Bioteknologi, Universitas Brawijaya

Bioteknologi Universitas Brawijaya (Chaca)

Halo sobat intipers! Saya Chaca Nugraha Zaid dari jurusan Bioteknologi Universitas Brawijaya. Selain kuliah, aku sekarang menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi UI. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Bioteknologi Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Bioteknologi itu kan terdiri dari 2 kata ya, bio dan teknologi. Biasanya orang-orang cukup banyak yang tertipu gitu, orang banyak menyangka jurusan ini tuh teknologi yang ada biologinya. Sebenernya bioteknologi itu cukup banyak belajar tentang kimia, biologi dan juga teknologi. Bioteknologi ini mungkin lebih dikenal dengan rekayasa genetika, mengoptimalkan proses menggunakan mikroba.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Bioteknologi Universitas Brawijaya?

Memilih prodi Bioteknologi di UB itu karena waktu itu hanya di UB, prodi di PTN yang langsung Bioteknologi. Umumnya kalau di PTN itu dari jurusan yang umum dulu nanti baru penjurusan lagi di pertengahan tahun. Kalau yang langsung Bioteknologi adanya di UB, makannya langsung pilih UB.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Bioteknologi Universitas Brawijaya?

Banyak ya mata kuliahnya, di tahun pertama itu belajar mulai dari yang dasarnya. Ada mata kuliah biologi dasar, fisika dasar, kimia dasar, matematikanya juga ada. Nanti ketika tahun berikutnya mulai ke mata kuliah yang jurusan, mulai dari mikrobiologi, biomaterial, rekayasa genetika, dan lain-lainnya.

Di antara semua mata kuliah, yang paling struggle itu rekayasa genetika. Di mata kuliah itu kita melakukan rekayasa pada bakteri. Itu bisa berhasil, bisa juga gagal, karena untuk berhasilnya memang agak sulit, jadi itu tantangannya. Kalau mata kuliah yang cukup saya senangi yaitu mikrobiologi. Di mikrobiologi kita melihat mikroba tumbuh, menghitung mikroba, lihat warna mikroba. Pokoknya mikroba itu unik, banyak warnanya, dsb.

Banyak juga praktikumnya, dari semester 1-4 memang jadwal lagi padet-padetnya untuk praktikum. Biasanya di lab. Misalnya kalau praktik mikrobiologi kita praktik menumbuhkan mikroba/bakteri lalu dilihat proses tumbuhnya, dihitung jumlahnya. Biasanya butuh waktu lama, misalnya kalau praktikumnya pagi itu bisa selesai siang. Bahkan kita gantian selama 7 hari lihat perkembangan bakterinya. Selain di kampus kita juga biasanya ada kunjungan industri, melihat secara langsung pertumbuhan mikroba di industri itu seperti apa, hasil produknya seperti apa.

Setelah praktikum biasannya kita diminta untuk buat laporan praktikum. Biasanya ini yang jadi keluhan temen-temen juga karena laporannya banyak dan setiap pekan ada. Setiap praktikum itu di akhir semester laporan praktikum bisa numpuk banyak sekali. Selain laporan praktikum, biasanya ada tugas kelompok, dsb.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Bioteknologi UB itu fokusnya ke Bioteknologi industri. Kita belajar mencakup industri kedokteran, pangan, perikanan juga. Jadi cukup banyak mencakup banyak ranah karena nantinya ada fokusnya sendiri. Ada bioteknologi kedokteran, bioteknologi perikanan, bioteknologi pangan, bioteknologi pertanian, dll.

Expo-PTN

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada  SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri juga jadi sama kaya jurusan lain. Kebetulan aku masuk lewat jalur mandiri, temen-temen bisa cek ke ig UB atau websitenya UB. Di sana diinfokan juga detail pelaksanaan seleksinya.

Kalau untuk kuota penerimaan biasanya 100 orang seangkatan, ada kuota persentase yang beda tiap jalur masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Bioteknologi itu tidak seperti yang temen-temen bayangkan, ada banyak pelajaran biologi. Banyaknya itu belajar lebih dalam tentang kimia, biologi hanya sebagai luarannya aja, jadi harus banyak belajar kimia juga.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kebanyakan alumni diterima di industri pangan yang berkaitan dengan mikrobiologi. Ada juga yang jadi dosen dan peneliti yang gak jauh berkaitan dengan rekayasa genetika dan vaksin juga ada.

Harapan dan rencana ke depannya?

Rencana lanjut S2 sambil kerja juga.

Q&A

  1. Apa bisa lulusan SMK TKJ masuk rumpun Agro UB?

Seleksi di UB kan ada yang berdasarkan yang kita pilih. Kalau temen-temen lewat jalur mandiri itu bisa.

  1. Bioteknologi itu penting gak untuk masa depan?

Bioteknologi itu penting, sederhana saat ini, vaksin itu fokusnya dari bioteknologi kedokteran. Kalau dalam bioteknologi pangan itu, misalnya salah satu produknya itu nangka tanpa biji, dll. Jadi bisa disimmpulkan bioteknologi itu penting dan dibutuhkan di masa depan.

  1. Tips belajar pas di Bioteknologi?

Bioteknologi itu kan ada biologi dan kimia, itu kan hafalan ya tentang konsep yang sulit dipahami satu kali belajar. Jadi bisa nanti diulang-ulang lagi.

Kode konten:C219

Komen dibawah! 2

  1. Gilang Achmad

    Kak mau nanya, bioteknologi ini msuk dalam fakultas apa atau bioteknologi beridiri sendiri gak msuk dalam fakultas?? Terima kasih.🙏🏻

  2. Rezy

    Kak mau tanya, kan bioteknologi mencakup banyak ranah dan nantinya ada fokusnya sendiri. Itu maksudnya nanti kita bakalan milih mau yang bioteknologi kedokteran, atau bioteknologi perikanan, atau bioteknologi pangan, dll seperti itu ta kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *