Akuntansi, Politeknik LPP Yogyakarta

D3 Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta (Nabila)

D3 Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta (Nabila)

Halo sobat intipers! Aku Nabila Qumairoh Hasibuan dari D3 Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi D3 Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta?

Prodi D3 Akuntansi adalah program pendidikan Vokasi dan lulus dengan gelar ahli madya. Disini akan disiapkan SDM yang kompeten didunia perkebunan, katena kita tahu politeknik LPP adalah kampus perkebunan. Walaupun konsentrasi dibidang perkebunan namun matkul yang diajatrkan gajauh beda dari matkul umumnya. Banyak orang beranggapan perkebunan dominan dengan laki-laki, padahal banyak juga yang berasal dari kaum perempuan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan D3 Akuntansi?

Sebenarnya saya gamau milih jurusan akuntansi, tapi saya mau antropologi. Tapi ada seseorang yang memberikan gambaran ke saya bahwa akuntansi ketika lulus bisa bekerja di ranah mana saja. Bukan berarti saya mengatakan bahwa jurusan lain tidak memiliki peluang yang besar ya. Namun akuntansi ini memang diperlukan dibanyak sektor.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di D3 Akuntansi?

Untuk mata kuliahnya hamper sama, sepeerti dasar akuntansi, hukum bisnis, manajemen keuangan dan sebagainya. Ada satu matkul pembeda nih yaitu administrasi perkebunan. Disini kita dibentuk dan dilatih untuk terjun ke dunia akuntansi perkebunan. Kita belajar menghitung gaji karyawan kebun seperti premi panen dan sebagainya. Untuk tugasnya sama seperti yang lain sih ada quiz, merangkum materi. Ada salah satu dosen kampus kami yang memberikan tugas untuk menuliskan kembali materi yang didapatkan diakun WordPress bahkan LinkedIn. Tujuannya supaya kita bisa mengisi LinkedIn kita dengan kegiatan positif sehingga kita dapat membranding diri kita. Disini juga ada PKL terjun langsung ke kantor kebun ataupun kantor pusat, bisa di kebun kelapa sawit maupun pabrik gula. Kita akan diberangkatkan dan umumnya di Sumatera dan Kalimantan karena wilayah ini merupakan penghasil sawit terbanyak. Untuk mereka yang mengambil ke pabrik gula akan dikirim ke pulau Jawa. Kita juga biasanya melaksanakan study tour ke beberapa kantor, seperti contohnya pabrik gula di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kami juga diikutkan pertukaran pelajar ke negara-negara penghasil kelapa sawit seperti Malaysia, namun 2 tahun terakhir berhenti karena pandemic Covid-19.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di D3 Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta?

Untuk konsentrasi yang ada yaitu khusus gula dan khusus sawit. Kelas sawit biasanya dikhususkan untuk yang lulus beasiswa sawit ataupun yang memang mengambil konsentrasi sawit. Kalau gula biasanya untuk mahasiswa reguler. Tapi ga nutup kemungkinan kita bisa mengambil yang tidak sesuai dengan jalur masuk. Di kelas gula lebih mempelajari proses produksi gula, begitupun di kelas sawit.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya ada 2, yaitu jalur Mandiri dan Beasiswa. Untuk Mandiri bisa mengikuti prosedur tes. Untuk beasiswa biasanya ada beberapa yang dibuka, salah satunya dari Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit, beasiswa internal dari Politeknik LPP, ada juga dari Pemda dan dari perusahaan-perusahaan perkebunan dan swasta lainnya.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Tips yang bisa aku berikan mungkin memantapkan pilihan kita, jangan memilih tempat kuliah karena lokasi atau ikut-ikutan teman. Jangan berdasarkan paksaan, harus berdasarkan kemampuan kita. kalau tidak, kita akan kesulitan. Kita juga harus memohon doa restu pada Tuhan dan orang tua supaya segala sesuatunya dipermudah. Jangan takut masuk akuntansi karena kita ga paham apa itu akuntansi, jalani saja. Lalu pilihlah jalur masuk yang sesuai dengan teman-teman, kita lihat pelan-pelan persyaratannya apa dan mana yang bisa ikuti. Yang paling penting, ketika ada sesi wawancara seleksi masuk, kita jangan bohong. Jawablah sesuai dengan kondisi teman-teman.

Prospek kerja dan alumni jurusan D3 Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta seperti apa?

Untuk prospek kerjanya hampir 80% mahasiswa sudah diterima bekerja sebelyum wisuda. Karena kampus kita adalah kampus dibawah naungan LPP dan bekerjasama dengan perusahaan sawit, gula dan swasta lainnya. Banyak mahasiswa yang direkrut bekerja sejak mahasiswa tersebut melaksanakan PKL. Bahkan ada beberapa teman saya yang ketika wisuda mereka tidak hadir, karena sedang melaksanakan training bekerja. Tapi ga menutup kemungkinan kita bekerja di sektor lain seperti perbankan, perusahaan swasta lain juga bisa.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan saya setelah lulus, dulu ketika kuliah saya berharap langsung bisa bekerja dan melanjutkan studi saya ke S1. Kalaupun nanti ada rezeki saya berharap bisa lanjut ke S2. Saya ingin mewujudkan cita-cita saya menjadi orang yang berhasil. Intinya sih kita harus banyak bersyukur, kalau kita udah berhasil kita gaboleh meninggi. Harus ingat siapa saja orang-orang yang membantu kita sehingga bisa sampai dititik ini.

 

Kode konten: C978

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.