Pariwisata, Universitas Gadjah Mada

Bisnis Perjalanan Wisata UGM (Tamara)

Bisnis Perjalanan Wisata UGM (Tamara)

Halo sobat intipers! Aku Pricilla Tamara Prawitasari dari D4 Bisnis Perjalanan Wisata UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Bisnis Perjalanan Wisata UGM seperti apa?

Bisnis Perjalanan Wisata ini aku ekstensi dari D3 Pariwisata UGM. D4 UGM itu gak bisa lintas jurusan jadi harus linear. Harusnya D4 itu 4 tahun, cuma karena aku ekstensi dari D3 makanya cuma 2 tahun aja.  Dulu aku memutuskan ekstensi ke D4 itu karena kampus yang bisa ekstensi dari D3 pariwisata ke S1 itu adanya yang swasta, aku pertimbangannya itu karena pas D3 di UGM juga jadi kaya sayang kalau ekstensi di kampus swasta.

Mata kuliahnya mungkin ada sedikit perbedaan dengan nanti maba, soalnya kemungkinan beda yang dipelajari dengan yang ekstensi. Aku sendiri di D4 ini belajar kelayakan dan resiko bisnis perjalanan, perencanaan dan perjalanan wisata, praktik tiketing, manajemen SDM, praktik perencanaan dan sistem bisnis ide kreatif, strategi public relation, pengelolaan big data, pengelolan pnelitian pariwisata dan psikologi industri dan organiasai sama KKN.

Perbedaan pas D3 sama D4 itu jelas lebih padat D3, kalau D4 itu lebih longgar, jadi bisa sambil tambah softskill yang lain lalu ada temen-temen yang sudah kerja kan, jadi menyesuaikan dengan jam kerja mereka juga. Kalau buat yang maba D4 bukan ekstensi, itu pasti lebih padat kuliahnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Praktikum itu ada perencanaan dan perjalanam wisata. Di sana kita dibagi 2 kelompok besar, di sana kita ditugaskan untuk menyusun tur, kita menyiapkan paket wisata, kegiatanya seperti apa, dsb. Lalu untuk praktik ticketing kita pakai aplikasi ticketing. Karena terdampak COVID jadi cuma awal-awal aja praktik di lab.Ada lagi praktik perencanaan dan sistem bisnis ide kreatif, itu kita disuruh membuat business plan yang kemungkinan besar bisa diaplikasikan di dunia nyata. Pengelolaan big data juga kita menggunakan aplikasi Orange.

Praktikum yang berkesan itu praktik perencanaan dan sistem bisnis ide kreatif karena saya disuruh bikin bisnis yang mana bisnisnya itu yang bener-bener bisnis yang aku pengen, yang bisa aku aplikasiin di mata kuliah ini dan aku lanjutan lagi untuk proyek akhir.

Praktik perencanaan wisata, karena kita bener-bener terjun langsung membuat paket wisata, mengimplementasikannya juga gitu.

Matkul manajemen sumber daya manusia itu juga menarik karena di sana kita belajar tentang mengelola sumber daya manusia, mengenali SDM itu seperti apa. Setiap kantor kan butuh HRD, jadi matkul ini penting banget.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Bisnis Perjalanan Wisata UGM?

Gak ada konsentrasi di jurusan ini.

Fieldtrip ke Malaysia dan Singapura
Kegiatan magang ketiga

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Kalau untuk yang ekstensi itu dibatasi, kaya maksimal lulusan sekian gitu dan ada ujian tertulisnya sendiri. Kalau untuk maba itu ada lewat jalur Penerimaan Bibit Unggul (PBU) Sekolah Vokasi, PBU tidak mampu, PBU berprestasi tapi khusus yang sekolah vokasi. Seleksi untuk S1 dan diploma itu dipisah gitu. Informasi lengkap bisa cek um.ugm.ac.id.

Penerimaan seangkatan untuk ekstensi ada 32 orang, tapi kalau untuk maba saya gak update.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Bagiku, bahasa Inggris is a must! Karena pariwisata berhubungan dengan hospitalitas, untuk merasakan hospitalitas kita harus punya rasa melayani. Tapi gak semua orang mengerti Bahasa Indonesia, jadi kita harus punya kemampuan lain itu Bahasa Inggris, selain bahasa Inggris kalau di Bali yang dibutuhin itu Korea, Jepang dan Chinese.

Saving money is a must! Harus nabung atau investasi misalnya di emas atau yang sewaktu-waktu kalau kepepet bisa diambil, karena di fakultas aku itu banyak kesempatan untuk student exchange, summer camp bahkan waktu aku D3 aja itu ada field trip ke Singapura dan Malayasia.

Kemampuan bersosialisasi dan public speaking itu juga perlu, untuk itu kita bisa ikut UKM, organisasi juga misalnya jadi panitia Humas atau kewirausahaan, terus percaya diri aja gitu karena kalau kamu gak percaya sama dirimu sendiri siapa yang mau percaya sama kamu.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Stigmanya bisnis perjalanan wisata itu outputnya akan jadi tour guide. Itu gak selalu, karena untuk jadi tour guide itu butuh lisensi dan pengalaman tersendiri. Kalian bisa bekerja di hotel, resort, kapal pesiar, tour and travel, pengusaha, tenaga pendidik, jadi pramugari. Bisa juga masuk HRD, BUMN juga bisa. Sebenernya apa aja bisa tergantung gimana kamu represent yourself.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Aku rencana pengen apply ke konsultan gitu. Kalau enggak aku mau coba PT Bukit Asam, kalau gak pengen coba bursa efek Indonesia. Aku juga lagi prepare untuk coba-coba bisa kerja ke luar negeri, utamanya di London.

Q&A

  1. Perbedaan Pariwisata D4 dan S1?

Kalau di diploma itu 60% praktik dan 40% teori, sedangkan kalau S1 itu lebih banyak teorinya. Kalau D3 kalau kita mau lulus itu ada 3 kali magang atau PKL, di D4 harusnya ada 1 kali lagi. Bedanya sama temen-temen S1 yang magang itu boleh iya atau enggak gitu. Kalau D3/D4 itu tempat magang itu dijadiin tugas akhir, sedangkan kalau skripsi enggak. D3 pariwisata juga diuji dari lembaga sertifikasi profesi, jadi kita punya sertifikat yang berlaku se-ASEAN.

  1. Gimana caranya bisa lulus cumlaude?

Belajar, berdoa, perbanyak kerja praktik terus sosialisasi.

Kode Konten: C149

Komen dibawah! 8

  1. Amalia cm

    Kak saya ingin bertanya, kalau maba di pariwisata UGM apa wajib banget punya skill berbahasa inggris? Kalo misalkan bahasa inggris aku kurang gimana kak? Dan boleh tau pengalaman kaka PKL atau magang di pariwisata ini?
    Terima kasih atas jawabannya kak

  2. Fina

    Kak, ini akreditasi masih B ya? Apakah nanti berpengaruh untuk karir?
    Bahasa asingnya itu bagaimana, Kak? Ada berapa bahasa asing dan apa saja? Semua dipelajari atau bisa milih?
    Terima kasih, Kak.

  3. Intan Rosdiana

    Hai kak, aku mau tanya dong, Kalau D4 ada field trip nya nggak? Kalau misalkan ada biaya sendiri atau gratis??

  4. Naufal Adhisurya Pratama

    Ka mau nanya kalo tahun ini apakah ugm masih membuka program ekstensi?, kalo iya apakah diumumkan di website, dsb. Aku d3 pariwisata negeri mau ekstensi d4 pariwisata di ugm apakah bisa?

  5. Muiz

    Kak kalo anak IPA bisa ambil bisnis perjalanan wisata enggak ya?

  6. Amelia

    Hai kak Tamara namaku Lia, aku siswi SMK jurusan Usaha Perjalanan Wisata, rencana tahun 2021 ini aku ingin mencoba daftar BPW di ugm. Kira-kira peluang aku lolos ke BPW besar/kecil ya kak? Dan apa boleh aku minta contact kak Tamara untuk tanya lebih banyak? Hehe

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *