Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya

D3 Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya (Anaisya)

D3 Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya (Anaisya)

Halo sobat intipers! Anaisya Ayu Tamara Deva. Jurusan D3 Administrasi Bisnis, Bidang Minat Public Relations Universitas Brawijaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan D3 Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Di UB sendiri jurusan aku itu bidang minatnya sangat banyak, jadi selain public relation, ada juga bidang minat administrasi perkantoran, jadi yang berhubungan dengan administrasi bisnis tentunya. D3 Administrasi Bisnis juga dibawah naungan fakultas ilmu administrasi.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Public relation sendiri biasanya di ilmu komunikasi ada peminatan public relation, nah public relation sendiri ini lebih condong ke dunia advertising, jadi bagaimana kita cara membuat iklan dengan baik, belajar dunia marketing, dan juga belajar yang namanya dunia digital, kita juga belajar public spekaing.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan D3 Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya?

Berawal dari awalnya dulu saya mau daftar kuliah di jalur SNMPTN dan SBMPTN, kebetulan minat saya dari awal itu ilmu komunikasi, tetapi karena mungkin takdirnya saya tidak keterima di jenjang S1 nya, jadi saya mencoba untuk mengambil jurusan public relation, yang mana jurusan ini itu masih ada kaitannya dengan ilmu komunikasi.

Perbedaan public relation di D3 Administrasi bisnis dengan di ilmu komunikasi mungkin penilaian pada saat membuat tugas akhirnya, karena kita disini masuknya ke pendidikan vokasi bukan ke sarjana S1, jadi berbeda antara praktisi dan akademisi. Kita disini belajar bagaimana kita menjual, memasarkan suatu barang.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tenttunya di vokasi ini banyak praktik nya daripada teorinya, karena kita di vokasi ini julukannya praktisi, kalau di S1 itu akademisi. Jadi kita itu di mata kuliah tertentu, diwajibkan office look, jadi kita diwajibkan pakai sepatu hak, blazer, bermakeup, itu yang membuat saya berkesan, karena tidak semua jurusan kuliah mendapatkan hal seperti itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi sejauh ini untuk D3 adbis tidak ada. Administrasi ini prodi nah prodi ini nanti dipecah lagi ada bidang minat atau bidang keahlian. Bidang minat itu ada public relation, bisnis english, dan administrasi perkantoran. Milih bidang keahlian itu pada saat awal pendaftaran.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuknya itu ada 2 klau di vokasi, ada SMPV (seleksi mandiri pendidikan vokasi) dan jalur prestasi. Kalau SMPV ini pakai tes, dan kalau japres itu pakai nilai rapot, atau mungkin sebelumnya punya prestasi di bidang akademik atau non akademik.

Ada tips buat mahasiswa baru D3 Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya?

Kalau ada mata kuliah yang berat, alhamdulillah enjoy aja dan tugasnya juga gak berat-berat banget, tetep ya setiap jurusan punya kesulitan tersendiri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau untuk prospek kerja sangat luas, biasanya kalau D3 itu ada ekstensi. Ekstensinya kebanyakan ke ilmu komunikasi, dari beberapa alumni yang saya ketahui itu mereka saat ini kebanyakan menjadi marketing, founder co working and space, announcer, reporter. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencananya setelah lulus pengennya nerusin ekstensi ke S1.

 

 

Q&A

  1. Orang-orang public relation adalah orang-orang yang pinter ngomong ya?

Menurut pendapat saya, sebenernya temen-temen yang masuk ilmu komunikasi gak semuanya harus jago ngomong, saya pribadi pun merasakan ada beberapa temen yang gak jago ngomong, tapi jago sekali dalam hal memberikan ide, menganilis data, memang mereka di bagian komunikasi kurang. Di public relation juga gak cuman ngomong aja.

 

 

 

Kode konten: C653

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *