Biologi UPI (Risya)

Halo Intipers! Nama aku Risya Silky dari jurusan Biologi murni Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA UPI. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Biologi UPI?

Kita belajar tentang seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta ini, mulai dari mikro organisme seperti bakteri, virus, protozoa hingga makro organisme seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Kita belajar juga tentang kesehatan pada hewan dan manusia. Kuliahnya enjoy dan gak bosan karena banyak juga kuliah lapangannya. Kuliah lapangan itu seperti ke pantai, ke alam, ke banyak ekosistem baik outdoor maupun indoor, misalnya ke Baluran. Ada 6 konsentrasi yang bisa dipilih pada semester 6:

  1. Mikrobiologi tentang bakteri, jamur, dll.
  2. Biologi molekuler tentang DNA dan RNA
  3. Bioinformatika, tentang menganalisis dan mengolah data informasi biologis di komputer
  4. Bioteknologi tentang kultur jaringan pada tumbuhan
  5. Fisiologi
  6. Ekologi

Tugas kuliah di Biologi UPI kaya gimana?

Tugasnya banyak, buat laporan praktikum dari hasil praktikum yang sudah dilakukan, buat jurnal seperti persiapan untuk praktikum dan menggambar juga. Menggambar struktur tumbuhan, anatomi dan morfologi organisme. Kita juga akan membuat buku peri kehidupan tentang satu spesies atau jenis hewan, tumbuhan, bakteri.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit itu Mikrobiologi dan Ekologi. Keduanya beda banget, mikrobiologi itu belajar tentang bakteri dan biasanya di laboratorium, sedangkan kalau Ekologi kita harus menjelajah alam begitu.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya itu pada tugasnya sendiri, karena lebih banyak dari jurusan lain dan di semester awal itu bahkan sampai gak sempat buat main. Tugasnya itu tipikal yang harus dicicil gak bisa jadi deadliners karena saking banyaknya. Untuk penelitiannya itu harus lebih butuh skil dan biaya yang lebih karena biayanya cukup menguras, misalnya membeli reagen untuk enzimnya itu sangat mahal.

schooters

Prospek kerja Biologi UPI / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerjanya luas, bisa ke berbagai lembaga mulai dari lembaga kesehatan, penelitian, perikanan, perhutanan, kelautan, peternakan, perkebunan dan masih banyak lagi.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tipsnya itu hadapi dan nikmati, karena beneran gak berasa dan enjoy karena gak monoton di kelas belajarnya.

Kode Konten: Y174

Komen dibawah! 3

  1. Zalfa febriana

    Hello kak, aku mau tanya nii, apa kaka sudah lulus kuliah? Karena aku baca artikelnya gaada keterangannya disitu hehe
    Kalo udh lulus, dan kalo boleh tau skrg kaka kerja dimana?
    Oh iya lulusan biologi murni itu luas ga ya buat prosfek kerjanya dan yang gajinya lumayan menjajikan gitu kak, terimakasih kak sebelumnya, aku kls 12 skrg dan butuh bngt jawabannya skrg² ini ya kaka hehe

  2. Nadiah Hoirunnisa

    Bismillah, kak mau bertanya kakak sudah lulus kah?? Jika sudah menurut kakak prospek dan peluang kerja di biologi itu gimana ?? Mudah atau sulit kak untuk mencari pekerjaannya? Dan seperapa sering kakak kuliah lapangan saat berkuliah di biologi upi?? Terimakasih kak atas perhatiannya. Semoga kakak selalu sehat aamiin

  3. Rahadian Noor Madanu

    Kak izin bertanya terkait pengujian di laboratorium mikrobiologi untuk anak kampus selain UPI apakah kakak tau mengenai proseduralnya bagaimana? Terima kasih kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *