Organisasi

Cara Membagi Waktu Ala Milenial untuk Berprestasi Akademik dan Non Akademik

Cara Membagi Waktu Ala Milenial untuk Berprestasi Akademik dan Non Akademik

Halo guys sebelumnya perkenalkan nama saya Alvi Lailatil Qodriatus Sholihah biasanya dipanggil Alvy. Saya adalah mahasiswa tingkat akhir yaitu semester tujuh pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Malang. Nah kali ini saya mau berbagi tips nih untuk tetap cemerlang di akademik namun tidak lupa eksis di bidang non akademik ala anak milenial nih. Mungkin mudah jika hanya memberikan tips tanpa melakukannya sendiri, jadi ini saya bercerita sesuai dengan apa yang sudah saya terapkan.

Pertama pilih dahulu apa yang kamu sukai, tidak ada salahnya bergabung dengan organisasi atau ekstrakulikuler sesuai dengan bakat dan minatmu. Kalau saya dulu ketika masih semester awal bergabung dengan Himaprodi Jurusan saya untuk melatih kemampuan kepanitiaan dan organisasi saya. Setelah itu karena saya rasa cukup saya mulai merajahi dunia lainnya yaitu memperdalam kepenulisan yang memang sudah saya sukai sejak kecil. Namun disini saya yang awalnya hanya mampu menulis fiksi mulai belajar menulis non fiksi seperti esai, Karya Tulis Ilmiah dan lainnya. Saya mulai mengikuti berbagai macam kompetisi untuk memaksimalkan kemampuan dan menambah pengalaman saya. Jadi setiap orang pasti berbeda dalam segi minat dan kemampuan. Mungkin kau tidak berminat dalam hal musik tapi kamu sangat berbakat dalam hal organisasi dan kepanitiaan karena jiwa sosialmu besar. Jadi jangan samakan porsimu dengan orang lain karena hanya kamu yang paham kondisimu sendiri.

Sampai akhirnya saya mendapatkan banyak penghargaan berkat usaha saya. Selain itu saya juga masih tetap menekuni dunia kepenulisan fiksi sampai sekarang sudah terkumpul 10 judul buku. Ya mungkin belum sampai menembuh penerbit sekelas Gramedia namun saya tidak pernah menyerah dan terus menulis dan berusaha.

Lalu bagaimana dengan kuliah saya? Kuliah saya aman-aman saja dengan IPK diatas 3,5 tentunya. Saya tidak lengah dengan berbagai macam kompetisi yang saya ikuti. Menurut saya keduanya harus seimbang dan harus sepadan sehingga ketika kita lulus kuliah bukan hanya mendapat bekal ilmu akademik melainkan mendapatkan bekal ilmu non akademik juga sekali lagi kita tidak tahu mau jadi apa setelah lulus kuliah nantinya.

Kak bagaimana cara mendapatkan semua itu? Yang paling penting adalah tentukan prioritasmu terlebih dahulu. Jadi yang mana yang harus kau selesaikan terlebih dahulu? Deadline mana yang menuntutmu untuk bekerja ekstra dan menguras tenagamu? Yang kedua adalah kenali kemampuanmu. Contohnya kamu mampu menyelesaikan satu buah tugas kuliah selama satu jam dan saat itu kamu mempunyai tiga tugas jadi kira-kira kamu membutuhkan tiga jam untuk semua tugas-tugas kuliahmu. Setelah itu misal saya, saya selalu meluangkan waktu dua jam untuk menulis, menyanyi atau bermain game sekali lagi untuk mengembangkan kemampuan saya dan agar tidak jenuh dengan kuliah saja.

Saya yakin meskipun hanya satu sampai dua jam setiap harinya saja asalkan ada niat pasti akan terkumpul menjadi sebuah tulisan yang bisa dinikmati oleh umum. Saya dulu orangnya pendiam, sampai suatu ketika saya memaksakan diri saya untuk speak up karena saya sadar saya harus berubah dan memiliki sebuah karya untuk membalas orang-orang yang meremehkan saya dimasa lalu. Mungkin balas dendam itu tidak baik, tapi bisa menjadikan motivasimu untuk bangkit agar kamu tidak terus-terusan diinjak-injak. Saya yakin sebenarnya semua manusia memiliki potensinya masing-masing. Jangan biarkan dirimu menjadi seseorang yang sama dimasa lalu dan sekarang.

Dulu saya anak yang selalu diremehkan dimanapun saya berada, saya bukan anak orang kaya dan saya tidak memiliki karya.

Sekarang saya bisa kuliah dengan beasiswa, saya mampu menjawab remehan-remehan orang-orang dan saya memiliki karya. Saya menjadi 21 Perempuan Inspiratif Kota Malang 2018, Mahasiswa Berprestasi Utama FIB UB 2018, saya menerbitkan 10 judul Buku Fiksi ( Dandelion Rasa, Mendadak Jodoh, Rinai Senja, Ad Interim, Ab Imo Pectore, Kisah dibalik Cerita, Because I am Not Pretty, Lupa Baca Basmallah, Balada Cinta Orang Terkasih, Payung Biru), serta memenangkan beberapa kompetisi tingkat Nasional.

Intinya tekuni hobi minat dan bakatmu serta jangan lupakan kuliahmu. Bagi prioritasmu sendiri dan jangan lupa tulis motivasi-motivasi dan tujuanmu

Lalu kapan kamu akan membuktikan siapa dirimu sebenarnya?

 

Kode Konten : KL019

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *