Administrasi Bisnis, Bisnis, Manajemen Bisnis

Mulai Belajar Bisnis dari Rekomendasi Buku Bisnis Intipkuliah.com

Mulai Belajar Bisnis dari Rekomendasi Buku Bisnis Intipkuliah.com

Mulai Belajar Bisnis dari Rekomendasi Buku Bisnis Intipkuliah.com

Halo Intipers! Siapa yang ingin merintis bisnis dari sekarang namun bingung karena harus mulai dari mana? Sebelum Intipers memulai bisnis, perlu belajar dulu nih dari para ahlinya, salah satunya membaca buku yang mereka tulis. Kira-kira buku apa saja yang perlu Intipers baca sebelum masuk ke dunia bisnis? Ini dia rekomendasi buku bisnis dari Intipkuliah.com

1. How To Win Friends and Influence People

buku bisnis

rekomendasi buku pertama ini How To Win Friends and Influence People oleh Dale Carnegie yang dipublikasikan pada tahun 1936 dan sudah terjual lebih dari 30 juta eksemplar di seluruh dunia loh! menjadikan buku ini sebagai buku telaris sepanjang waktu. Carnegie sudah belajar edukasi bisnis mulai dari tahun 1912 di New York, semoga Intipers bisa belajar dari buku yang Carnegie tulis ya!

Buku How To Win Friends and Influence People ini amat menarik untuk dibaca, terutama untuk kita yang ingin berbisnis, mempelajari cara-cara fundamental dalam berhubungan dengan orang-orang dan bagaimana cara kita bisa mempengaruhi mereka. Dalam bisnis, tentu kita membutuhkan relasi, hubungan yang baik dengan calon pelanggan, partner bisnis, investor, pegawai, dan banyak lainnya. Maka dari itu, dalam buku ini Carnegie menulis pengalaman pentingnya, dikemas dengan ide hingga konsepnya tersampaikan dengan relevan.

intipkuliah-web1

Poin utama dalam buku How To Win Friends and Influence People di antaranya ada:

  • 3 teknik fundamental dalam berhubungan dengan orang lain
  • 6 cara membuat orang suka kepada kita
  • bagimana cara agar dapat memberikan pengaruh terhadap pemikiran kita
  • bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan pengaruh

Jadi, untuk membangun relasi yang baik, bagaimana cara memimpin dan memberikan pengaruh, Intipers bisa membaca buku ini terlebih dahulu sebelum memulai bisnis.

2. The E-Myth Revisited: Why Most Small Business Don’t Work and What To Do About It

buku bisnis

 

“Asumsi terfatal dari kita sebagai seorang pengusaha adalah biasanya kita memulai bisnis kita dari seorang teknisi.” – Michael E. Gerber

Buku ini ditulis oleh Michael E. Gerber pada tahun 1985, meskipun sudah lebih dari 35 tahun buku ini masih relevan sampai saat ini untuk Intipers yang ingin membangun bisnis atau sedang menjalani bisnis. Dalam buku ini, Micahel E. Gerber memberi tahu kenapa kebanyakan bisnis kecil itu tidak berhasil. Untuk mengatasi hal tersebut, Michael E. Gerber memberikan statement setidaknya ada 7 hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pebisnis pemula untuk mencapai kesuksesan, dan Michael E. Gerber menyebutnya dengan Model Kesuksesan Bisnis (Business Success Model).

  1. Kepemimpinan
  2. Pemasaran
  3. Uang
  4. Perolehan Prospek
  5. Konversi Prospek
  6. Pemenuhan Janji pada Konsumen

Selain itu, ada tahap-tahap yang perlu Intipers ketahui saat masuk dalam bisnis, intip di dalam YouTube milik Fellexandro Ruby di bawah ini yuk!

3. Originals

Buku Originals ini terbitan 2016, lebih muda umurnya dibandingkan dengan dua buku rekomendasi di atas namun tetap tidak mengurangi kualitasnya. Karya Adam Grant ini cocok untuk Intipers yang suka memulai sesuatu yang baru, memikirkan inovasi-inovasi yang belum ada sebelumnya. Nah, Intipers perlu tau dulu siapa Adam Grant ini sebelum menyerap ilmu dari tulisannya.

Adam Grant adalah sosok pendidik terbaik selama empat tahun versi Wharton dan juga sebagai salah satu dari 25 pemikir manajemen yang berpengaruh di dunia, serta diakui oleh World Economic Forum sebagai Pemimpin Muda Dunia. Wah, harus nih Intipers baca bukunya supaya menyerap ilmu-ilmu bermanfaat.

Lalu apa yang dibahas dalam buku Originals? Tidak hanya orang-orang yang terkenal hebat saja dapat meluncurkan ide-ide baru yang fantastis, namun kamu juga bisa. Buku ini membahas bagaimana Intipers untuk memperjuangkan ide-ide baru. Ada contoh-contoh pula yang dijabarkan oleh Adam Grant dari berbagai industri ketika masa kesulitan ide baru muncul pertama kali, dan dapat menjadi insight baru bagi Intipers yang juga ingin memulai “sesuatu yang baru”.

Untuk Intipers yang ingin memulai bisnis, mulailah dari sekarang. Dan rekomendasi di atas sebagai teman awal Intipers untuk melangkah. Masih banyak lagi buku-buku bisnis yang bisa Intipers baca, selain membaca jangan lupa juga untuk Take Action! Semangat ya!

Baca juga: Pendidikan Bisnis

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.