Tips

Lakukan sekarang, cara meningkatkan konsentrasi

Lakukan sekarang, cara meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi sangat kita butuhkan dalam setiap aktivitas terutama saat belajar. Jika konsentrasi kita menurun, pekerjaan yang sedang kita lakukan dapat terhambat sehingga tidak selesai dalam waktu yang tepat. Maka cara meningkatkan konsentrasi adalah jawaban yang tepat dari masalah ini.

Beberapa tanda menurunnya konsentrasi dimuali dari kita yang kehilangan fokus, kemudian dilanjut dengan kita yang mulai terdistraksi dari pekerjaan utama. Hal ini tentu sangat menggangu, tapi setiap masalah tentu ada solusinya. Yuk kita simak penjelasan berikut untuk menemukan solusi dari menurunnya kosentrasi mu.

Kenapa kita kehilangan konsentrasi

Mengerjakan hal melebihi kapasitas kita

Karena ingin cepat selesai, kita jadi menghalalkan segala cara. Salah satunya dengan mengerjakan beberapa hal sekaligus sampai melebihi kapasitas kemampuan masing-masing. Namun semakin hal ini dilakukan kita justru semakin tidak fokus. Untuk itu, kita dapat mengerjakan semuanya satu per-satu dimulai dari yang paling prioritas atau mendesak. Serta tidak lupa untuk tetap tenang agar tidak stress.

Stress

Biasanya kita merasa stress jika saat sedang terdesak karena perlu melakukan semua dengan cepat. Tapi semakin banyak tekanan yang kita terima justru semakin sulit untuk fokus dan konsentrasi. Coba untuk menarik inhale dan exhale secara perlahan untuk menenangkan diri dan tetap rileks. Setelah itu kita dapat melanjutkan pekerjaan tanpa tekanan dan tetap rileks.

Lapar atau kurang nutrisi

Dengan perut kosong biasanya kita akan merasa lemas dan kehilangan fokus. Hal ini sangat menggangung runtinitas. Untuk masalah satu ini, kita dapat mengatasinya dengan makan makanan yang bergizi dan minum yang cukup. Tapi tetap ingat untuk berhenti sebulum kenyang seperti Sunnah nabi ya~

intipkuliah-web1

Mengantuk atau kurang tidur

Alasan utama seseorang mengantuk biasanya karena kurang tidur. Padahal watu tidur yang cukup adalah 7-8 jam perharinya. Cobalah untuk mencari waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tidur agar konsentrasi tidak hilang.

Tips dan cara meningkatkan konsentrasi

Membuat rencana

Membuat rencana dalam bentuk memo atau to do list sangat membantu kita dalam memenuhi kegiatan yang harus kita kerjakan. Membuat rencana yang efektif biasanya dilakukan per minggu. Kita dapat membuat rencana dalam bentuk to do list untuk satu minggu, di akhir pecan kita dapat menghapus kegiatan yang sudah dilakukan di minggu ini atau menambahkan yang akan dilakukan di minggu selanjutnya.

Dengan membuat renca kita juga dapat mengerjakan tugas sebelum tenggat waktunya, sehingga tidak perlu mengerjakan secara terburu-buru

Melakukan pola hidup sehat agar konsentrasi terjaga

Makanan dan minuman yang kita konsumsi tentu berpengaruh dengan cara kerja otak. Makanan yang tidak bergizi dapat menurunkan konsentrasi. Untuk itu kita dapat memulai pola hidup sehat. Hal ini dapat dimulai dari mengkonsumsi makan sehat yang dapat menunjang kesehatan kerja otak seperti madu, seledri, ikan, kacang-kacangan, buah-buahan seperti alpukat dan pisang. Coklat juga dapat membantu menunjang kesehatan kerja otak lohh.

Selain itu kita dapat melakukan olahraga teratur agar badan tetap bugar dan otot tidak kaku.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk pola hidup sehat adalah dengan tidur tepat waktu sehingga kebutuhan tidur 7-8 jam perhari dapat terpenuhi.

Istirahat dari gadget untuk meningkatkan konsentrasi

menghindari gadget untuk meningkatkan konsentrasi

Terpapar sinar yang layar handphone atau laptop terlalu lama dapat membuat kepala sakit dan mata yang memerah. Cobalah untuk beristrihat dari gadget dan lakukan hal lain seperti menggambar, berbincang atau bersosialisasi, atau hal lain yang dapat dilakukan tanpa melibatkan alat elektronik.

Have positive vibes

Dengan mindset semua hal dapat berubah. Pikiran kita dapat berpengaruh dengan apapun yang sedang kita lakukan. Jika memiliki pikiran negatif tentu kegiatan kita juga akan jadi negatif, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, tetap berpikiran positif sangat penting untuk tetap menjaga konstrasi kita. Selain itu, mendengarkan lagu juga dapat mempengaruhi mood dan pikiran kita loh, baca disini untuk rekomendasi lagu untuk belajar.

Own your personal space

Atau istilah terkenalnya adalah me-time. Selama me-time kita dapat melakukan hal yang biasanya tidak bisa kita lakukan saat sedang bersama orang lain. Jalan-jalan di pinggir kota, makan makanan enak, atau bahkan sekedar tidur tanpa memikirkan tugas juga dapat kita lakukan saat me-time.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.