Bioteknologi

Bioteknologi Unika Atma Jaya (Revelo)

Bioteknologi Unika Atma Jaya (Revelo)

Halo intipers!! Perkenalkan nama saya Revelo Eved Christos, mahasiswa Program Studi Bioteknologi Unika Atma Jaya, Fakultas Teknobiologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2018. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang saya lalui selama  4 semester ini dan semoga bermanfaat untuk kalian. Yuk, simak pengalaman saya!! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Prodi Bioteknologi Unika Atma Jaya?

Program Studi Bioteknologi yang saya ambil di UNIKA Atma Jaya ini bukanlah pendidikan biologi atau biologi murni. Melainkan berbasis bioteknologi yang sekarang ini sedang menjadi tren di dunia. Apa bedanya pendidikan biologi, biologi murni dan bioteknologi? Yang saya tahu, pendidikan biologi itu mempelajari cara membuat kurikulum dan mengajar biologi dengan baik. Biologi murni lebih mempelajari biologi secara luas dan kompleks,. Bioteknologi merupakan terapan dari biologi yang mempelajari  pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup untuk produksi barang dan jasa yang berguna bagi kehidupan manusia. Contoh gampangnya adalah pembuatan makanan fermentasi yang memerlukan mikroorganisme. Selain fermentasi, saya juga mempelajari rekayasa genetika, teknik kloning, kultur jaringan, bioremediasi, dan pemasaran produk-produk bioteknologi serta dipadukan dengan terapan lainnya seperti mikrobiologi, biokimia, genetika, imunologi, dan lain sebagainya.

Mata kuliah yang khas di Bioteknologi Unika Atma Jaya

Mata kuliah khas di Program Studi Bioteknologi ini adalah teknologi DNA. Hal yang paling menarik dari mata kuliah teknologi DNA adalah bagaimana kita  mengamati DNA yang diambil dari bakteri tertentu yang dibantu dengan instrumen-instrumen khusus yang tentunya menarik dan merupakan salah satu pengalaman berharga di program studi ini. Di mata kuliah Teknologi DNA ini, saya juga mempelajari  teknik PCR yang sekarang ini sedang booming untuk tes penderita COVID-19 dan teknik kloning dasar yang berguna untuk masa depan. Mata kuliah khas lainnya adalah mikrobiologi.

Slide5

Di mata kuliah mikrobiologi, saya diajari cara menumbuhkan bakteri pada wadah baru yang disebut agar dengan berbagai teknik goresan yang sangat menarik. Selain itu, saya juga mempelajari  cara mengamati bakteri atau jamur menggunakan mikroskop dan dapat melihat berbagai macam warna yang berbeda-beda. Mata kuliah cendawan juga khas di program studi ini, saya mempelajari cara menumbuhkan jamur di agar maupun di media tanam lainnya serta melakukan pengamatan berbagai jenis jamur baik yang ada disekitar kita, jamur penyebab penyakit, dan jamur yang sering kita makan. Masih banyak lagi mata kuliah yang khas seperti kultur jaringan, teknologi fermentasi, biakan hewan, bioremediasi, teknologi pangan, bioreaktor, virologi, fisiologi tumbuhan dan lain-lain.

Dosen yang khas dan favorit

Selain mata kuliah, ada juga dosen-dosen yang khas dan merupakan favorit bagi saya. Dosen favorit saya diantaranya adalah pak Yogi, kak Renna, kak Stephanie, dan kak Mesa. Pak Yogi merupakan dosen yang terkenal dengan guyonan serta ramah terhadap mahasiswa. Selain itu, ada kak Renna yang menjadi kepala bidang kemahasiswaan yang baik serta aktif. Ada juga kak Stephanie yang ceria dan sangat dekat dengan mahasiswanya. Terakhir, ada kak Mesa yang selalu membuat kuliah menarik dan sering membuat tugas dengan hadiah bento buatannya untuk para pemenang. Masih banyak lagi dosen-dosen yang khas dan menjadi favorit bagi teman-teman saya yang lain.

Tips untuk calon Maba

Awalnya saya pikir program studi ini sangat berat dan saya tidak cukup tangguh untuk menghadapinya, mungkin teman-teman saya yang lain merasakan hal yang sama. Tapi banyak cara yang saya lakukan agar mampu beradaptasi dan akhirnya pun nyaman di Program Studi Bioteknologi ini. Untuk mahasiswa baru, awal-awalnya akan terasa berat dengan tugas seperti Rencana Kerja Praktikum (RKP) dan laporan yang harus dikumpulkan tiap minggunya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencicil tugas tersebut selagi waktu kita senggang dan jadikan itu sebagai hobi. Tapi jangan berpikir Program Studi Bioteknologi ini isinya hanya tugas-tugas yang berat saja.

Program studi ini juga mewadahi mahasiswa untuk berorganisasi. Organisasi mahasiswa di bawah fakultas yang kami punya adalah BPM, Senat Mahasiswa, Everest (pencinta alam), Microbes (Jurnalistik), I-Club (Fotografi), dan Science Club. Selain itu, kami juga ada banyak wadah kepanitiaan dan UKM baik ditingkat fakultas maupun universitas. Organisasi juga penting untuk memperkuat relasi pertemanan, baik satu fakultas, antar fakultas, ataupun dengan dosen. Semakin kita merasa punya keterikatan erat dengan dunia perkuliahan, semakin kita semangat untuk menjalani semua rintangan di dunia perkuliahan.

Prospek kerja

Prospek kerja yang paling menjanjikan dari program studi ini adalah sebagai peneliti atau analis. Peneliti atau analis ini bisa bekerja di BPOM, kementrian pertanian, industri makanan dan minuman, farmasi, kosmetika, ataupun di laboratorium-laboratorium terkemuka di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, kita juga dapat menjadi dosen maupun tenaga pengajar yang berguna mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita juga bisa loh menjadi  konsultan bioinformatika, farmakogenetika, nutrigenomika, dan bioetikawan. Buat kalian yang nggak takut mayat juga bisa menjadi ahli forensik. Terakhir, kita juga bisa menjadi wirasusahawan yang membuat produk-produk baru yang menarik dan berguna bagi orang lain.

Harapan dan rencana setelah lulus

Harapan saya setelah lulus masih terbagi menjadi 2, antara melanjutkan studi atau membangun karir terlebih dahulu. Rencananya saya akan melanjutkan studi di luar negeri , negara-negara yang menurut saya cocok untuk melanjutkan studi bioteknologi yaitu China, Korea Selatan, Jerman, Finlandia, dan Amerika Serikat. Tetapi diluar itu, saya ingin mecoba membangun karir sebagai modal untuk melanjutkan studi. Beberapa rencana karir yang sedang saya pikirkan adalah membuat produk dengan menggunakan ilmu bioteknologi atau membuat usaha pengalengan ikan yang merupakan salah satu tantangan di Indonesia.

Kode Konten: X165

Komen dibawah! 1

  1. reveloeved

    Teman-teman yang mau tanya bisa DM IG @reveloeved. Feel free to ask me any question anytime!!!!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *