lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Hidup.

Kegiatan Kuliah Lapangan ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Kota Bandung

Konservasi adalah hal yang utama dalam Biologi.

Konservasi merupakan salah satu bidang ilmu Biologi yang membahas tentang pelestarian, perlindungan, dan pemanfaatan sumber daya hayati dengan bijak sehingga dapat berkelanjutan. Jadi, konservasi merupakan ilmu gabungan dari beberapa rumpun ilmu pengetahuan, baik dari Biologi, maupun bidang ilmu lainnya seperti hukum, geografi, ekonomi, politik, sosiologi, dan sebagainya. Penyusutan jumlah populasi spesies terancam punah merupakan kajian khusus dalam konservasi, selain mengkaji pula habitat tempat spesies terancam tersebut tinggal beserta aspek sosial humaniora yang menyertainya. Sebagai mahasiswa Biologi Unpad, adik-adik akan mempelajari bagaimana cara untuk memanfaatkan, menggunakan, melestarikan maupun memuliakan spesies dan lingkungan hidup yang menjadi kajian dari Biologi. Status Indonesia dengan maraknya alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian menjadi hal yang penting untuk adik-adik pelajari. Dengan demikian, adik-adik akan dituntun untuk bijak dalam mengelola sumber daya hayati yang ada serta melindunginya dari ambang kepunahan.

Harapan terhadap mahasiswa Biologi Indonesia?

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan hayati paling banyak di dunia. Pemanfaatan sumber daya hayati yang baik dan benar, akan berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kendala yang dialami oleh masyarakat terhadap pemanfaatan sumber daya hayati Indonesia yang ada adalah minimnya pengetahuan yang utuh, baik dan benar. Masyarakat cenderung abai dalam mengeksploitasi sumber daya hayati yang ada, seperti lebih memilih untuk melakukan pembakaran hutan untuk alih fungsi lahan tanpa melihat akibat yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan terhadap ekosistem didalamnya. Selain masyarakat, beberapa kebijakan pemerintah yang mempermudah pembalakan hutan menjadi lahan pertanian monokultur kelapa sawit mengakibatkan banyak konflik yang terjadi, khususnya konflik manusia dan satwa liar. Ini menjadi perhatian utama bagi para pemerhati lingkungan dengan semakin menyusutnya jumlah habitat hutan yang ada di Indonesia akan berdampak buruk terhadap keseimbangan ekosistem di masa mendatang.

Mahasiswa Biologi, selain sebagai pembelajar, sudah seharusnya ikut berperan dalam menyelamatkan keanekaragaman hayati yang ada. Pemerosotan jumlah keanekaragaman hayati dan kerusakan habitatnya menjadi isu utama yang harus segera ditemukan solusinya dengan cepat dan tepat. Selain menyelamatkan makhluk hidup lainnya, mahasiswa Biologi juga dapat berperan untuk menyelamatkan sesama manusia dari kehancuran.

Sebagai penutup, saya mengutip satu ayat dari Al-Qur’an sebagai bahan renungan bagi kita semua terhadap kerusakan alam, yaitu Q.S. Al-A’raf ayat 56 yang artinya “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan”.

Kode konten: X434

Komen dibawah! 2

  1. Faza

    Halo kak, mau bertanya yang menonjol dari prodi biologi ubpad dibanding univ lain itu apasih? Dan apakah prodi biologi unlad memiliki program fast track? Terima kasih

  2. hilmans10

    Di Biologi Unpad sendiri lebih menonjol ke bidang lingkungannya (ekologi). Untuk fast track sendiri, di Biologi Unpad saya belum mengetahuinya. Tetapi mungkin di prodi lain di Unpad terdapat prodi yang menyelenggarakan program fast track.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *