Bisnis

Business Management Bina Nusantara University (Falerin)

Business Management Bina Nusantara University (Falerin)

Halo sobat intipers! Aku Falerin Natalia dari Business Management Bina Nusantara University angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Business Management Bina Nusantara University seperti apa?

Di jurusan bisnis manajemen kita dibekali dulu sama konsep manajemen, kita juga dilatih untuk punya pola pikir global, pemikiran kreatif terus gimana caranya kita punya keterampilan berwirausaha. Etika dalam perusahaan diajarin juga. Kita kan sekarang udah zaman digital jadi kita diajarin manajemen layanan digital. Selain itu, jurusan ini mempelajari bisnis yang berorientasi pada layanan. Dengan itu, ketika kita terjun di dunia bisnis itu gak melulu fokus ke produknya tapi juga gimana caranya kita memberikan service sesuai dengan kebutuhan costumer. Serunya di jurusan ini, pelajarannya itu menggunakan berbagai sistem, jadi mahasiswa itu gak bosen. Ada yang melalui studi kasus bisnis, roleplay juga. Ada mata kuliah yang buat kita untuk simulasi bisnis. Tiap mahasiswa punya perannya masing-masing, ada yang jadi CEO, RnD, dsb. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Business Management Bina Nusantara University?

Alasannya karena kan sekarang bisnis semakin pesat dan aku pengen punya bisnis. Kuliah di jurusan bisnis manajemen itu harapannya aku punya basic dalam bisnis sebelum terjun ke sana. Alasan lainnya itu karena prospeknya banyak dan dari almamater aku itu terkenalnya dengan IT dan bisnis. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas itu ada design thinking sama enterpreneurship. Di mata kuliah design thinking itu kita dilatih caranya untuk memahami calon customer kita, mendefinisikan masalah yang dialami dan mencari strategi penyelesaiannya. Jadi, bisnis yang kita buat itu bener-bener jadi solusi dari permasalahan yang dialami customer. Kita melakukan pengamatan dan riset, gimana caranya bisnis yang kita buat menjadi jawaban dari permasalahan customer.

Misalnya, calon customer berpikir kok semakin hari makanan minuman semakin gak sehat ya, jadi kita sesama anggota kelompok sharing ide-de yang kita miliki. Seperti misalnya si A punya ide minuman boba yang sehat, si B idenya piza vegan rendah kalori, si C bikin kopi untuk orang yang punya asam lambung. Kemudian ide-ide ini direalisasikan, selanjutnya di tahap prototype kita melakukan eksperimen supaya kita bisa mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari ide kita. Tahap selanjutnya itu test, jadi kita launching produk sambil tetap melakukan penyempurnaan. Serunya di mata kuliah ini, kita bikin bisnis dengan kacamata konsumen. Waktu itu, bisnis aku dan temen-temen aku bikin localship, itu seru banget karena kita interview orang Eropa. Itu karena tujuan bisnis kita tuh mengekspor produk lokal ke orang-orang Eropa. 

schooters

Nah mata kuliah enterpreneurship itu di 2 pertemuannya mendatangkan dosen expert, yang punya kapasitas lebih dalam dunia bisnis. Kita mempresentasikan ide bisnis kita, dan kita diberitahu lebihnya dimana kurangnya apa. Jadi yang tadinya gak kepikiran jadi tahu. Serunya, tiap pertemuan itu tiap kelompok mempresentasikan ide bisnisnya. Aku juga amaze ternyata ide-idenya tuh keren-keren banget. Jadi kita dilatih untuk berpikir kreatif dalam bisnis. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi itu gak ada, mata kuliahnya sudah ditentukan dari awal.  

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuknya sama kaya jurusan lain. Ada yang jalur masuk biasa dan beasiswa. Di awal ajaran baru biasanya Binus buka tes TPKS, kalau hasilnya bagus temen-temen bisa dapat potongan BPPP sampai 100% setahu ku. Lalu ada juga beasiswa penuh sampai lulus, untuk temen-temen yang punya sertifikat kejuaraan nasional atau internasional.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Business Management Bina Nusantara University?

Dari dunia sekolah ke perkuliahan, mungkin pikirannya mau main-main aja dan dapat lingkungan baru. Sebenernya gak apa-apa, tapi boleh dipikirin lagi apakah lingkungan kalian itu membangun atau enggak. Kalau misalnya gak membangun takutnya kalian main sana sini dan nilai gak diperhatiin. Lebih seru lagi kalau kita punya lingkungan yang membangun dan saling membantu. Jadi kita bisa saling sharing, kita bisa jadi termotivasi karena lingkungan kita. 

Kalau dalam mata kuliah, tipsnya di pelajaran akuntansi. Aku dapat mata kuliah itu di semester 2 dan 3 kalau gak salah. Banyak yang ngira gak ada pelajaran tentang akuntansi, padahal itu ada dan nyata. Lebih baik kalau gak ngerti nanya aja ke dosennya dan kalau ada temen kelompok belajar, itu sering-sering aja belajar bareng. Jangan bolos sama jangan nyontek, karena nanti bisa di DO. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya bisa jadi enterpreneur sih, kalau di perusahaan bisa jadi konsultan, digital marketing, sales marketing executive, asuransi jasa keuangan dan banyak lagi. Kalau kakak tingkatku dia belum lulus tapi udah punya bisnis. Nama bisnisnya sayurin, mereka keren banget gitu bisa nganterin sayur sampai ke rumah kita, bisa request juga dan mereka bisa kasih harga murah. 

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan ke depannya pengen lanjut S2, terus sambil buka bisnis atau kerja di perusahaan. Aku berharap banget S2 bisa biayain kuliahku. Aku sendiri pengen bisnis food and beverage.

Kode konten: C603

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *