Biologi, Unversitas Sriwijaya

Biologi UNSRI (Yahya)

Biologi UNSRI (Yahya)

Halo intipers. Perkenalkan, saya Yahya Muhaimin biasa dipanggil Yahya atau Imin, mahasiswa jurusan biolog UNSRI atau Universitas Sriwijaya, bukan pendidikan biologi ya. Angkatan 2017. Disini saya ingin membagikan pengalaman selama 6 semester di jurusan biologi. Mungkin diantara kalian ada yang belum tau tentang Universitas Sriwijaya. Jadi Universitas Sriwijaya (UNSRI) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dan merupakan Kampus terluas se-Asia Tenggara dengan dua lokasi kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Baiklah aku akan memperkenalkan dan sharing pengalamanku selama berkuliah di jurusan Biologi ini. Yok Simak sampai habis ya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Apa yang dipelajari di Jurusan Biologi UNSRI

Udah kenal lama sama yang namanya Biologi, kan? Sesuai dengan namanya Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup. Di jurusan Biologi teman-teman akan mempelajari makhluk hidup, mulai dari mikroorganisme sampai hewan dan tumbuhan. Jika suka dengan alam, jurusan yang satu ini juga sangat pas karena akan belajar banyak tentang lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, jurusan biologi juga akan mempelajari kesehatan manusia dan hewan. Bisa disebut bahwa biologi adalah dasar dari ilmu kedokteran. Malah dengan ilmu yang di dapat, bisa dipakai untuk merancang obat baru atau menemukan varietas tanaman unggul.

Biologi selalu identik dengan hafalan itulah yang terbenak dalam diri seseorang saat mendengar kata biologi, padahal kita hanya perlu memahami konsepnya saja. Pasti akan mudah dan ada juga yang mengatakan saya memilih biologi karena saya tidak piawai dalam hal hitung-hitungan. Nyatanya di biologi pun tetap belajar matematika loh dan juga di Jurusan Biologi sering dianggap lulusannya kebanyakan menjadi guru/dosen biologi. Tetapi bukan hanya menjadi guru atau dosen. Dengan mempelajari ilmu biologi banyak sekali ilmu yang kita dapat sehingga penerapan ilmu biologi tidak hanya dalam dunia pendidikan. Untuk lebih lengkapnya di part selanjutnya ya.

Konsenterasi Bidang di Jurusan Biologi UNSRI?

Konsentrasi di jurusan biologi sangatlah banyak dan beragam hal ini dikarenakan biologi merupakan ilmu yang sangat luas kaitanya. Namun konsenterasi yang paling dominan dijurusan Biologi UNSRI, antara lain:

pmb2-min
  • Ekologi dan Lingkungan : Konsenterasi ini berfokus pada keadaan sekitar atau keadaan lingkungan, menginvestigasi hubungan antara populasi organisme dan karakteristik fisik dari lingkungan, serta mengetahui alternatif pemecahan masalah dengan pendekatan ekologis
  • Mikrobiologi : Konsenterasi ini lebih focus pada mikroorganisme berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Objek kajiannya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea. Mikrobiologi setara dengan zoologi (hewan) dan botani (tumbuhan), karena ruang lingkup mikrobia mencakup berbagai macam mikrobia dan aspek-aspek biologi, di antaranya fisiologi mikrobia, ekologi mikrobia dan sistematika mikrobia.
  • Bioteknologi : Konsenterasi ini lebih focus pada penerapan sistem biologis dan organisme untuk proses teknis dan industri untuk kesejahteraan manusia, misalnya tanaman trangenik, pembuatan tempe, pembuatan nata de coco dan lainnya
  • Molekular : Konsenterasi ini berfokus pada interaksi molekuler, struktur dan sifat kimia DNA, metode analisis DNA dan protein, struktur genom organisasi, genom prokariot dan eukariot, replikasi DNA.
  • Tumbuhan : Konsenterasi ini lebih focus pada proses yang terjadi pada tumbuhan itu sendiri mulai dari kebutuhan unsur hara, metabolisme, hormon, senyawa kimia dalam tumbuhan, khasiat fisiologi zat kimia untuk tumbuhan dan manusia serta peran tumbuhan dalam kehidupan manusia dan pengobatan.
  • Hewan :  Konsenterasi ini lebih focus pada struktur jaringan dan struktur anatomi sistem organ, perkembangan dan gametogenesis, sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem peredaran.

Mata kuliah dan Tugas khas yang ada di Biologi

Mata kuliah di jurusan biologi sebenranya sangat banyak dan beragam ada Biologi Umum,  Biologi Sel, Ornitologi,  Biologi Molekular, Entomologi, Biokimia, Ekologi Ekperimental, Bioinformatika, BioEnergi, Mikrobiologi, Struktur (Hewan dan Tumbuhan), Perkembangan (Hewan dan Tumbuhan), Sistematika (Hewan,Tumbuhan dan Mikroba), Fisiologi (Hewan dan Tumbuhan), EkoFisiologi (Hewan dan Tumbuhan), AMDAL, Metabolisme Tumbuhanm, Nutrisi Tumbuhan, Rekayasa Genetika dan masih banyak lagi. Diantara banyaknya materi yang ada saya sangat menyukai mata kuliah Metabolisme Tumbuhan. Di mata kuliah ini kalian akan banyak sekali belajar tentang metabolime dimulai dari metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, metabolisme lemak, anabolime, katabolisme serta sintetis hormon tumbuhan. Misalnya hormon auksin. Nanti kita akan belajar dari proses pembentukan hormon auksin sampai manfaatnya bagi tumbuhan. Seru kan memperdalam materi tentang metabolisme dan sintesis hormon tumbuhan.

Ohh ya, kuliah di Biologi UNSRI yang paling seru sih praktikumnya. Tak Cuma praktikum di laboratorium, mahasiswa Biologi UNSRI sering langsung kealam atau kita melalukan kuliah lapangan. Seru kan J. Kelebihan dari praktikum ialah kita akan terlatih dalam manajemen waktu dengan baik serta harus tepat waktu dan kondusif dan juga kita dilatih untuk menjadi pribadi yang jujur. Saintis berjaya.

Kegiatan kuliah lapangan di bukit kaba, curup.

 Tips untuk para maba!

Mata kuliah di jurusan Biologi ini banyak belajar mengenai hewan dan tumbuhan, yang tentunya tidak lepas dengan kehidupan sehari-hari karena sangat berhubungan dengan diri kita. Tips yang lain adalah kalian harus belajar mengatur waktu dengan baik karena waktu itu bagaikan pedang kalian akan terluka saat tidak memanfaatkanya dengan baik. Saat praktikum hendaknya kalian mematuhi asisten praktikum serta membawa bahan praktikum sesuai yang diperintahkan. Tips lainnya adalah kita harus banyak belajar mengulang-ulang pelajaran yang sudah diajarkan agar nantinya kita dapat memahami dengan jelas materi yang sudah diajarkan.

Ikuti organisasi perlu?

Organisasi penting tapi tapi harus mengikuti organisasi yang kita sukai. Dengan itu kita meningkatkan potensi, jadi ke kampus nggk hanya kuliah tapi juga dapat ilmu. Banyak hal yang saya dapatkan saat menjadi anggota himpunan. Mulai dari bagaimana membagi waktu antara akademik dan organisasi, menjadi teladan bagi siswa lain, saling menghargai serta menjadi penanggungjawab dalam sebuah program kerja.

Intinya banyak hal yang akan kamu dapatka saat ikut berorganisasi. Tentunya tak bisa kamu dapatkan di dalam kelas. Terkadang ada yang mengatakan bahwa ikut organisasi akan beakibat buruk seperti nilai ipk akan turun dari semester sebelumnya. Menurutku itu adalah anggapan yang kurang tepat. Semua kembali pada pribadi setiap orang masing masing apakah dia mampu membagi waktunya belajarnya dengan organisasi dengan baik. Saat kalian mampu maka kalian akan mendapatkan keuntungan double sekaligus tapi disaat kalian tidak pandai dalam mengatur waktu maka kerugian akan mendatangi kalian.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan Biologi UNSRI ada yang kerja di dinas lingkungan hidup. Banyak juga yang bekerja sebagai dosen khususnya yang sudah menempuh S2. Namun ada juga yang bekerja sebagai analisis laboratorium di perusahaan.Bisa juga bekerja di instansi pemerintah, industri, dan lembaga penelitian misalnya LIPI, Biofarma. Khusus untuk prodi sains bisa menjadi seorang ilmuwan. Selain itu saya melihat ada juga senior yang menjadi seorang wirausaha yang bergelut dalam penjualan tumbuhan hidroponik dan lain-lain. Jadi jangan takut ya jadi lulusan biologi. Semangat!!!

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Rencana saya akan mengembangkan mengenai ilmu yang telah saya dapatkan ini dengan membuka bisnis. Juga terjun langsung dengan segala hal seperti organisasi diluar kampus yang tentunya dapat menambah pengalaman saya dan dapat bergaul, ataupun berbaur ataupun bekerjasama dengan banyak orang. Harapan pastinya jadi orang yang sukses dunia akhirat serta membahagiakan orang tua. Saya berharap ilmu yang saya dapatkan di biologi bisa saya aplikasikan di kehidupan nyata.

Kode konten: X317

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *