Tips

Ingin Belajar Cara Membangun Personal Branding? Simak Tips Berikut!

Ingin Belajar Cara Membangun Personal Branding? Simak Tips Berikut!

Sebagai mahasiswa, kamu perlu membangun personal branding agar memiliki citra diri yang positif. Simak cara membangun personal branding untuk membangun citra positif diri, agar kamu selangkah lebih maju untuk menggapai kesuksesanmu!

Apa itu personal branding?

Apa Itu Personal Branding

Sebelum belajar cara membangun personal branding, tidak afdhol jika belum tahu tentang personal branding itu sendiri. Dikutip dari Populix.co, personal branding merupakan strategi untuk membentuk citra diri sendiri sehingga masyarakat atau orang lain dapat menilainya dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. Dengan kata lain, melakukan personal branding merupakan kesempatan untuk menampilkan keunikan serta ciri khas diri kita. Personal branding yang kita bentuk terhadap diri kita dapat memberikan persepsi orang lain tentang kamu loh. Jadi personal branding ini selain bisa menampilkan keunikan diri, juga mempunyai banyak manfaat lainnya loh Intipers!. Buat memperdalam pengalaman kamu, Intipkuliah udah nyiapin link dari Satupersen terkait personal branding nih https://www.youtube.com/watch?v=TfYUb7d7kQo

Mengapa penting melakukan personal branding?

Pentingnya Membangun Personal Branding

Setelah paham apa itu personal branding, kamu juga harus memperhatikan mengapa personal branding ini penting. Di era teknologi atau yang kita kenal dengan revolusi 5.0 seperti sekarang ini pekerjaan dan karier ikut mengalami perubahan juga. Sekarang ini, banyak posisi pekerjaan baru seperti influencer, dan juga cara bekerja yang baru seperti dengan WFH atau work from home. Untuk itu, penting bagi Intipers melakukan personal branding agar klien atau recruiter bisa mengetahui keberadaan dan performa kamu dalam bekerja nih.

Alasan lain mengapa personal branding penting adalah karena jenjang karir dan koneksi akan lebih mudah terbentuk dengan personal branding. Satu hal yang penting lainnya adalah kredibilitas. Memiliki kredibilitas akan membuat kamu terlihat seperti orang yang mempunyai kemampuan saat melakukan suatu pekerjaan. Kamu bisa memulai membangun personal branding di LinkedIn karena di sana banyak orang-orang keren dari berbagai pekerjaan yang berbeda lo!

Menurut Haroen (2014), personal branding memiliki beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut :

intipkuliah-web1
  1. Membangun diferensiasi. Menciptakan diferensiasi adalah hal penting untuk keberhasilan personal brand.
  2. Membangun positioning. Dalam persaingan apapun positioning sangat menentukan kemenangan. Brand yang dibangun melalui proses branding akan menentukan posisi pelaku personal branding dari sekian pesaing lainnya.
  3. Memperkuat persepsi brand yang tertanam pada publik. Brand bukan saja soal realita, tahap pertama yang harus dibangun adalah persepsi.
  4. Menjadi jembatan lahirnya kepercayaan (trust). Kepercayaan adalah kunci utama. Jika orang suka pada Anda, ia hanya akan mendekat, namun, jika mereka sudah percaya maka mereka akan memilih Anda.
  5. Menjadi pesan kepada publik bahwa kehadiran Anda (brand) adalah solusi atas masalah maupun kebutuhan publik, sehingga pelaku personal branding dapat menggiring publik untuk bertindak mendukung dan memilih.

Adanya personal branding juga akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap diri kamu. Kamu juga bisa melakukan evaluasi diri berdasarkan penilaian orang lain melalui media sosial kamu loh intipers!

Hal yang perlu disiapkan dalam membangun personal branding

Hal yang perlu disiapkan untuk personal branding

Sebelum ke pembahasan tentang hal yang harus disiapkan untuk membangun personal branding, penulis punya referensi yang selaras dengan personal branding nih, simak sampai habis ya!. https://www.youtube.com/watch?v=2QYZDZMl0MQ

Nah, saatnya kita masuk ke pembahasan untuk mempersiapkan personal branding ya Intipers!. Menurut McNally dan Speak (2004), terdapat 3 hal mendasar yang menjadi karakteristik dalam membangun personal branding yang kuat, diantaranya :

1.  Memiliki ciri khas (Authenticity)

Personal branding yang kuat menjelaskan sesuatu yang sangat spesifik yang merupakan cerminan dari ide dan nilai dalam diri kamu yang membedakan dari orang lain. Kualitas pribadi, tampilan fisik, atau keahlian seseorang merupakan bentuk-bentuk yang dapat dipresentasikan untuk membangun personal branding.

 2.  Relevan

Relevan disini berkaitan dengan karakter orang tersebut yang menjelaskan sesuatu yang dianggap penting atau dibutuhkan oleh masyarakat. Jika relevansi (keterikatan) tidak ada, maka akan sulit terjadi penguatan pikiran masyarakat.

3.  Konsisten

Konsisten yaitu upaya untuk menjalankan personal branding secara terus menerus sehingga orang lain dapat mengidentifikasi personal branding tersebut dengan mudah dan jelas, sehingga terbentuk brand equity (keunggulan merek).

Nah, itu dia hal yang perlu disiapkan dalam  personal branding, selanjutnya simak pembahasan tentang kiat penting membangun personal branding!

Kiat-kiat membangun personal branding

Untuk membangun personal branding, Intipkuliah telah menyiapkan kiat-kiat pentingnya dari youtuber Lavendaire, jangan lupa pahami dan terapin di hidup kamu ya!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.