Budidaya Perairan

Budidaya Perairan Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Kharisma)

Budidaya Perairan Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Kharisma)

NHalo sobat intipers! Kharisma Diva Paulina Anjani P. N. jurusan Budidaya Perairan Univeristas Dr. Soetomo Surabaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Budidaya Perairan Universitas Dr. Soetomo Surabaya itu seperti apa?

Budidaya perairan ini ssebetulnya mempelajari tentang menjaga kualitas air, agar komoditas air bisa hidup di air yang memiliki PH, DO, sanitas sekian, dan kit aharus bisa mempertahankannya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Budidaya perairan ini banyak sekali melakukan analisis, observasi, dan hampir semua mata kuliahnya berhubungan biologi.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Budidaya Perairan Universitas Dr. Soetomo Surabaya?

Alasan aku memilih jurusan ini karena aku melihat prospek kerja yang bagus, karena di Indonesia inilautnya lebih besar daripada daratannya. Sangat disayangkan kalau kita tidak tahu betul bagaiman acara memanfaatkan potensi laut Indonesia, karena dari potensi laut itu bisa menyumbangkan kontribusi untuk pembangunan di Indonesia. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau tugas yang khas itu membedah ikan, karena waktu itu ada praktikum etiologi kami membedah ikan dan menjelaskan bagian dari organ dan fungsinya, kami mencari dari literatur, kemudian ada mempelajari bakteri. Sebetulnya mata kuliah yang khas itu pecahan dari biologi. 

schooters

Semester satu kita diberi mata kuliah pengantar seperti biologi, kimia, fisika dasar, kemudian di semester selanjutnya kami diberi mata kuliah pecahannya seperti di biologi ada pecahannya yaitu mikrobiologi, etiologi, limnologi, dan masih banyak lagi, jadi secara garis besar, mata kuliahnya itu biologi dan pecahan-pecahan dari ilmu biologi. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi di jurusan budidaya perairan ini ada dua yaitu ada pengembangbiakan dan pembesaran, jadi kita harus mengerti keduanya. Nah, kalau pengembang biakan itu mengawinkan ikan dewasa sehingga menghasilkan benih, dan proses pengawinan tersebut ada tiga yaitu pemijahan buatan yang ada campur tangan manusia, pemijahan semi buatan yaitu campur tangan manusia namun tidak pakai treatment, biasanya kalau pemijahan buatan itu ada cairan yang disuntikkan hormon kepada induk betinanya, ada pemijatan setelah penyuntikkan tersebut. Kalau semi buatan tetap di suntik hormon, namun tidak di treatment pemijatan untuk induk betinanya, kemudian ada pemijahan alami dari induk betinanya. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau du universitas Dr. Soetomo kan swasta, jadi jalur masuknya ada dua yaitu jalur khusus dan jalur umum. Jalur umum ini membayar dan melengkapi adinistrasi, kalau jalur khusus itu mungkin pendaftar dan penerima beasiswa, jadi di jalur khusus ini ada banyak beasiswa, ada beasiswa bidik misi, hafidz qur’an, dll. untuk tahun in ikebetulan menghapus biaya uang gendung kuliah. 

Ada tips buat mahasiswa baru Budidaya Perairan Universitas Dr. Soetomo Surabaya?

Untuk adik-adik maba yang mau daftar di budidaya perairan itu sebenernya di semester satu aku udah bilang tadi, akan ada mata kuliah pengantar jadi gak perlu khawatir kalau kalain bukan dari bidang perikanan, karena ada pengantar ilmu perikanan, pastinya di perikanan ini ada tiga mata kuliah dasar tadi yaitu fisika, kimia, biologi, disarankan untuk mahasiswa baru enggak menutup diri untuk memepelajari mata kuliah dasar ini. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya sendiri kita bisa jadi pengusaha atau budidaya, bisa jadi dosen atau pengajar, bisa juga bergabung di kementrian di instalasi budidaya dan penangkaran lainnya. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau aku maunya jadi pembudidaya, mau membangun perusahaan perikanan, setelah lulus ini aku juga ingin lanjut S2, karena aku juga cita-citanya ingin jadi dosen, kalau bisa sih pengen membangun lapangan pekerjaan di sektor perikanan. 

Kode konten: C402

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *