Tips, Uncategorized

Catat! 7 Peringkat UNESCO Kuliah di Luar Negeri Terbanyak

Catat! 7 Peringkat UNESCO Kuliah di Luar Negeri Terbanyak

Kuliah di luar negeri mungkin gak sih masuk ke daftar impianmu? Jawabannya, bisa banget, loh, seperti Oprah Winfrey yang pernah mengatakan:

Petualangan terbesar dalam hidup Anda adalah perjuangan meraih mimpi.

Oprah menganggap perjuangan meraih mimpi termasuk dalam bagian hidup (petualangan). oleh karena itu, kamu gak perlu takut, karena di zaman sekarang ini informasi kuliah di luar negeri mudah untuk didapatkan. Jadi tidak ada lagi kata sulit untuk berjuang.

Untuk memudahkan kamu menggali informasi, berikut peringkat negara terbanyak tujuan pelajar Indonesia menurut UNESCO. Yuk, catat dan simak dengan baik.

Australia 13.880

Letak geografis yang tidak jauh dari Indonesia dan pelayanan dan perlindungan khusus yang disediakan pemerintah Australia, memberi kemudahan dan kenyamanan dalam berkuliah di sana.

1. Persyaratan

  1. Visa Pelajar untuk kuliah di luar negeri & Asuransi Kesehatan (CRICOS & ESOS ACT),

  2. TOEFL skor min 527

  3. Memiliki bukti keuangan (financial requirements)

  4. konfirmasi pendaftaran universitas;

  5. dan dokumen akademis.

2. Beasiswa

1. Australia Award

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Australia setiap tahun kepada negara-negara yang yang bekerjasama dengan Australia. Australia Awards memiliki enam program termasuk Australia Awards Scholarships dan John Dillon Fellowships.

intipkuliah-web1

2. The Indonesian Global Leaders Scholarship (University of Queensland)

Beasiswa ini hanya diberikan khusus bagi pelajar Indonesia berprestasi akademik dan ingin lanjut kuliah S1 atau S2 dalam jurusan Ekonomi, Hukum, dan Bisnis. Akses infonya di sini

3. Monash International Merit Scholarships

University of Monash menyediakan beasiswa S1 dan S2. Menawarkan beasiswa per tahun dengan total hingga $10.0000 atau $50.000 untuk kuliah selama 5 tahun.

Malaysia 8.440

Buat yang kurang fasih dalam berbahasa Inggris, tapi berkeinginan untuk kuliah di luar negeri. Malaysia bisa menjadi solusi buat kamu. Tidak hanya itu, biaya kuliah dan hidup yang sangat terjangkau menjadi alasan Malaysia berada di posisi kedua.

1. Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

  1. Visa pelajar Kuliah di Luar Negeri dan asuransi kesehatan

  2. mengambil mata kuliah Bahasa Malaysia

  3. kartu pelajar dan surat penerimaan masuk dari universitas

  4. TOEFL min 450-550

2. Beasiwa

1. Cendiakia Baznas Albukhary International University (BCB AIU)

BCB AIU adalah program beasiswa penuh bagi S1 di Albukhary International University. Beasiswa ini mencangkup biaya studi, uang saku, makan bulanan, dan tempat tinggal. info lebih lanjut kunjungi situs web Baznas

2. Malaysia International Scholarship (MIS)

Beasiswa Pemerintah Malaysia ini menyediakan beasiswa penuh untuk S2 dan S3 beberapa universitas Malaysia.

Amerika Serikat 7.984

Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan pelajar internasional terbanyak ke-2 di dunia, khususnya dari Indonesia. Ditambah, Amerika Serikat memiliki beberapa universitas peringkat 10 besar di dunia, sistem pendidikan Liberal Arts, hingga pelayanan mahasiswa internasional yang baik.

1. Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

  1. Visa full-time study (F-1 student visa)

  2. Berkas kualifikasi penerimaan universitas,

  3. TOEFL skor 550

  4. Beberapa persyaratan disesuaikan setiap unversitas.

2. Beasiswa

1. Academic Excellence Scholarship University of Kansas

Program ini untuk S1 yang memberikan potongan biaya kuliah hingga USD 9.000 per tahun untuk 4 tahun kuliah.

2. Abbey Road Summer Scholarships

Beasiswa ini khusus untuk pelajar SMA yang melanjutkan kuliah di Amerika. Untuk mendapatkan beasiswa ini menggunakan prestasi akademik terutama pada bidang bahasa dan seni.

3. Foreign Fulbright Student Program

Beasiswa gelar Master atau PhD oleh pemerintah Amerika Serikat. Pada beasiswa ini kamu akan mendapatkan biaya kuliah, buku, tiket pesawat, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan.

Jepang 4.722

Keindahan budaya dan keteraturan warganya menjadi nilai plus di negeri ini. Selain itu sistem pendidikan, bantuan untuk mahasiswa internasional, dan kemajuan negaranya dalam bidang teknologi menjadikan Jepang sebagai pilihan kuliah di luar negeri.

1. Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

  1. Kemampuan berbahasa Jepang

  2. CV proposal untuk profesor kampus tujuan

  3. Visa Mahasiswa (ryugaku);

  4. dan dokumen pendukung lainnya.

2. Beasiswa

1. Monbukagakusho (Mext Scholarship)

Beasiswa dari Tokyo Institut of Technology untuk pelajar  studi S-1. Program didanai penuh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT). Bantuan yang didapat dari beasiswa ini yaitu tunjangan biaya hidup dan kuliah, visa pelajar, dan tiket pesawat. Setelah menerima beasiswa ini, penerima wajib mengikuti sekolah persiapan selama 1 tahun dengan total masa kuliah 5 tahun.

2. Mitsui-Busssan Scholarship Program for Indonesia

Beasiswa yang dikeluarkan setiap tahun oleh Mitsui & Co.Ltd.B adalah program beasiswa S-1. Tunjangan yang ada pada beasiswa ini meliputi tunjangan biaya hidup dan kuliah, kursus bahasa Jepang, akomodasi pesawat dan kedatangan, tempat tinggal, dan asuransi kesehatan. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi link

Inggris 3.087

Negara Inggris dengan pusat budaya, sejarah, dan kesenian adalah destinasi wisata terkenal. Negara ini memiliki waktu kuliah yang singkat dibanding dengan negara lain, asuransi kesehatan gratis untuk mahasiswa internasional, hingga pendidikan yang diakui dunia menjadi keunggulannya.

1. Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

  1. Visa pelajar dan asuransi Kesehatan

  2. Sertifikat IELTS 5.5 s.d 6.0 (S-1) dan 6.5 s.d 7.0 (S-2)

  3. Personal Statement untuk penentu keberhasilan masuk universitas.

2. Beasiswa

1. Chevening Scholarship

Beasiswa gelar master (S2) ini diberikan oleh pemerintahan Inggris bagi para profesional berprestasi dan akan sepenuhnya didanai selama satu tahun dan tunjangan tempat tinggal.

2. Jardine Scholarship

Beasiswa yang didanai oleh Grup Jardine Matheson untuk program S1 di kampus terbaik dunia, yakni University of Cambridge dan University of Oxford.

Beasiswa penuh di Inggris lebih banyak diberikan untuk program pascsarjana dibanding program Sarjana yang hanya memberikan potongan biaya kuliah.

Jerman 2.460

Kuliah gratis (tuition fees) menjadi salah satu alasan Jerman berada di peringkat 10 besar kuliah di luar negeri. Kuliah di Jerman tingkat S-1 dan S-2 di seluruh universitas negeri tidak dikenakan biaya, Kamu cukup membayar biaya kontribusi per semester yang besarnya sekitar €150 – €250 saja.

1. Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

  1. Sertifikan bahasa Jerman C2 dari Goethe, IELTS atau TOEFL

  2. Motivation letter dan recommendation letter

  3. Persyaratan lain hampir sama dengan negara Eropa lainnya.

2. Beasiswa

1. Erasmus

Beasiswa ini termasuk pada beasiswa penuh dari European Commision yang merupakan badan di bawah Uni Eropa. Kamu akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 1000, tanggungan biaya kuliah, asuransi kesehatan, hingga tiket transportasi.

2. DAAD Pemerintah Jerman

DAAD adalah beasiswa dari pemerintah Jerman. kamu bisa memilih universitas, jenis beasiswa dan juga bisa mendaftar lebih dari satu beasiswa.

Arab Saudi 1.551

Arab Saudi menjadi tujuan kuliah di luar negeri, karena ada beberapa studi yang khusus, umrah sambil kuliah, dan fasilitas lengkap yang disediakan Arab untuk mahasiswa internasional.

1. Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

  1. Izin resmi pemerintah negara dari calon mahasiswa

  2. Surat rekomendasi dan dokumen asal sekolah (terjemah Arab/Inggris)

  3. Tidak pernah di-drop out dari perguruan tinggi Arab Saudi.

  4. TOEFL atau IELST

  5. Mahram untuk perempuan

2. Beasiswa

1. King Saud University

Beasiswa ini adalah Kerajaan Arab Saudi untuk S-2 dan S-3. Kamu akan mendapatkan biaya kuliah, uang saku per bulan, asrama, kantin bersubsidi, dan layanan kesehatan.

2. Qatar University

Beasiswa untuk program sarjana atau S-1 dengan fasilitas yang sama dengan beasiswa lainnya. Info lebih lanjut di link

3. Princess Nourah University (Khusus Perempuan)

Beasiswa ini di buka untuk program Ma’had Lughah (Diploma Bahasa Pra S1). Akses info.

Informasi LPDP Program Kuliah di Luar Negeri

Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyediakan program sarjana dan pascasarjana dengan biaya; transportasi, hidup setiap bulan dan tunjangan keluarga. Akses di sini.

baca Juga: 4 Program Pertukaran Pelajar Gratis Terbaik – Intip Kuliah

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.