Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia

BK UPI / Bimbingan dan Konseling UPI (Bella)

BK UPI / Bimbingan dan Konseling UPI (Bella)

Halo intipers! Perkenalkan aku Bella Oktaviani dari jurusan Bimbangan dan Konseling/ BK UPI. Yuk, simak beberapa informasi yang akan aku sampaikan tentang jurusanku.

[Versi Video dari Artikel ini]

Apa aja yang dipelajari di jurusan BK UPI ?

Fokus kepada pengembangan pribadi, bimbingan belajar, sosial, karier. Untuk membantu siswa agar dapat mengembangkan potensinya juga memenuhi tugas pengembangkannya. Bimbingan karir, diagnostik kesulitan belajar. Behavioristik itu lebih ke lingkungan, maksudnya manusia pada dasarnya dilahirkan tanpa memiliki bakat, tetapi mereka terus berkembang karena lingkungan yang dimilikinya dan humanistic. Sementara mata kuliah humanistik memfokuskan kebebasan yang bertanggung jawab, jadi perbedaan dalam manusia dapat diakui di dalam teori itu.

Slide3

Adakah Mitos atau stereotip di jurusan Bimbingan dan Konseling UPI?

Ada orang yang beranggapan BK itu santai, diam saja, ternyata tidak, apalagi setelah meningkat di semester selanjutnya. Lalu, guru BK itu galak, seram karena berkaitan dengan anak nakal, namun ebenarnya, anggapan lama itu, BK tidak hanya dengan siswa nakal saja, namun siswa pada umumnya pun bisa diikut sertakan untuk masalah pencegahan.

Jadikan guru BK itu sebagai teman bercerita, bukan musuh. Solusi untuk siswa untuk menyampaikan masalahnya, dan mencari solusi. Nah, jika bimbingan karir membantu melanjutkan studi siswanya, mrencanakan dan menemukan minta dan bakat siswanya, penyelesaian dan mencari solusi.

Tugas kuliahnya di BK UPI kaya gimana?

Ranahnya teori diminta untuk membaca, karya tulis ilmiah, artikel, makalah, praktik kelapangan di semester 3 studi kasus, observasi. Lalu, di jurusan ini ada exchange, bukan hanya di dalam negeri, pertukaran mahasiswa tanah air, bekerja sama dengan UM exchange itu sangat membantu untuk kita bertemu dengan orang yang berbeda universitas, seperti saya, exchange kemarin ke universitas ganesha di Bali, di sana bisa memperluas relasi, mengeksplor lingkungan. Ada juga exchange ke Malaysia, dan banyak bangat kesempatan yang terbuka di sini.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit yaitu bimbingan dan konseling usia dini dan anak. Untuk Dosen favorit yaitu Pak Eka, karena beliau masih muda tetapi cara pembelajarannya itu sangat membantu dan bisa menerap ke ingatan jangka panjang kita, orangnya baik, bimbingan atau diskusi sangat terbuka.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Ada konsentrasi usia dini, remaja, dewasa dan polulasi khusus. Jika usia dini dan anak, karena suka anak-anak dan ilmunya bisa diterapkan nanti ke anak sendiri. Sementara remaja untuk memahami siswa SMP, SMA, lalu dewasa kita belajar untuk menghadapi dan memahami orang dewasa seperti mertua, orang tua sendiri. Dan populasi khusus lebih ke empati yang sangat tinggi pada orang orang yang berkebutuhan khusus. Pemintan ini bisa diambil di semester 3 yang pastinya ilmunya bertahap.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Bisa menjadi pendidik di sekolah seperti SMA, SMP. Juga bisa mengambil profesi konselor.

Tips untuk kuliah di jurusan ini

Berpikir kritis karena bukan hanya berhubungan dengan fisik tetapi dengan ranah psikologi, kita juga harus memahami situasi orang lain.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Peralihan dari pendidikan formal di SMA dan ke kuliah atau ke universitas mengharuskan kita untuk dituntut banyak tugas yang harus dilakukan, tetapi aku semakin kagum dengan orang-orang yang berada di tingkat yang lebih tinggi  karena mereka bisa melewati tahap itu. Tantangan selanjutnya, kita harus memahami diri sendiri, karena harus tau kelemahan dan kelebihan diri sendiri, selain kelemahan dan kelebihan orang lain.

Apa hal menarik yang ada di jurusan ini?

Hal yang asik di jurusan ini yaitu mempelajari ilmu kehidupan. Selain bisa diterapkan nanti setelah bekerja ke pelajar, kita juga bisa menerapkan ilmunya di diri kita sendiri, keluarga dan orang sekitar. Sangat membantu untuk bisa memahami diri kita. Lalu, untuk universitasnya sendiri, UPI ini sejuk, memiliki fasilitas lengkap, fasilitas umum seperti perpustakaan sudah bagus.

Harapan aku setelah lulus

Inginnya menjadi PNS, tetapi akan melihat dulu jika memang ada kesempatan kerja, mencari beasiswa untuk S2 di luar negeri.

Kode Konten: Y132

Komen dibawah! 1

  1. Ita Puspita

    Ka kalau BK Bisa linjur snm dr ipa ga?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *