Budidaya Tanaman Perkebunan

Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur (Risma)

Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur (Risma)

Halo sobat intipers! Aku Rismawati dari Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur seperti apa?

Jurusan ini merupakan satu-satunya jurusan vokasi di bidang perkebunan yang berada di kalimantan selatan, lokasinya tepat di Barito Kuala, jadi jurusan ini biasanya mempelajari tanaman komoditas perkebunan, yang dimulai dari budidaya hingga tanaman tersebut menghasilkan atau panen, dan penanganan pasca panenya pun akan di pelajari. Kalo mitosnya di jurusan perkebunan itu sering di samakan dengan jurusan nya, perkebunan ini selalu dianggap pekerjaan yang kotor atau main tanah, kumuh, kusam, sedangkan kita kerjanya tidak menggunakan otot lagi, malah menggunakan otak, nah jadi mitos seperti itu kadang-kadang membuat mahasiswanya minder dengan jurusannya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur?

Karena perkebunan sendiri merupakan prospek kerja yang tidak akan pernah habis sampai kapanpun, dia tidak bisa tidak ada, selama manusia ada, makan dan hidup, perkebunan ini pasti diperlukan. Selain itu, perkebunan khusunya kelapa sawit dan karet turut menyumbang devisa untuk negara.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jurusan perkebunana ini di kampus kami terutamanya, di dominasi 70% praktik dan 30% teori. Jadi kami lebih cenderung ke lapangan, biasanya mempelajari kelapa sawit dan karet, tidak hanya itu, kami belajar tentang tanaman komoditas lain, mulai dari budidaya nya, kemudian perawatannya, proses pemanenan, pasca panen, bahkan menjadi sebuah produk. Tugas yang paling menarik, praktiknya, ga cuma di seputar kampus, tapi kami juga di setiap semesternya melakukan kunjungan ke industri ke industri perkebunan kelapa sawit, ga perlu nunggu kunjungan tiap semester itu juga, tapi kalo kita ada perkuliahan yang terkait kelapa sawit, kita mengunjungi industri tersebut, demi mahasiswanya lebih paham, jadi ga cuma ilmu menghayal saja, bisa melihat secara langsung.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Mempelajari kelapa sawit dan karet, karena di pasar internasional kelapa sawit dan karet ini sangat di minati, dan kebetulan di kalimantan selatan ini tanahnya cocok untuk ditanamai kelapa sawit dan karet. Ga di pilih salah satu, tapi dipelajari semuanya oleh seluruh mahasiswa. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Dulu ada 3 jalur masuk, sekarang ditambah jadi 4 jalur masuk, yang pertama ada reguler, ini membaya seperti biasanya secara umum, kemudian ada beasiswa KIP, itu yang di sediakan oleh pemerintah, kemudian ada beasiswa unggulan yang diberikan oleh yayasan Hasnur center, beasiswa ini merupakan beasiswa yang memberikan kuliah gratis kepada mahasiswa yang lolos dalam tahap seleksi selama 3 tahun, jadi kita 3 tahun tidak perlu bayar apapun, ibaratnya cuma bayar modal, makan, transportasi sendiri, UKT dan sebagainya ga perlu bayar, namun seleksinya sangat ketat, terakhir ada berdikari. Biasanya ditentukan seperti kampus lain ada gelombang 1, 2, 3, pada saat masuk kita tingal isi formulir terus pilih yang mana jalurnya. Informasi lebih lanjut bisa di akses di instagram @polihasnur atau di website polihasnur.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur?

Saya harap jangan mengasumsikan bahwa kita salah jurusan, apalagi mahasiswa tingkat akhir, karena saya yakin kalian memilih jurusan ini merupakan pilihan yang tepat, dan sektor perkebunana memang memerlukan generasi muda, seperti kita untuk membangun perkebunana di Indonesia. Kemudian jangan pernah berkecil hati jika jurusan lain menganggap perkebunan itu ujung-ujungnya jadi petani, tukang kebun, nah itu merupakan mind set yang perlu di ubah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Biasanya setelah atau sebelum jadi alumni, perusahaan di bawah naungan hasnur group selalu mengajak kerjasama Politeknik Hasnur untuk mengadakan program internship. Program ini merupakan program yang menjaring frash graduate untuk bergabung bersama hasnur group. Jurusan ini biasanya ditawarkan bergabung dengan PT. Hasnur Citra Terpadu. PT tersebut merupakan industri kelapa sawit. Sebelum resmi bekerja di perusahaan tersebut, biasanya di training dulu 6 bulan maupun 1 tahun. Kalau dinyatakan lulus bisa langsung bergabung dengan hasnur group. Selain itu alumni juga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain, wirausaha gitu.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pertama bisa menerapkan ilmu yang sudah di peroleh. Kemudian mampu menerapkan budidaya perkebunan sehingga bisa beradaptasi di bidang perkebunan dengan baik.

Kode konten: C437

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *