Administrasi Pemerintahan, Universitas Padjadjaran

D-4 Administrasi Pemerintahan Universitas Padjadjaran (Dinda)

D-4 Administrasi Pemerintahan Universitas Padjadjaran (Dinda)

Halo sobat intipers! Aku Dinda Elton Putri dari D-4 Administrasi Pemerintahan Universitas Padjadjaran angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D-4 Administrasi Pemerintahan Universitas Padjadjaran seperti apa?

Adalah program studi jenjang sarjana terapan yang merupakan bagian dari FISIP UNPAD, cakupan prodi ini itu perluasan dari S1 Pemerintahan, jadi di FISIP ada S1 Ilmu Pemerintahan dan D4 Administrasi Pemerintahan, keduanya sama mengkaji organisasi, kegatan administrasi, manajemen, kepemimpinana dalam menyelenggarakan pemerintahan. Tapi bedanya disini, kita dituntut untuk ilmu apply sains atau terapannya, jadi kegiatan perkuliahan kita banyak praktika beda sama S1.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D-4 Administrasi Pemerintahan Universitas Padjadjaran?

Pertama mungkin, pada awalnya aku apply SBMPTN di FISIP juga, ternyarta aku belum bisa lolos, akhirnya pada tahun 2018 dibuka jalur mandiri dan ternyata pada tahun 2018 hanya dibuka untuk bidang sarjana terapan, karena emang aku basicnya emang suka sama soshum akhirnya pas aku lihat ada yang bisa aku ambil nih D-4 Administrasi Pemerintahan, sama di FISIP akhirnya aku ambil aja dan aku tekunin prodi ini. Aku banyak banget dapet ilmu baru disini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalo di jurusan aku ga ada mata kuliah yang khusus sih, karena dari nomenklaturnya aja udah administrasi, bisa dibilangnya kita sama kaya administrasi negara, bahasannya banyak banget hampir seluruh matakuliah di jurusan dan fakultas lain itu ada yang dipelajari di prodi aku, contohnya legal drafting, jadi ada salah satu mata kuliah di semester 4 itu bahas bagaimana merancang naskah akademik untuk peraturan perundang-undangan padahal itu kan dipelajari di fakultas hukum, terus ada statistika, ada kepemimpinan dan komunikasi pemerintahan, jadi luas banget sih. Tugas yang menarik sendiri, aku sempet dateng ke dinas-dinas, minta data dan ngobrol langsung sama orang pemerintahan nya, jadi seru banget bahas dunia pemerintahan, gimana sih di lapangan tuh.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenernya ga ada, mungkin di administras bisnis ada. Jadi semua kita pelajari disana.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Sampai dengan saat ini 2021 setahu aku masih terbukanya jalur mandiri aja, daya tampung sendiri kalo tahun aku itu sekitar 150an tapi di tahun 2019 itu daya tampung hanya 100, jadi skemanya masih berubah-ubah, dan belum ada SBM. Di tahun aku 2018 dari nilai raport dan nilai UN tidak ada tes tertulis, tp ditahun 2019 ada tes tertulis, wawancara bahas inggris dan sebagainya. Bisa di cek langsung di instagramnya @universiatspadjajaran dan di website resminya.

Slide1

Ada tips buat mahasiswa baru D-4 Administrasi Pemerintahan Universitas Padjadjaran?

Be gratful, walaupun kita sarjana terapan ketahui bahwa banyak peluang yang masuk ke kamu, apalagi yang kamu orientasinya terjun langsung ke pemerintahan, jadi pas banget perkuliahan di D-4 ini yang banyak turun langsung. Secara general banyakin temen, banyakin koneksi sebanyak mungkin, ikutin kegiatan kepanitiaan, organisasi, lomba-lomba, dan UKM. Gali potensi kamu sedalam-dalamnya, karena di kuliah itu cocok banget buat develop kemampuan kamu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Pastinya di sektor pemerintahan, bisa jadi didunia legislatif baik pemerintahan daerah atau pusat. Bisa bekerja di LSM atau ormas, bahkan konsultan pemerintahan. Kakak tingkat akau sendiri ada yang menjabat menjadi salah satu anggota dewan di Jawa Barat. Jadi memang luas banget peluang kerjanya, tapi tidak menutup kemungkinan kalopun kamu mau di swasta kaya di media-media berita itu masih relefan, utamanya ke dunia sospol. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan aku udang lulus pastinya pengen lanjuti studi ke S2, sambil kerja juga di kementrian atau di instansi pemerintahan, paling sekarang tujuannya ke daerah dulu, aku juga pengen ikut lomba dan gali potensi jadi bisa aku terapin after graduate.

Kode konten: C336

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Left Menu Icon
Instagram @intipkuliah