Perikanan

Budidaya Perairan Universitas Mataram (Ahmad)

Budidaya Perairan Universitas Mataram (Ahmad)

Assalamualaikum wr.wb , Hai pejuang S.Pi. Kenalin namaku Ahmad Fauzi, biasa dipanggil ahmad. Saat ini aku sedang menempuh semester 5 di Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram (UNRAM). Ok kali ini aku bakalan berbagi cerita selama kuliah di Budidaya perairan, UNRAM, Yuk, simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa sih yang dipelajari di Budidaya Perairan Universitas Mataram? Air saja Atau Ikan?

Pada awal masuk kuliah di Prodi Budidaya Perairan UNRAM, saya hanya berfikir kita akan di ajarkan masalah pengairan, irigasi, sungai, debit air dll yang berkaitan dengan air pokoknya. Tetapi tidak. Kita di Budidaya Perairan itu di ajarkan lebih dari itu. Bukan hanya perairan saja, tapi ikan dan seluruh makhluk hidup maupun mati yang ada di lingkungan perairan dan berfokus pada kegiatan budidaya.

Tetapi hal yang paling sering orang fikirkan tentang budidaya perairan hanyalah belajar tentang pengairan. Saya dulu pernah di Tanya, kamu kuliah dimana? Jurusan apa? Saya jawan budidaya perairan UNRAM. Lalu dia tegur dan mau ketawa, dibilangnya aku mau jadi Pekasih pengairan, yang kerjaannya nyari dan nunggu air di sungai untuk irigasi sawah. Terus saya jelaskan, budidaya perairan tidak hanya diajarkan tentang pengairan tapi lebih-lebih ke budidaya perikanan. Bisa itu budidaya ikan di kolam air tawar atau asin yang bisa di laut lepas. Ada di tambak juga yaitu budidaya udang yang hasilnya skala besar. Lalu yang bertanya tadi kagum sambil cengengesan, kirain mau jadi pekasih dia bilang.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kenapa Jurusan budidaya perairan tidak fokus ke pengairan saja?

Jujur saja, pada awal kuliah dulu saya bingung. apakah di budidaya perairan di ajarkan tentang pengairan saja dan sejenis nya atau malah ke perikanan. Saya pernah denger dan baca di artikel pas mau masuk kuliah ambil jurusan budidaya perairan, katanya di budidaya perairan itu fokus ke perikanan. Di semester 2 baru saya mengerti budidaya perairan tidak diajarkan pengairan saja tapi lebih ke budidayanya. Soalnya pada semester 1 kita di ajarkan baru dasar-dasar saja sama seperti mata pelajaran anak SMA dulu. Memang benar di budidaya perairan kita di ajarkan yang ada perikanan, budidaya, dan pengairan .

Mata kuliah dan praktikum di program studi budidaya perairan Universitas Mataram?

Matkul  di perairan itu ada avertebrata air di semester 2 yang di ajarkan tentang biota-biota laut. Belajar avertebrata itu kita bisa tau biota di laut apa aja. Dulu pas praktikum itu kita disuruh nyari biota ke laut. Seru deh pokonya! Ada mata kuliah ikhtiologi. Di mata kuliah ini kita di ajarkan yang agak fokus ke ikan. Praktikumnya itu kek bedah-bedah ikan, jadinya kek jadi dokter ikan hehehe. Selain itu ada mata kuliah yang kita di ajarkan tentang berwirausaha di perikanan, dan memanajemen juga yaitu dasar-dasar manajemen dan kewirausahan yang ada di semester 2 juga.

Semester 3

Di semester 3 mata kuliahnya lebih banyak lagi kita di ajarkan perikanan dan budidayanya dan banyak praktikum lab sama lapangannya, jadi di semester 3 ini fisik harus kuat buat nulis laporan, terjun lapangan, dan belum tugas, di semester 3 ada mata kuliah planktonologi yang di ajarkan mencari plankton untuk pakan alami ikan, ada limnology yang di ajarkan tentang sungai, biologi laut yang di ajarkan tentang seluruh kehidupan lingkungan laut, oseanografi yang di ajarkan ngukur ketinggian laut, tinggi gelombang dll, yang semua itu mempunyai 2 praktikum yaitu lab dan lapangan, dan masih ada mata kuliah lainnya.

Semester 4 – 5

Terus di semester 4 ada mata kuliah ekologi perairan yang mempelajari tentang lingkungan perairan tawar maupun asin. Ada juga fisiologi hewan air yang mempelajari tentang reproduksi ikan, laju respirasi dll. Lalu, ada juga dasar-dasar aquakultur yang mempelajari tentang teknologi dalam budidaya perairan dan sebagainya. Ada biologi perairan yang mempelajari tentang kehidupan ikan dan mata kuliah lain yang bagus-bagus banget. Di semester 5 atau sekarang ini ada namanya mata kuliah klimatologi yang pastinya ada iklim ya jadi kek bisa di BMKG ya hehe. Teknologi budidaya perairan payau, dan masih banyak lagi mata kuliah nya. Tapi dibalik banyaknya tugas, praktikum, dan lapangan itu kami sering kek liburan bareng. Ada yang sampai nginap juga di pinggir laut hehehe. Seru seru deh pokoknya, yang bakalan susah di lupain suatu nanti.

Himpunan yang ada di Prodi Budidaya Perairan

HIMAPIKA UNRAM atau Himpunan Mahasiswa Perikanan Universitas Mataram. Hmpunan ini didirikan pada tanggal 25 oktober 2006. Himapika merupakan Kumpulan mahasiswa program studi budidaya perairan universitas mataram. Kegiatan-kegiatan nya ada sebagai berikut :
Seminar regional perikanan
Diving club
Tanam mangrove
Aqualine festival dll

Organisasi yang pernah saya ikuti

Pada awal masuk kuliah saya ikut magang BEM UNRAM dan HIMAPIKA. Pada semester 3 saya lanjut nge-BEM dan ikut Himpunan. Menjadi anggota, di BEM saya di kementerian Sosial Politik, dan di Himapika saya menjadi anggota di Kominfo. Semester 4 saya tidak lanjut ng-BEM tapi menjadi Koordinator di Kominfo Himapika dan ikut di Ormawa Fakultas Pertanian yaitu KSI-AL-ISRO di bagian kaderisasi. Buat kalian maba ikuti organisasi sesuai minat kalian! Jangan lupakan akademik, seimbangkan akademik dan organisasi. Di dunia kerja nanti bukan hanya akademik yang di cari tapi keahlian yang akan kalian dapatkan di organisasi. Jadi jangan tidak ikut organisasi ya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips Untuk Maba Prodi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada kalian yang berhasil lolos seleksi masuk PTN di Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram. Dulu pas ospek saya tahun 2018 seru-seru banget dan mengesankan dan sayangnya tidak ada makrab seperti angkatan lain di budidaya perairan yang di karenakan gempa Lombok. Dan sekarang angkatan 2020 pun harus merasakan lebih pahit lagi dikarenakan ospek melalui daring online dari rumah masing-masing. Kali ini saya mau berbagi bagaimana cara hormat dan sopan ketika ada dosen dan chat dosen berhubung maba budidaya perairan sekarang hanya bisa ospek lewat online juga, ini jug acara hormat ke kakak tingkat ya.

Kalo chat dengan dosen :
Salam pembuka, nama, nim, jurusan, isi to the poin, sekian dan terima kasih, salam
Hindari kata-kata seperti menyuruh di isi pesan ya, biar kesannya nggak kurang ajar..hehehe. dan cara di atas juga bisa digunakan saat chat dengan kakak tingkat ya.
Selanjutnya nanti ketika kalian mulai perkuliahan ketika daring gunakan pakain sopan, dan mendengarkan dosen. Kalo dulu itu di awal semester ada 3 praktikum yang masih dasar-dasar yaitu biologi, kimia, dan fisika. Tantangan yang paling berat mungkin nanti aka nada di semester 3, yang masih biasa enak-enak rebahan dikagetkan dengan dedline-dedline, dan di masa itu juga fisik akan di uji, tapi kalian tenang aja, kalo di jalanin bersama-sama dengan teman pasti serasa enak dan mengesankan.

Lulus jadi serjana perikanan jadi apa? Jadi pekasih? Heheh…

Eitsss, tidak ada mungkin ya serjana di budidaya perairan yang jadi pekasih pengairan, tetapi kalo bisa juga lebih bagus, prospek kerja di budidaya perairan bisa jadi PNS KKP, Pembudidaya yang suskses, Penyuluh perikanan, Dosen, Wirausaha perikanan, dan masih banyak lagi. Serjana perikanan Unram bukan hanya menjadi apa yang saya sebutkan tadi, ada yang jadi calon wali kota, pembudidaya udang,ikan, pengusaha restoran, dan ada juga yang bekerja di BANK, mungkin yang bekerja di bank itu mengandalkan keahlian menulis dulu pas nulis laporan hehehe.

Harapan saya setelah lulus jadi serjana S.Pi

Setelah lulus nanti jadi serjana perikanan saya punya banyak harapan, yang pertama ingin menjadi Bupati Di kabupaten Lombok tengah NTB, yang kedua saya ingin mengabdi di KKP yang ada di Lombok, yang ketiga saya ingin menjadi wirausahawan di bidang perikanan seperti budidaya ikan, dan pengusaha makanan seperti seafood, yang keempat saya ingin mengabdi di program studi saya yaitu Budidaya Perairan menjadi admin, untuk memajukan BDP.

Kode konten: X427

Ahmad Fauzi
My name Ahmad Fauzi, l live in Darwis village , my hoby is play badminton

Komen dibawah! 4

  1. USWATUN ARDINA PUTRI

    Apa aja pembahasan tentang budidaya perairan di tahun 2020/2021 persemester

    • Ahmad Fauzi

      Pembahasan di prodi budidaya perairan universitas Mataram persemester , untuk semester 1 itu kita masih di ajar dasar dasar , sama dengan mata pelajaran SMA . Di semester 2 mulai ada kelihatan perikanan nya , di situ ada 2 mata kuliah yang praktikum lab sama lapangan , avertebrata air sama ikhtiologi , avertebrata air ya biasa membahas tentang biota perairan laut , dan ikhtiologi belajar bedah ikan , ukur panjang ikan dll, selain itu di semester 2 ada mata kuliah kewirausahaan yg kita di ajar berwirausaha dalam bidang perikanan, ada juga sosiologi pedesaan, yg di ajar tentang karakteristik masyarakat maritim dll, di semester 3 mulai nambah praktikum , ada yg di lab sama lapangan , di sini fisik juga di uji , ada oseanografi, planktonologi, dll tapi di balik itu banyak keseruan tentunya ya , nah di semester 4 mulai di ajarkan tentang dasar dasar aquakultur , dan sebagainya yang berkaitan dengan Perikanan budidaya , lebih lebih nya lagi di semester 5 kita belajar klimatologi , belajar tentang iklim dan cuaca .

  2. Miftahur rohmi

    Kalo boleh tau persyaratan utk dapet beasiswa di fakultas ini

  3. Tina karlina

    Berarti diprogram budidaya perairan ini kebanyakan membahas tentang perikanankah ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *