Tips

Cara Mengatasi Malas Belajar, Selesaikan dengan Solusi Ini!

Cara Mengatasi Malas Belajar, Selesaikan dengan Solusi Ini!

Penting untuk mengetahui cara mengatasi malas belajar jika Kamu sering mageran kalau mau belajar. Apalagi kalau tugasmu menumpuk, rasa malas bisa menjadi lebih meningkat karena bingung akan mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Ngga perlu khawatir, berikut akan diulas beberapa cara agar rasa malas belajar bisa teratasi!

Cara Mengatasi Malas Belajar

Mengatasi masalah malas belajar bisa Kamu lakukan dengan beberapa cara. Agar tidak penasaran, simak penjelasan berikut ini!

1. Tempat belajar mempengaruhi semangat belajarmu

Cara utama agar masalah malas belajarmu teratasi adalah dengan menemukan tempat belajar yang nyaman untuk dirimu. Kamu bisa menemukan banyak tempat baru agar tidak merasa bosan. Misalnya ketika bosan belajar di rumah, Kamu bisa pergi ke kedai kopi untuk menemukan suasana baru.

2. Buat daftar tugas yang harus dikerjakan

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Tidak jarang semakin banyak tugas maka semangat belajarmu justru semakin menurun. Hal ini justru membuat tugasmu tidak bisa diselesaikan dengan maksimal. Karena hal itulah penting untuk membuat to-do list sebelum mengerjakan tugasmu yang menumpuk. Jika perlu catat di berbagai media yang paling sering Kamu lihat.

3. Hindari distraksi, jangan biarkan notifikasi handphone menggangumu

Jika lingkungan Kamu memiliki distraksi bisa membuat semakin malas untuk belajar. Misalnya notifikasi handphone yang membuat Kamu ingin membukanya, segera jauhkan dari area belajarmu! Menghindari distraksi bisa membuat Kamu menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi.

4. Kerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu

Jika Kamu bingung mulai mengerjakan tugas darimana, maka coba mulai dengan tugas yang mudah terlebih dahulu. Jangan terlalu menekan diri untuk mengawali kemalasan dengan pekerjaan yang sulit, bisa membuat mood-mu jadi berantakan!

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

5. Bisa gunakan teknik mencatat

Khususnya jika Kamu perlu membaca banyak materi yang bisa membuat lelah sebelum menyelesaikan bacaan. Bahkan, bisa membuat topik yang Kamu baca tidak mudah dipahami. Kamu bisa menggunakan teknik mencatat agar bisa mengingat materi yang dipelajari.

Baca juga: Mengenal Perkembangan Versi IP Address dalam Proses Komunikasi Data

Trik Selesaikan Masalah Malas Belajar

Banyak cara mengatasi malas belajar yang bisa Kamu terapkan sesuai cara sendiri. Akan tetapi, jika masih bingung Kamu bisa mencoba beberapa trik berikut ini!

1. Disiplinkan diri

Kamu perlu membuat komitmen dalam diri agar tidak bermalas-malasan. Kamu bisa memulai dengan cara mendisiplinkan diri untuk belajar pada waktu tertentu dan bersantai pada waktu yang tepat.

2. Berikan reward pada diri sendiri

Banyaknya tugas yang Kamu kerjakan bisa diberikan semangat dengan memberikan reward pada diri sendiri. Misalnya ketika Kamu menyelesaikan satu tugas dengan baik, Kamu beristirahat sejenak untuk menikmati camilan atau hanya sekadar minum kopi.

3. Mulai dengan hal yang disukai

Jika Kamu harus mengerjakan pekerjaan yang tidak semua disukai, maka mulailah dari yang disukai. Misalnya Kamu suka mendengarkan musik, maka Kamu bisa memulai belajar sambil mendengarkan musik.

4. Fokuskan pada satu subjek

Tidak selamanya bekerja multitasking akan membuahkan hasil maksimal. Kamu bisa memulai pekerjaan atau tugas satu per satu agar bisa fokus menyelesaikan tanpa ada gangguan dari tugas lainnya.

5. Siapkan waktu khusus untuk belajar

Kamu bisa menjadwalkan waktu belajar harian. Artinya, Kamu bisa menyeimbangkan aktivitas yang dilakukan dengan waktu belajar. Tidak perlu terlalu lama, 1-2 jam sudah cukup jika dilakukan secara konsisten.

6. Jangan lupa istirahat saat belajar

Waktu belajar memang tidak bisa dipaksakan sehingga jangan lupa untuk beristirahat. Misalnya setelah menyelesaikan satu tugas, Kamu bisa beristirahat selama 15-20 menit untuk mengembalikan konsentrasimu.

Rasa malas belajar tumbuh dari diri sendiri sehingga untuk mengatasinya harus muncul juga dari diri sendiri. Kamu bisa mengikuti beberapa cara dan trik yang sudah dijelaskan. Selamat mencoba!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.